Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

MY STORY  |  PARENTING  |  18 Jan '23


Anak adalah buah hati dua insan, Ayah dan Ibu. Maka dari itu, peran Suami dalam setiap fase Moms hamil, melahirkan, dan mengasuh si Kecil sama pentingnya. PakSu tak hanya harus hadir mendampingi sang Istri selama proses persalinan tetapi juga menjadi support system yang paling diandalkan Moms yang baru lahiran.

Seperti yang semua orang tahu, melahirkan bukanlah pekerjaan mudah. Tugas Moms selama hamil sudah banyak karena harus menjaga kesehatan. Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi. Jangan sampai kekhawatiran Moms dalam mengurus bayi menjadikan Moms mengalami baby blues!

Apa tanda Moms mengalami baby blues setelah melahirkan?

Gelisah, cemas, sangat mudah marah, tidak sabaran, sulit tidur nyenyak, sangat kelelahan, konsentrasi buruk, suasana hati berubah-ubah, dan bersedih atau menangis tanpa alasan jelas.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan PakSu pasca Moms melahirkan?

Bantu-bantu kerjaan rumah tangga

Moms butuh banyak istirahat setelah mengalami proses persalinan yang melelahkan. Padahal, seringkali Moms kurang tidur karena harus menyusui si Kecil di malam hari. Jangan sampai Moms kewalahan karena harus mengurus pekerjaan rumah tangga juga. Stres dan kelelahan dapat berdampak pada kualitas ASI. Hal ini tentunya akan semakin memperburuk suasana hati Moms karena merasa tidak bisa memberikan yang terbaik untuk si Kecil.

Ringankan pekerjaan rumah tangga dengan berinisiatif melakukan tugas-tugas rumah tangga. Mencuci baju, memasak, mencuci piring, dan membersihkan rumah dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga bukan hanya Istri atau Ibu saja. Jadi, bantulah Moms melakukan pekerjaan-pekerjaan itu supaya Moms punya waktu luang untuk beristirahat atau me time.

Bantu rawat si Kecil

Memandikan, menggendong, menidurkan, dan mengganti popok si Kecil merupakan tugas-tugas merawat bayi yang dapat dilakukan oleh PakSu. Tidak hanya meringankan tugas Moms, membantu merawat si Kecil sejak dini dapat mempererat bonding antara Ayah dan Anak. Bahkan, Ayah yang langsung melakukan interaksi dengan bayi 1 jam pertama sejak lahir memiliki ikatan emosi lebih kuat daripada para Ayah yang tidak berinteraksi langsung.

Pastikan asupan gizi Moms terpenuhi

Kepanikan dalam mengurus newborn dapat membuat seorang New Moms malas makan. Padahal, perilaku malas makan ini justru akan membuat Moms kekurangan zat gizi dan energi. PakSu dapat selalu mengingatkan dan memastikan Moms makan makanan bergizi setiap harinya. Dengan begitu, tubuh Moms tetap sehat dan segar agar dapat mengurus si Kecil dengan baik.

Jadilah tempat curhat yang dapat diandalkan

Mengurus bayi selain menguras tenaga fisik juga menguras emosional. Maka dari itu, PakSu perlu meluangkan waktu untuk ngobrol dengan Moms. Siapa tahu Moms emang butuh banget curhat atau sekadar berbagi perasaan. Jangan salah artikan curhatan sebagai keluhan, ya, Dads. Bisa jadi Moms hanya ingin meluapkan perasaan.

Ketika diajak ngobrol Moms, tatap matanya dan dengarkan sungguh-sungguh. Jangan berdebat atau berselisih mengenai hal-hal yang tidak terlalu penting. Perdebatan sepele sekali pun dapat memperburuk baby blues.

Tunjukkan kasih sayang dengan berbagai cara

Hubungan seks setelah melahirkan saat Moms sedang melalui masa nifas memang tidak dianjurkan. Sebab, Moms belum siap secara fisik dan mental. PakSu pastinya sudah tahu ya, bahwa kasih sayang bisa ditunjukkan dengan cara lain seperti pelukan, ciuman, dan aktvitas romantis.

Satu hal yang mungkin bisa menjadi cara terbaik PakSu dalam memberikan kasih sayang saat ini adalah mengajak Moms jalan-jalan keluar rumah untuk mencari udara segar. Atau Dads bisa izinkan Moms jalan-jalan sendirian keluar rumah sementara Dads mengurus si Kecil di rumah. Lakukan hal-hal seperti ini supaya keharmonisan Moms & Dads sebagai pasangan tetap terjaga.

Temani Moms ke dokter atau psikolog jika perlu

Jika Moms mengalami baby blues yang parah, tidak ada salahnya untuk segera meminta bantuan para ahli. Berikan dukungan kepada Moms untuk menceritakan permasalahannya ke dokter atau psikolog.

Cek TikTok Babyo untuk Tips selengkapnya!

Referensi: Halodoc, Hello Sehat

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

641 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Parenting Santai Anak Usia Remaja

Gimana, sih, caranya biar si Kecil melewati fase remaja dengan mudah dan santai? Ini dia tipsnya!

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]