Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ingin Puasa Saat Hamil Trimester Pertama? Ini Kiat-kiatnya!

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  PREGNANCY  |  24 May '19

Kehamilan dikatakan memasuki trimester pertama apabila kehamilan tersebut berusia 1-12 minggu. Pada usia kehamilan ini, sangat mungkin ibu hamil mengalami gejala mual, muntah, lemas, dan pusing karena sedang beradaptasi dengan perubahan produksi hormon dalam tubuh.

Meskipun tidak ada pantangan khusus untuk berpuasa saat hamil, Moms diharapkan untuk mengikuti kiat-kiat di bawah ini terutama jika usia kehamilan Moms baru memasuki trimester pertama.

Periksakan kondisi kehamilan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum berpuasa. Dokter lebih tahu mengenai risiko-risiko yang mungkin terjadi pada kandungan Moms. Jika secara umum kondisi kesehatan Moms dan janin sehat, dokter pasti akan memberikan lampu hijau memperbolehkan Moms berpuasa.

Penuhi kebutuhan gizi ibu hamil yaitu 50% karbohidrat, 25% protein, 10-15% lemak sehat, vitamin, dan mineral. Persiapkan menu sahur dan berbuka yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan. Makanan yang direkomendasikan misalnya ayam, bayam, salmon, brokoli, kurma, asparagus, dan kangkung.

Catat kenaikan atau penurunan berat badan selama puasa. Sebisa mungkin pertahankan berat badan atau tingkatkan berat badan hingga mencapai angka pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil. Risiko kehamilan mengalami gangguan bisa meningkat apabila ada penurunan berat badan selama berpuasa.

Cukupi kebutuhan istirahat sehingga badan tidak kelelahan.

Kelola emosi dengan baik sehingga puasa tidak memicu stres.

Segera batalkan puasa jika Moms menunjukkan gejala mual, pusing, lemas, dll.

Jangan memforsir diri untuk berpuasa. Lakukan puasa dengan santai. Bahkan, beberapa ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk berpuasa berselang-seling dan mengganti hari-hari yang tidak puasa pada kesempatan lain.

Kondisi kesehatan Moms yang tidak fit, kekurangan nutrisi, dan dehidrasi saat berpuasa dapat membahayakan Moms dan si Kecil dalam kandungan. Ini juga meningkatkan risiko tidak sempurnanya pembentukan saraf dan otak si Kecil. Oleh karena itu, Moms sebaiknya mengurungkan niat beribadah puasa apabila kondisi fisik Moms tidak bisa memenuhi kriteria puasa saat hamil muda (trimester pertama).

Semoga bermanfaat.

132 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories