Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Sebab Kulit Moms Lebih Gelap Saat Hamil

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  25 Apr '19

Kulit menjadi lebih gelap seringkali menjadi salah satu tanda pertama kehamilan yang dirasakan banyak calon ibu. Moms mungkin memperhatikan bahwa puting susu dan area kulit di sekitarnya (areola) menjadi gelap.

Area berpigmen lainnya, misalnya tahi lalat dan freckles, mungkin juga dapat menggelap selama kehamilan. Jika Moms berkulit gelap, area di sekitar pusat, ketiak, dan paha bagian dalam juga mungkin menggelap. Usai Moms melahirkan, area-area tersebut akan kembali cerah seiring berjalannya waktu. Meskipun demikian, puting Moms mungkin tetap sedikit lebih gelap daripada sebelumnya.

Bercak pigmen coklat di dahi, pipi, dan leher Moms dikenal sebagai chloasma atau melasma. Chloasma disebabkan oleh tubuh Moms yang membuat melanin tambahan untuk melindungi kulit Moms dari sinar ultraviolet (UV). Produksi hormon ini diperkirakan terjadi pada dua dari tiga calon ibu selama kehamilan.

Bercak-bercak yang muncul dapat lebih terlihat jika Moms berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama. Untuk melindungi kulit Moms, pakailah tabir surya (SPF 15 atau lebih) atau topi setiap kali Moms bepergian.

Sangat dimaklumi bahwa perubahan kulit ini dapat membuat Moms merasa sadar diri. Jangan khawatir, kulit belang-belang yang muncul selama kehamilan itu akan memudar dalam waktu sekitar 3 bulan setelah si Kecil lahir. Agar bercak-bercak hitam tidak terlalu terlihat serta membantu menutupi ketidakrataan warna kulit, Moms dapat menggunakan pelembab berwarna, alas bedak dan concealer.

Meskipun demikian, satu dari 10 ibu hamil menemukan bahwa bercak mereka bertahan dan dapat diperburuk dengan menggunakan kontrasepsi hormonal setelah kehamilan. Jika demikian, Moms dapat berkonsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan krim pemutih, gel atau lotion.

Tentang garis gelap vertikal di sekitar perut ibu hamil

Garis vertikal yang muncul di tengah-tengah perut Moms yang sedang hamil disebut linea nigra. Lebarnya bisa mencapai 1 cm dan terkadang melewati pusar Moms. Linea nigra ini cenderung muncul sekitar trimester kedua. Tidak semua ibu hamil mendapatkan linea nigra. Jadi, jangan khawatir jika Moms tidak memilikinya selama kehamilan.

Meskipun muncul di atas otot perut yang meregang dan sedikit terpisah untuk memberi si Kecil lebih banyak ruang di perut, linea nigra tidak muncul karena celah ini. Linea nigra disebabkan oleh pigmentasi kulit karena perubahan hormon. Garis vertikal ini seharusnya sudah memudar beberapa bulan setelah Moms melahirkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

100 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories