Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ingin Kurus Setelah Melahirkan? Jangan Pakai Stagen, Mending Pakai Gurita!

MOM STYLE  |  PREGNANCY  |  28 Apr '19


Perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan mungkin membuat rasa percaya diri Moms menurun. Usai melahirkan, berat badan Moms mungkin tidak langsung turun seperti sebelum hamil. Bahkan, kulit pada beberapa bagian tubuh Moms jadi bergelambir. Meskipun demikian, Moms tidak boleh menggunakan stagen untuk "menyingsetkan" perut setelah melahirkan.

Banyak orang percaya bahwa stagen dan gurita mampu mengecilkan perut yang melar setelah melahirkan. Pakaian tradisional stagen berfungsi untuk menopang perut. Cara menggunakannya adalah dengan melilitkan stagen ke perut. Kain stagen bertekstur kaku, sehingga akan menekan perut Moms saat sedang dipakai. Perut Moms memang akan terasa lebih kencang, namun akan kembali seperti semula setelah kain stagen dilepas.

Stagen dilarang digunakan sebagai alat pengecil perut pada ibu yang baru saja melahirkan. Pasalnya, dampak negatifnya lebih banyak yaitu sesak napas, sulit bergerak, mual, muntah dan luka jadi lambat pulihnya.

Sementara itu, gurita tidak berupa kain panjang seperti stagen namun lebih modern, tinggal pakai saja. Lilitan gurita tidak sekencang stagen. Moms lebih disarankan memakai gurita ketimbang stagen untuk menyokong perut usai melahirkan. Namun, Moms harus menunggu paling tidak seminggu usai melahirkan untuk mulai menggunakan gurita. Alasannya, luka jahitan bekas operasi harus mengering terlebih dahulu. Jika jahitan masih basah, risiko jahitan kembali terbuka atau bernanah bertambah besar apabila Moms memaksakan diri memakai gurita.

Meskipun gurita masih boleh dikenakan ibu yang baru saja melahirkan, tetap saja gurita tidak terlalu membawa manfaat. Moms sebaiknya menghindari penggunaan gurita dan mencari alternatif lain untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa efek negatif

Ada beberapa alternatif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Cara pertama adalah dengan melakukan olahraga yang berfungsi untuk mengencangkan otot dinding perut. Olahraga tersebut di antaranya adalah jogging dan sit up.

Moms juga bisa mengikuti kelas senam kegel. Fokus utama senam kegel adalah menguatkan otot-otot dasar panggul dan saluran kemih. Senam kegel juga berfungsi meminimalkan kejadian mengompol ketika proses persalinan berlangsung.

Aktivitas lainnya yang dapat mengecilkan perut namun tidak membawa dampak negatif adalah senam nifas. Fokus utama senam nifas adalah latihan pernapasan dan perut.

Bentuk tubuh juga dapat kembali seperti semula jika Moms rutin memberikan ASI kepada si Kecil. Pemberian ASI dapat merangsang produksi hormon yang membantu tubuh Moms kembali ideal.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan mempraktikkan gaya hidup sehat.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3857 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Memilih Deodoran yang Cocok untuk Ibu Hamil

Ada beberapa alasan mengapa Moms lebih sering merasa kepanasan saat hamil daripada saat tidak hamil.

3 Langkah Mengatasi Kulit Muka Kering Setelah Melahirkan

Kondisi kulit kering pasca kehamilan mungkin akan mengejutkan beberapa ibu baru, termasuk Moms.

Amankah Mandi Sauna Saat Hamil?

Bidan komunitas Claire Friars menyarankan Moms yang sedang hamil untuk menghindari bak mandi air panas dan sauna.

5 Tips Instan Bikin Kulit dan Rambut Moms Terlihat Kinclong Usai Melahirkan

Bagaimana cara merawat kulit da rambut pasca melahirkan agar tetap sehat dan indah?

Post-Natal Treatment untuk Rambut Moms

Normalkah rambut rontok pasca melahirkan? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Apakah Ibu Hamil Boleh Sulam Alis? Ini Faktanya

Sulam alis merupakan salah satu tren kecantikan. Tapi, bagi bumil sulam alis baiknya dihindari. Kenapa?

Amankah Menggunakan Dermal Filler Selama Kehamilan?

Salah satu perawatan kulit yang populer belakangan ini adalah dermal filler. Apakah filler aman bagi bumil?

Amankah Melakukan Perawatan Wajah (Facial) Saat Hamil?

Agar facial tetap aman dilakukan saat sedang hamil, beberapa tips berikut ini harus Moms perhatikan.

Perawatan Kecantikan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Menjaga diri agar tetap cantik saat hamil memang tidak salah. Tapi Moms harus perhatikan hal berikut

Tips Tetap Stylish Ketika Hamil

Apakah Moms ingin tetap modis dan cantik ketika hamil? Yuk ikuti tips berikut agar tetap stylish saat sedang hamil.

Memahami Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Ibu Hamil

Lupus ternyata bisa juga menyerang ibu hamil, mari kenali ciri-cirinya terlebih dahulu agar dapat diantisipasi dengan segera.

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Suntik Hamil?

Meningkatkan kekebalan tubuh ketika hamil memang penting guna menjaga keselamatan bayi, namun tenyata ada pula efek sampingnya.

Jenis Obat Yang Dapat Mengakibatkan Cacat Lahir

Apakah ada obat yang dapat menyebabkan cacat lahir? Betulkah Accutane dilarang untuk ibu hamil? Mari simak ulasan berikut ini.

Tips Tetap Cantik Saat Hamil

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik, begitu pula dengan ibu hamil. Apa saja yang ibu hamil perlu lakukan agar tetap cantik selama hamil?

Obat Jerawat Berbahaya Bagi Janin

Banyak wanita hamil menderita masalah kulit seperti jerawat, tetapi pemakaian obat jerawat perlu untuk diwaspadai. Mari simak penjelasan berikut ini.

Ibu Hamil Wajib Senam Hamil

Betulkah senam hamil memiliki banyak manfaat untuk menjalani persalinan? Bagaimana dengan persalinan caesar? Mari simak bersama berikut ini.