Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Imunisasi Untuk Masa Depan Yang Cerah Menurut WHO

HEALTH TIPS  |  12 Apr '18

Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, anak-anak wajib diimunisasi. Imunisasi dapat melindungi anak-anak dari berbagai macam penyakit yang menyebabkan cacat bahkan mengancam nyawa Pemberian imunisasi pada anak merupakan salah satu langkah yang tepat bagi orang tua demi menjamin kesehatan anak-anak di masa depan. Bahkan imunisasi yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia tidak membutuhkan biaya yang besar atau bisa saja gratis.

Pemberian imunisasi dapat mengurangi jumlah kematian anak di dunia yang terjadi setiap tahunnya. Walaupun masih banyak anak di Indonesia yang tidak mendapatkan imunisasi rutin yang disebabkan dari berbagai kendala, seperti orang tua yang tidak yakin terhadap kandungan di dalam vaksin tersebut. Tetapi perlu diketahui bahwa pemberian vaksin merupakan langkah yang paling efektif untuk melindungi sistem imun kekebalan tubuh pada anak. Jika tidak diberikan vaksin, anak akan mudah terserang penyakit menular dan rentan terhadap penyakit yang menyerangnya, seperti flu, batuk dan demam. Dengan begitu WHO merekomendasikan bagi para orang tua untuk melengkapi jadwal imunisasi anak dan rajin membawa anak ke posyandu terdekat.

5 Jenis Vaksin Yang Wajib Diberikan Pada Anak

  1. Vaksin Hepatitis B, yang mana biasanya akan diberikan pada bayi yang baru lahir, karena khasiatnya yang dapat mencegah anak tertular virus hepatitis B dari sang ibu pada saat proses persalinan. Untuk antisipasinya anak harus di vaksin hepatitis B karena bisa saja ibu tersebut terinfeksi virus Hepatitis B. Virus yang timbul dari hepatitis B ini bisa menyebabkan pengerasan pada hati dan gagal fungsi hati bahkan bisa berujung pada kanker hati.

  2. Vaksin BCG, pemberian vaksin ini bisa diberikan pada anak usia 1 bulan, karena dapat mencegah terserang kuman tuberkulois yang dapat menyerang paru-paru, kelenjar getang bening, dan peradangan pada tulang dan otak yang berakhir pada kecacatan bahkan kematian.

  3. Vaksin polio ini dapat diberikan pada anak usia 1 – 4 bulan yang diberikan setiap satu bulan sekali, pemberian vaksin ini dapat mencegah anak dari lumpuh layu pada kaki dan tangan, karena jika sudah terserang penyakit ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya.

  4. Vaksin campak yang dapat diberikan pada anak usia 9 bulan - usia 2 tahun dan bisa diberikan 2 kali. Pemberian vaksin campak ini dapat mencegah anak terserang penyakit campak parah yang bisa menyebabkan peradangan paru, diare dan sampai ke otak.

  5. Vaksin kelima yang diberikan ini terdapat 3 vaksin, diantaranya yaitu DPT, HB, Hib yang diberikan pada anak berusia 2-18 bulan dan pemberian vaksin ini dapat mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, meningitis (peradangan otak), bahkan pneumonia (radang paru).

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Tips Tubuh Ideal Setelah Melahirkan

203 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories