Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Jadwal Menyusui si Kecil yang Terbaik

BABY  |  FEEDING  |  PREGNANCY  |  29 Jun '19


Menurut konsultan laktasi Susan Condon, menempatkan si Kecil pada jadwal makan yang ketat bisa membuatnya sulit untuk mendapatkan semua makanan yang dia butuhkan untuk tumbuh dengan baik. Sebagai gantinya, biarkan dia memberi tahu Moms kapan dia siap makan.

ASI dirancang khusus untuk pertumbuhan fisik, neurologis, dan emosional si Kecil. Kebutuhan kalorinya berubah secara konstan, tergantung pada tumbuhnya pertumbuhan dan tingkat mobilitasnya dan hanya dia yang tahu apa yang dia butuhkan dan kapan. Studi menunjukkan bahwa bayi memiliki kemampuan bawaan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka jika dibiarkan akses yang sering dan tidak terbatas ke payudara.

Moms perlu belajar mengenali isyarat makan yang diberikan si Kecil. Kemudian, Moms akan menyadari kapan si Kecil perlu menyusu. Isyarat-isyarat tersebut di antaranya adalah suara isapan, perilaku rooting (ketika si Kecil menggerakkan kepala atau mulutnya mencari puting susu), dan mengisap jari, jempol atau pergelangan tangannya.

Menangis adalah indikator rasa lapar yang terlambat, menandakan bahwa Moms mungkin kehilangan isyarat makan sebelumnya. Bayi juga perlu dirawat karena alasan selain memuaskan rasa lapar. Sentuhan dan menyusui meningkatkan pertumbuhan emosional si Kecil.

Yang jelas, waktu terpenting untuk memberikan ASI eksklusif adalah segera setelah si Kecil dilahirkan. Pada saat itu, ASI akan berisi kolostrum yang berwarna kekuningan dan bertekstur kental. Kolostrum mengandung antibodi dan imunoglobulini yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

Moms juga disarankan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Setelah memperkenalkan makanan padat pendamping ASI, Moms dapat memberikan ASI sebagai nutrisi tambahan hingga si Kecil berusia dua tahun.

Jika Moms tidak dapat menyusui sewaktu-waktu karena harus bekerja atau berada di luar rumah, sempatkan waktu untuk memompa ASI sebelum berangkat kerja dan simpanlah di dalam lemari es.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

583 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories