Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini 7 Kunci Meningkatkan Gairah Seksual dalam Rumah Tangga

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  MY STORY  |  26 Jul '21


Keharmonisan rumah tangga ditentukan oleh banyak sekali faktor: mulai dari kesamaan prinsip hingga kehidupan romansa. Meski sudah menikah bertahun-tahun, ada saja pasangan suami istri yang bingung mengenai cara mempertahankan keromantisan dalam rumah tangga. Mereka beralasan bahwa usia pernikahan yang tak muda lagi menjadi alasan utama penurunan gairah seksual dalam hubungan pribadi tersebut. Padahal, kehidupan seksual yang baik merupakan salah satu faktor utama kesuksesan hubungan dalam rumah tangga.

Sebenarnya, apa saja sih, penyebab gairah seksual dalam rumah tangga menurun?

Moms & Dads perlu menyadari bahwa perubahan gairah seksual merupakan suatu hal yang normal. Satu hal utama yang perlu diketahui bersama adalah libido yang normal akan tampak berbeda bagi semua orang. Jadi, adalah hal yang normal apabila seorang individu memiliki gairah seksual yang sedikit lebih rendah daripada orang lain. Meski begitu, perubahan tersebut dapat membuat diri atau pasangan merasa resah dan menambah kerumitan dalam hubungan rumah tangga.

Lantas, apa saja penyebab gairah seksual pria dan wanita menurun?

Kecemasan dan depresi

Suasana hati Moms & Dads memegang peranan penting dalam kemampuan Anda berdua untuk “menciptakan mood yang sesuai untuk berhubungan intim”. Dalam sebuah jurnal berjudul “Women’s sexual dysfunction associated with psychiatric disorders and their treatment”, depresi dan libido rendah sangat terkait. Rasa sakit saat seks pun 10 kali lebih umum pada wanita yang terdiagnosis dengan kecemasan.

Meski tanpa diagnosis kecemasan atau depresi, merasa stres terus-menerus dapat memengaruhi libido Moms & Dads. Faktor-faktor penyebab stres seperti pekerjaan menumpuk dan kesulitan finansial dapat membuat pria dan wanita merasa kelelahan dan kekurangan nafsu birahi.

Faktor usia

Penuaan memicu perubahan hormon dan dapat menurunkan libido. Riset menunjukkan bahwa pada usia 60 banyak orang merasakan perubahan gairah seksual. Kondisi kesehatan kronis yang umum terjadi karena penuaan seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan paru obstruktif kronik meningkatkan hilangnya hasrat seksual normal serta memengaruhi kepuasan seksual.

Penyebab gairah seksual pria menurun setelah usia 30 adalah karena menurunnya level testosteron. Menurut penelitian oleh Rizk dkk. pada tahun 2017, menurunnya kadar testosteron dapat menurunkan hasrat seksual dan berpotensi memengaruhi fungsi ereksi.

Pada wanita, menopause terjadi sekitar usia 40 hingga 50. Ini adalah akhir siklus alami menstruasi yang dapat menyebabkan hormon estrogen menurun. Perubahan level hormon estrogen tersebut menyebabkan perubahan pada kondisi kesehatan wanita, minat seksual, dan fungsi seksual.

Beberapa perubahan yang disebabkan oleh menopause, misalnya kekeringan pada vagina, memengaruhi perasaan saat seorang wanita berhubungan intim. Pelumas dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan tingkat kepuasan seks jika seorang wanita mengalami kekeringan atau nyeri pada vagina.

Gaya hidup dan obesitas

Gaya hidup kurang aktif dan jarang berolahraga dapat memengaruhi kehidupan seks. Esfahani dan Pal dalam jurnal yang diterbitkan tahun 2018 oleh Health Psychol Open mengemukakan adanya hubungan antara obesitas, gaya hidup menetap (sedentary lifestyle), dan dorongan seks yang lebih rendah pada pria dan wanita. Kurangnya aktivitas fisik dan obesitas dapat memengaruhi kepercayaan diri dan citra tubuh, berkontribusi pada rendahnya libido seks.

Penyakit kronis

Penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tingi, dan kondisi medis lainnya dapat memengaruhi aliran darah ke arah genital. Penurunan gairah seksual dapat mengindikasikan terkena hipotiroidisme. Kadar tiroid yang rendah pada wanita dapat menyebabkan wanita merasa sakit saat hubungan seks. Kondisi ini lebih jarang terjadi pada pria. Namun, jika terjadi, bisa menyebabkan masalah ejakulasi dini.

Kanker prostat merupakan kondisi medis yang memiliki dampak signifikan pada kehidupan seks pria. Pasalnya, prostat sangat penting untuk kesehatan fungsi seksual pria. Tambahan pula, pengobatan kanker prostat memiliki efek samping umum yaitu disfungsi ereksi.

Di sisi lain, kondisi medis gangguan hasrat seksual hipoaktif dapat memengaruhi minat seksual wanita. Kondisi tersebut ditandai dengan hasrat melakukan aktivitas seksual dan fantasi seksual yang hilang.

Obat-obatan

Efek samping umum dari banyak obat termasuk dorongan seks yang rendah. Libido Moms & Dads dapat terpengaruh apabila mengonsumsi obat-obatan antidepresan, pil KB, obat tekanan darah, dan obat antiepilepsi.

Kepuasan hubungan

Kepercayaan dan keintiman Moms & Dads dapat memengaruhi keinginan Anda berdua untuk berhubungan intim. Ketika ada masalah, hal tersebut dapat memengaruhi intensitas kenikmatan yang dirasakan dan mengurangi keinginan Moms & Dads untuk berhubungan seks. Bahkan jika tidak ada masalah yang sedang dirasakan, perubahan hasrat seksual dan frekuensi hubungan intim sering terjadi dalam hubungan jangka panjang.

2 dari 5 halaman

Tips meningkatkan gairah seksual suami istri

Setelah mengetahui penyebab-penyebab seseorang memiliki hasrat seksual rendah, kini Moms & Dads tentu ingin tahu bagaimana cara meningkatkannya. Nah, ternyata, ada banyak sekali hal yang bisa Moms & Dads coba, di antaranya:

1.  Kelola stres dan kecemasan

Sara Gottfried, M. D., pendiri dan pemimpin medis Gottfried Center for Integrative Medicine di Oakland, California, Amerika Serikat, mengatakan bahwa gaya hidup yang terlalu sibuk dan terjadwal dapat merusak kehidupan erotis suami istri. Faktor paling utama penyebabnya adalah efek negatif dari hormon kortisol: hormon stres yang diketahui dapat memblokir reseptor hormon seks tertentu dan berkontribusi pada kelelahan. Karena itulah, meditasi dan olahraga untuk mengendalikan stres sangat krusial pentingnya.

Dalam hubungannya dengan pernikahan, Moms & Dads perlu melihat isu lesunya hubungan seks secara keseluruhan. Solusinya adalah mengadakan evaluasi pada cara berkomunikasi, keintiman, variasi seksual, frekuensi seks, dan perbedaan style antara Moms & Dads. Pasangan suami istri perlu secara kontinyu mengeksplorasi dan mengadakan negosiasi ulang agar terbina hubungan intim yang memuaskan kedua belah pihak.

Cara lain yang terbukti ampuh menurunkan stres dan kecemasan adalah mencoba latihan pernapasan dalam, jalan-jalan santai, mengobrol dengan keluarga, teman, atau terapis, serta meluangkan waktu untuk hobi.

2.  Jaga terus kedekatan emosional Moms & Dads

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, kualitas hubungan pasangan adalah salah satu faktor utama tinggi rendahnya gairah seksual pria dan wanita. Jika Moms & Dads sering bertengkar atau sedang ada masalah, libido bisa menurun. Libido rendah merupakan hal yang umum namun jangan dijadikan penghalang dalam hubungan. Solusinya, sering-seringlah berbicara dari hati ke hati (curhat) atau kencan romantis berdua saja untuk membangun “mood bercinta”.

3.  Rutin olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh

Olahraga teratur dan aktif bergerak sepanjang hari dapat membangkitkan minat pria dan wanita dalam aktivitas seksual. Jiannine dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Education and Health Promotion tahun 2018 telah menemukan adanya hubungan antara kebugaran, citra tubuh, dan fungsi seksual pada pria dan wanita. Moms juga dapat melakukan latihan dan terapi fisik untuk memperkuat otot-otot di sekitar panggul (dasar panggul) yang diketahui dapat membantu meningkatkan kepuasan, aktivitas seksual, dan kepercayaan diri selama hubungan seksual.

4.  Tidur dan istirahat cukup

Kualitas tidur yang baik memengaruhi suasana hati, kesehatan mental, dan tingkat energi. Studi yang dilakukan Kalmbach pada tahu 2015 menunjukkan bahwa kualitas tidur dan tidur yang cukup secara konsisten berhubungan dengan peningkatan hasrat seksual pada wanita.

Berikut hal-hal yang dapat Moms & Dads lakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas: tidur dan bangun pada waktu yang konsisten setiap hari, membatasi konsumsi kafein pada sore dan malam hari, menjaga ruang tidur selalu bernuansa gelap dan sejuk, serta rutin berolahraga tetapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

5.  Jangan lewatkan foreplay dalam seks

Foreplay alias sesi pemanasan saat sebelum berhubungan seks berperan penting dalam mempersiapkan mood bercinta. Faktanya, foreplay merupakan senjata ampuh untuk memancing libido pasangan, terutama wanita, agar meningkat. Sebelum sesi berhubungan intim yang utama, selalu lakukan foreplay yang cukup dan menyeluruh. Meningkatkan gairah seksual wanita saat berhubungan intim dapat dimulai dari foreplay ciuman dan sentuhan. Jika dilakukan dengan tepat, foreplay tidak hanya meningkatkan gairah seksual tetapi juga peluang orgasme.

3 dari 5 halaman
3 dari 5 halaman

3 dari 5 halaman

6.  Konsumsi makanan bergizi

Michell Dudash, R. D., konsultan kuliner dan nutrisi dari Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan pentingnya diet makanan seimbang selama jangka panjang bagi kesehatan seksual. Menurutnya, makanan-makanan yang meningkatkan sirkulasi darah dapat meningkatkan libido karena membantu darah bersirkulasi ke daerah genital. Lalu, makanan yang mengandung zinc seperti ayam, kerang, dan kepiting dapat membantu pelepasan hormon.

Sebelum melakukan hubungan intim, Moms & Dads disarankan untuk menghindari makanan berat dan berlemak. Makanan berlemak lebih sulit diproses jadi darah harus bersirkulasi dahulu ke daerah perut untuk membantu mencerna makanan. Dan hal apa pun yang menyebabkan alirah darah menjauhi daerah genital dapat berefek negatif pada libido.

Makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual

Seksologis dokter Vijay Singhal dari Sri Balaji Action Medical Institute mengatakan bahwa semua makanan sehat bisa membantu libido yang turun. Di antara makanan sehat tersebut, ada beberapa yang sangat disarankan dikonsumsi untuk meningkatkan gairah dalam berhubungan seks.

Berikut ini daftar makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual pria

Alpukat

Dalam bahasa Aztec, alpukat disebut “Nahuatl” yang berarti “testis”. Mungkin saja, nih, orang-orang Aztec sudah menyadari manfaat mengonsumsi buah manis ini pada kesehatan seksual. Kandungan vitamin B6 dan asam folat dalam alpukat dapat meningkatkan hasrat berhubungan seksual pada laki-laki. Vitamin B6 bermanfaat sebagai penstabil hormon ketika sedang berhubungan badan. Lalu, asam folat  membantu pembentukan energi yang pada akhirnya juga meningkatkan libido.

Strawberry dan raspberry

Zat seng pada strawberry dan raspberry dapat membantu penetrasi seks yang lebih baik. Manfaat zat seng pada pria adalah mampu mengontrol tingkat testosteron yang bertanggung jawab memproduksi sperma. Sementara itu, zat seng juga bermanfaat untuk memudahkan seorang wanita melakukan seks.

Semangka

Kandungan sitrulin pada semangka melepaskan asam amino dan arginin dalam tubuh. Manfaat asam amino adalah bisa mempertahankan ereksi ketika berhubungan seks sementara arginin meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Kacang walnut

Manfaat kacang walnut bagi kesehatan seksual pria adalah meningkatkan kualitas sperma. Konsumsi kacang walnut dalam takaran yang pas akan memperbaiki bentuk, gerakan, dan vitalitas sperma sehingga meningkatkan kesuburan pria. Perempuan juga dapat mengonsumsi kacang walnut untuk meningkatkan kesuburan.

Cokelat hitam

Cokelat terutama jenis cokelat hitam dapat meningkatkan mood ketika sedang berhubungan intim. Pasalnya, cokelat hitam membantu pelepasan hormon serotonin dan endorfin. Fungsi hormon serotonin adalah memperbaiki suasana hati sehingga Dads merasa lebih bahagia. Sedangkan fungsi hormon endorfin adalah membantu mengurangi rasa sakit dan menenangkan perasaan galau.

Berikut ini daftar makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual wanita

Bayam

Diperkaya magnesium, bayam merupakan sayuran hijau yang dapat meningkatkan hasrat ingin seks wanita. Manfaat magnesium bagi kesehatan seksual adalah melebarkan pembuluh darah. Itu artinya sistem sirkulasi darah ke organ intim menjadi lebih lancar sehingga meningkatkan gairah wanita. Bayam sebagai sayuran hijau juga mengandung asam folat yang sudah terbukti membantu wanita cepat orgasme.

Apel

Jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics pernah mempublikasikan penelitian mengenai hubungan konsumsi apel secara teratur dengan seksualitas wanita. Dalam penelitian yang melibatkan 7.030 wanita di Italia itu, ditunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi apel membawa manfaat positif pada seksualitas wanita. Penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mengetahui apakah apel berpengaruh pada kemampuan orgasme wanita.

Saffron

Saffron adalah rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus dan dianggap sebagai rempah termahal di dunia karena sulitnya perawatan dan produksinya. Kesimpulan dari artikel yang terbit di jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental itu menyebutkan bahwa saffron bermanfaat memperbaiki gairah seksual, masalah lubrikasi, dan nyeri saat seks.

Fenugreek

Ekstrak biji fenugreek, menurut penelitian yang dipublikasikan Phytotherapy Research, meningkatkan hormon testosteron, hasrat, serta gairah seksual wanita. Penelitian tersebut melibatkan kelompok wanita yang siklus menstruasinya nromal tetapi libidonya rendah. Tanaman herbal ini dapat diolah menjadi saus, sup, dan taburan daging.

Ikan berlemak

Salmon, tuna, dan sarden merupakan golongan ikan berlemak sumber utama Omega-3. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Aging Cell, asam lemak Omega-3 dapat memperpanjang usia reproduksi wanita. Manfaat lainnya dari Omega-3 yang berhubungan dengan aktivitas seksual wanita adalah menaikkan kadar dopamin di otak sehingga wanita lebih mudah terangsang saat seks.

4 dari 5 halaman
4 dari 5 halaman

4 dari 5 halaman

Berikut ini daftar minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual pria

Anggur merah

Senyawa dalam anggur merah mampu menstimulasi zona di otak hingga merangsang gairah seksual. Penelitian dari London’s Kingston University menemukan bahwa anggur merah meningkatkan kadar testosteron dalam darah. Mengonsumsi satu gelas anggur merah dapat memberikan perasaan tenang. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, anggur merah malah dapat mengganggu fungsi ereksi pada pria.

Susu, Telur, Madu, Jahe (STMJ)

STMJ merupakan minuman tradisional yang mudah ditemukan di angkringan Jawa. Minuman tersebut dipercaya menambah stamina tubuh. Namun ternyata, setiap komposisi STMJ meningkatkan libido pria. Kandungan vitamin B dalam madu serta protein dan kolesterol dari kuning telur membantu produksi testosteron lebih tinggi. Bahkan, telur dijadikan sebagai salah satu komposisi suplemen penambah libido pria. Saat minum jahe, panas tubuh manusia meningkat. Kondisi tersebut juga mendorong gairah seks pria sehingga kehidupan seksual lebih aktif.

Kopi

Kandungan kafein pada kopi tidak hanya bisa mencegah kantuk tetapi juga menstimulasi libido. Sebuah studi di The University of Texas Health Science Center di Houston, Amerika Serikat, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 gelas kopi sehari lebih kecil kemungkinannya menderita disfungsi ereksi. Kopi juga meningkatkan ketahanan tubuh sehingga memengaruhi performa saat berhubungan intim. Tambahan pula, aroma kopi yang menyenangkan menambah suasana romantis dan mengurangi stres karena kurang tidur.

Berikut ini daftar minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual wanita

Madu

Orang Persia kuno memiliki tradisi mengharuskan pasangan yang baru menikah mengonsumsi madu setiap hari selama satu bulan agar gairah seksual pengantin baru itu meningkat. Inilah asal muasal istilah honeymoon alias bulan madu. Cairan manis ini kaya akan vitamin B yang membantu produksi testosteron. Madu juga mengandung fruktosa yang dapat membantu menjaga stamina serta mengoptimalkan pelepasan energi.

Ginseng

Ginseng merupakan obat tradisional meningkatkan gairah seksual wanita dewasa. Manfaat ginseng untuk kehidupan seksual sangat banyak yaitu sebagai stimulan seks, membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon, menekan stres, meningkatkan hubungan emosional, dan meningkatkan gairah seksual perempuan menopause (ginseng merah asal Korea).

Jus tomat

Tomat mengandung vitamin A yang meningkatkan produksi hromon seks, menyehatkan organ reproduksi, membantu produksi testosteron, dan menjaga kesehatan organ intim. Selain itu, tomat juga kaya akan beta karoten yang membantu kesehatan seksual.

5 dari 5 halaman
5 dari 5 halaman

5 dari 5 halaman

7.  Menyetel lagu yang meningkatkan gairah seksual

Curtis Levang, PhD, psikolog klinis dan terapis pernikahan & keluarga berlisensi yang berpraktik di Minneapolis, Amerika Serikat, menyatakan bahwa musik dapat meningkatkan libido. Ilmuwan di McGill University di Montreal, Kanada, juga menemukan bahwa mendengarkan musik melepaskan neurotransmitter perasaan baik: dopamin. Senada dengan keduanya, Frank Diaz, PhD, asisten profesor pendidikan musik University of Oregon mendapati bahwa musik melepaskan serotonin yang membantu mengatur suasana hati.

Pria dengan level testosteron rendah yang ingin meningkatkan dorongan seksual disarankan untuk mendengarkan musik. Menurut Michael Krychman, M. D., pemimpin eksekutif Southern California Center for Sexual Health and Survivorship Medicine dan pemimpin medis dari pengobatan seksual di Hoag Hospital di Newprot Beach, California, Amerika Serikat, mengatakan bahwa preferensi lagu yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang berbeda-beda. Hal ini disetujui oleh Levang. Levang juga menambahkan bahwa musik country dapat menjadi pilihan baik sebagai “lagu seks” karena memiliki narasi serta dapat membuat seseorang immersed saat mendengarkannya. Tentu saja, Moms & Dads jangan memilih lagu tentang patah hati atau perpisahan.

Tidak ada pedoman pasti yang harus Moms & Dads ikuti ketika ingin menyetel musik untuk membangkitkan suasana romantis. Beberapa pria memilih mendengarkan musik dalam perjalanan pulang agar suasana hati mereka lebih baik dan lebih peka terhadap isyarat pasangan mereka. Ada yang suka mendengarkan musik selama foreplay. Namun, beberapa menganggap lantunan lagu saat seks mengganggu. Jalan tengahnya, Moms & Dads bisa berkolaborasi membuat playlist bercinta sehingga daftar lagu yang nantinya diputar sangat personal bagi Anda berdua.

Nah, Moms & Dads, selamat mempraktikkan tips meningkatkan gairah seksual dalam rumah tangga di atas, ya! Jaga keharmonisan dalam rumah tangga agar pernikahan

Tag: penyebab gairah seksual menurun, tips meningkatkan gairah seksual

Referensi: Bustle, Everyday Health, Get Roman, Grid.ID, Halodoc, Hello Sehat, Klik Dokter, Orami, Pop Mama, Saragott Fried MD

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2837 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Perawatan Tradisional Pacsa Melahirkan

Bagaimana cara merawat diri dan bekas jahitan pasca melahirkan?

Perawatan Tradisional Jadi Pilihanku untuk Tetap Fresh Pasca Persalinan

Perawatan tradisional berikut ini bisa jadi alternatif perawatan Moms pasca melahirkan loh

Tips Atasi Rambut Rontok Usai Melahirkan

Moms mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan? Berikut tips mengatasinya

Tips Langsung Langsing Setelah Melahirkan

Siapa yang BBnya setelah hamil naik jauh banget dari BB normal? Berikut ini tips mudah menurunkan BB ala Mom Resti

Ibu Menyusui Menggunakan Cream Wajah, Why Not?

Selama hamil hingga anak usia 6 bulan tidak pakai cream muka, apa alasan Mom Noviana akhirnya menggunakannya lagi?

Diet Sehat Sebelum Hamil, 1 Bulan Turun 5 Kg

Diet sehat seperti apa yang Mom Desi lakukan untuk menurunkan berat badan sebelum masa kehamilan?