Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini yang Perlu Moms Ketahui Mengenai SLS

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  30 Jan '19

Hi Moms! Sesuai dengan tema minggu ini yaitu sabun bayi tanpa SLS, aku mau tanya nih, siapa di sini yang pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan terkait dengan produk yang diperuntukkan bagi baby? Aku salah satu Mom yang pernah merasakannya. Tentu yang ada di pikiran kita adalah produk untuk bayi pasti aman, kan? Namun sayang sekali, ternyata aku mengalami iritasi akibat sabun cuci botol yang ternyata mengandung SLS (sodium lauryl sulfate). Rasanya sangatlah tidak nyaman, gatal, panas, dan perih jadi satu hingga kulitku pun luka-luka.

Ternyata SLS itu merupakan detergen yang biasanya memang ditemukan pada sabun dan sampo. Pada umumnya sabun ataupun sampo yang mengandung SLS akan berbentuk gel. Adapun SLS ini berfungsi untuk memutuskan ikatan antara minyak dan lemak sehingga tidak heran jika cukup banyak sabun cuci botol yang mengandung SLS, agar dapat mengangkat sisa lemak dari susu yang menempel. SLS ini pula yang menyebabkan timbulnya banyak busa pada saat penggunaan sabun.

Tidak hanya pada sabun botol susu saja, namun SLS nyatanya juga cukup banyak ditemukan pada beberapa brand skincare baby. Fungsinya yaitu untuk mengangkat minyak yang dianggap kotor, namun ternyata sebenarnya minyak itu juga dibutuhkan oleh kulit sebagai pelindung. Akibat dari SLS yang memecah minyak ini, akhirnya kulit pun menjadi kering. Selain itu, ternyata SLS juga selanjutnya mengubah struktur kulit. Kulit yang awalnya berfungsi sebagai protektor terluar tubuh pun akhirnya mengalami penurunan fungsi yang selanjutnya dapat menyebabkan beberapa alergen masuk hingga akhirnya terjadi eksim atau dermatitis. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa eksim ini disebabkan karena bahan aktif SLS yang menyebabkan perubahan struktur kulit hingga akhirnya menjadi iritasi tanpa disertai adanya alergen. Nah, untuk mencegah atau mengatasi eksim pada kulit si Kecil, Moms sebaiknya menggunakan produk sampo/sabun bayi tanpa SLS.

Apa pun proses yang terjadi, hati-hati ya Moms terhadap bahan satu ini. Coba Moms cek lagi ingredients dari skincare baby Moms dan apabila ditemukan kandungan SLS, maka disarankan untuk segera menggantinya. Khususnya untuk sabun si Kecil, pilihlah sabun bayi tanpa SLS ya Moms.

 

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

124 Editha Aldillasari

Comments

Related Stories