Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Induksi Mempercepat Persalinan?

MY STORY  |  08 Sep '17


Setiap wanita hamil tentu menginginkan saat persalinan nanti semuanya bisa berjalan lancar dan normal. Bayi yang dilahirkan bisa selamat dan sempurna. Namun, kadang persalinan normal yang dinginkan bisa tidak berjalan lancar karena tidak terjadinya pembukaan (pembukaan 10) sehingga perlu dibantu oleh tindakan induksi untuk tetap proses lahiran normal.

Seperti saya dalam proses melahirkan Meghan Eleanor Lauwrenthioes tidak mengalami proses lahiran normal yang mulus. Sehari sebelum proses lahiran saya pergi ke dokter kandungan saya untuk menanyakan kandungan saya yang sudah berumur 40 minggu tapi tidak kunjung mengalami kontraksi. Sehingga dokter memutuskan untuk periksa dalam bagian kewanitaan saya agar saya nanti malamnya mengalami kontraksi. Dan ternyata benar malamnya saya mengalami kontraksi meskipun tidak terus - terusan dan dengan diikutin ketuban yang pecah, sehingga membuat saya harus segera ke rumah sakit untuk rawat inap. Jam 1 subuh saya tiba di rumah sakit dan diperiksa untuk segala proses kelahiran. Diberi waktu untuk proses pembukaan selama 6 jam tapi pembukaan saya tidak kunjung buka hanya tetap dipembukaan satu. Dokter memberi saya pilihan apabila saya tetap mau proses normal saya harus induksi atau saya boleh memilih cesar. Untuk ketuban pecah tidak disarankan untuk pengecekan pembukaan langsung dengan memasukan jari ke lubang kewanitaan karena bisa terinfeksi kuman.

Pilihan saya tetap normal dengan prosedur induksi untuk merangsang biar bisa mengalami pembukaan. Dan benar pembukaan terjadi disaya, yang sebelumnya sempat saya mau menyerah untuk memilih cesar karena kontraksi yang saya alami sungguh sakit sekali. Banyak yang bilang apabila di induksi rasa sakit kontraksi lebih kerasa double sakit. Saat itu yang saya rasakan sakit sekali sampai - sampai disaat saya harus bisa melakukan pernapasan untuk mengeluarkan Meghan saya sudah tidak kuat lagi karena sebelumnya sudah habis teriak - teriak karena sakitnya kontraksi. Tepat tanggal 28 September 2016, 11.09 am Meghan lahir secara normal meskipun pada saat Meghan keluar tidak ada tangisan setelah itu dibawa keruang bayi terdengar juga tangisan juga si Meghan. Dan kemungkinan apabila saya lahiran anak kedua saya bisa - bisa saya induksi lagi karena kebetulan orang tua saya dulu lahiran saya juga induksi.

INDUKSI adalah proses untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan. Prosedur ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena mengandung lebih banyak risiko dibandingkan persalinan normal. Mereka yang menjalaninya sebaiknya mendapat informasi selengkapnya tentang alasan, prosedur, dan risiko yang mungkin dihadapi. Jika sedang mempertimbangkan induksi, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Pastikan situasi Anda cocok untuk Anda menjalani prosedur ini.
 

By: Cindy Fransisca 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2528 Cindy Fransisca

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Awards 2022: Vote Sekarang & Menangkan Hadiahnya!

Mana brand favorit jagoan Moms? Vote disini sekarang, dan dapatkan hadiahnya ya!

Hybrid Learning, Siapa Takut?

Hybrid Learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]