Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ingin ASI Melimpah? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

FEEDING  |  19 Jun '18


Ada beberapa ibu menyusui yang kesulitan meningkatkan produksi ASI-nya. Atau ASI yang ia miliki tidak banyak sehingga mereka merasa bahwa bayi kekurangan ASI. Tapi ternyata ASI bisa diperbanyak dengan mudah. Sebelum itu, Mom juga harus mengetahui tanda bayi sudah mendapatkan ASI yang cukup. Tandanya seperti tidur nyenyak, kemudian ada pula perubahan berat badan sejak pertama dilahirkan dan saat menyusui.

Tips ASI Melimpah

1. Makan Makanan yang Mengandung Gizi Tinggi

Mom harus memerhatikan keseimbangan dalam karbohidrat, protein dan lemak. Salah satunya seperti sering mengonsumsi sayuran hijau guna memperbanyak produksi ASI. Sayuran hijau yang dianjurkan adalah bayam, katuk, selada, pare dan masih banyak lagi. Lalu seperti ikan dan susu ditambah dengan buah-buahan berserat juga  mampu melancarkan ASI. Bukan hanya melancarkan, buah-buahan yang berserat akan memperlancar pencernaan bayi.

2. Jangan Menunda Menyusui

Jika memiliki kesibukkan dalam hal lain, Anda sebaiknya tetap jangan menunda pemberian ASI kepada bayi. Justru Mom harus sesering mungkin menyusui. Hal ini akan merangsang kelenjar ASI untuk semakin banyak memproduksi ASI. Begitu juga pada malam hari, berikan ASI pada rentang waktu sekitar 2-3 jam sekali.

3. Hindari Dehidrasi

Ibu menyusui akan mudah lelah, pada saat itu tubuh akan banyak mengeluarkan cairan sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan. Caranya dengan minum air putih, selain baik untuk kesehatan, menetralisir kotoran, ternyata air putih juga mampu membuat ASI melimpah. Perlu Mom ketahui bahwa bahan dasar ASI adalah air.

4. Merawat Payudara

Perawatan payudara juga dapat berpengaruh pada produksi ASI yang melimpah. Caranya bisa dengan menjaga kebersihannya. Gunakan handuk dan basahi dengan air hangat, hindari penggunaan sabun karena akan membuat payudara kering. Lalu bisa juga dengan melakukan pijatan ringan. Sangga payudara sebelah kanan atau sebaliknya dengan empat jari, dan ibu jari menekan bagian aerola. Jika tidak saat menyusui, gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memijat area aerola dan ke sekitar payudara.

5. Perhatikan Posisi menyusui

Terkadang salahnya dalam memosisikan diri baik ibu dan bayi saat menyusui bisa menjadi salah satu penyebab kurangnya produksi ASI. Selain itu Anda juga bisa merasakan sakit atau lecet pada puting. Maka dari itu untuk menghindari rasa sakit dan memperlancar produksi ASI, Mom harus memperbaiki cara menyusui bayi. Bisa dengan cara memegang bayi dengan satu tangan, menyusui dengan cara dekapan atau sambil tiduran miring. Kuncinya adalah seluruh bagian aerola masuk ke dalam mulut bayi.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1977 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Kecil Mogok Minum Susu? Kenali Penyebabnya

Mengapa si Kecil menjadi malas minum susu? Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya.

Makanan yang Dilarang untuk Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Tidak semua makanan yang bagus untuk kita orang dewasa juga bagus untuk si Kecil lho Moms. Yuk simak apa saja sih makanan yang dilarang untuk si [...]

Benarkah ASI yang Lama Tidak Dikeluarkan dari Payudara Bisa Basi?

Jika lama tidak dikeluarkan, maka ASI di dalam payudara bisa basi. Benarkah demikian?

Tips Menentukan Menu MPASI Harian untuk si Kecil

Apakah Moms seringkali bingung ketika harus menentukan menu MPASI untuk si Kecil? Mari perhatikan tips berikut!

Persiapan MPASI 6 bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan diperkenalkan dengan MPASI. Hal-hal seperti apa sajakah yang mesti Mom perhatikan?

Manfaat Tempe untuk MPASI

Selain nikmat dan memiliki harga yang terjangkau, tempe juga ternyata dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan.

Mempersiapkan ASI sejak Hamil, Apa saja yang Perlu Dilakukan?

Ternyata Mom bisa memulai mempersiapkan ASI bahkan sebelum Si Kecil lahir, bagaimana caranya?

Mitos Di Balik Konsumsi Air Kelapa Hijau Saat Hamil

Benarkah dengan mengonsumsi air kelapa hijau selama masa kehamilan dapat membuat Si Kecil lahir dengan kulit bersih?

Menu Mpasi Mun Tahu Ayam

Kali ini Mom Desi mau berbagi resep mun tahu ayam yang cocok disajikan untuk keluarga sekaligus sebagai menu MPASI. Yuk, disimak moms.

Avocado Fried Rice

Belum pernah dengar nasi goreng alpukat? Yuk Moms, kita pelajari cara membuatnya!

Takaran Kebutuhan Susu Sesuai Usia Si Kecil

Apakah anda sedang mencari tahu takaran asupan susu yang dibutuhkan oleh Si Kecil? Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Chicken Nugget Stick Homemade

Si Kecil bosan dengan cemilan biskuit atau snack lainnya? Menu berikut ini dapat menjadi alternatif bagi anda. Yuk disimak.

Manfaat Dan Nutrisi Telur Puyuh Untuk Si Kecil

Bolehkah Si kecil diberikan telur puyuh untuk menu MPASI nya? Apa saja manfaat dan nutrisi yang terdapat didalamnya? Mari simak yang berikut ini.

Meningkatkan Produksi ASI Dengan Power Pumping

Penggunaan power pumping dapat membantu Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Bakso Sapi Homemade (10M+)

Daripada membeli, ada baiknya Moms membuat sendiri bakso sapi di rumah.

Memperbanyak Produksi ASI Pasca Caesar

Banyak yang berkata bahwa setelah bersalin secara caesar, Moms akan kesulitan mengeluarkan ASI. Yuk simak beberapa hal yang dapat membantu [...]

Apakah Bayi Wajib Bersendawa Setelah Minum Susu?

Saat bayi menelan udara saat menyusui, bersendawa dapat membantu mengeluarkan udara itu. Lantas, apakah bayi wajib bersendawa setelah minum susu?

Kenapa ASI Tidak Langsung Keluar?

ASI yang tidak keluar setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Benarkah demikian? Mari simak yang berikut ini.

Beberapa Kesalahan Dalam Menyusui

Moms, Anda ingin berhasil menyusui? Mari pelajari kesalahan yang dialami Mom Sherlly sehingga Anda tidak perlu mengulanginya.

Roti Sobek Ubi Ungu Isi Coklat Untuk MPASI

Selain pudding, moms juga bisa membuat roti sebagai cemilan MPASI yang sehat untuk Si Kecil usia 12 bulan ke atas. Yuk simak menu berikut ini.