Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Imunisasi BCG Wajib Bagi Bayi, Mengapa?

HEALTH TIPS  |  18 Apr '18

Imunisasi BCG  merupakan salah satu dari 5 jenis vaksin yang harus diberikan kepada anak. Imunisasi BCG adalah vaksin yang berfungsi untuk melindungi anak dari bakteri tubelkulosis (TB) yang dapat menyerang paru-paru dan selaput anak yang bisa memicu kecacatan bahkan kematian. Pemberian Imunisasi BCG akan menstimulasi sIstem kekebalan tubuh untuk melawan datangnya bakteri tuberkulosis. Jadwal Imunisasi BCG yang paling tepat yaitu saat bayi baru berusia 2 bulan.

Imunisasi BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis yang telah dilemahkan sehingga pada saat anak menerima vaksin ini tidak akan membuatnya sakit. Mycobaterium bovine merupakan bakteri yang mirip dengan bakteri tuberculosis manusiA, akan memicu sistem imun. Sistem imun tersebut akan menghasilkan sel-sel yang dapat melindungi tubuh dari bakteri tersebut. Bakteri tuberculosis tak hanya beresiko infeksi paru-paru, tetapi bakteri tersebut dapat menjangkiti organ tubuh lain seperti selaput otak, sendi, tulang dan ginjal. Bakteri tersebut berbahaya karena gampang sekali menular bahkan melalui bersin, batuk dan air liur. Untuk itu pemberian Imunisasi BCG sangat wajib diberikan kepada anak-anak,

Dosis yang diberikan tentu haruslah sesuai dengan kebutuhan tubuh. kemudian sebelum menyuntikan vaksin BCG, perhatikan bahwa cairan vaksin BCG haruslah bening dan tanpa partikel atau kemasannya bocor. Sehingga pemberian Imunisasi BCG haruslah dilakukan oleh dokter beserta tim medis.Untuk dosis yang diberikan melalui suntikan oleh dokter dan tim medis biasanya sekitar 0,05 ml untuk bayi berusia dibawah satu tahun. Banyaknya dosis yang diberikan tergantung dari usia bayi tersebut.

Meskipun tergolong kedalam 5 jenis imunisasi wajib, namun sebelum memberikan vaksin BCG sebaiknya Moms mperhatikan beberapa hal berikut :

  • Tubuh bayi sedang demam tinggi
  • Bayi mengalami Infeksi kulit
  • HIV Positif
  • Bayi sedang melakukan pengobatan penakit yang cukup serius seperti kanker atau penyakit lain yang menyebabkan system imun bayi lemah
  • Diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap Imunisasi BCG
  • Bayi pernah terkena bakteri tuberculosis atau satu atap dengan seseorang penderita yang terkena bakteri tuberculosis.

Apabila bayi Moms mengalami kondisi diatas, maka sebaiknya pemberian Imunisasi BCG ditunda terlebih dahulu, dan Moms harus berkonsultasi terlebih dulu bersama dokter.

Bayi yang sudah diberikan Imunisasi BCG biasanya akan mengalami beberapa efek samping dari vaksin BCG, yaitu sepperti luka melepuh diarea bekas suntikan, kulit menjadi sakit dan lebam selama beberapa hari, bekas suntikan akan membesar hingga diameter 7 mm dan mengeras setelah 2-6 minggu pemberian Imunisasi BCG. Namun Moms tidak perlu khawatir, karena efek samping tersebut tidak terlalu bahaya bagi bayi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Imunisasi DPT 2 Tidak Demam, Mengapa?

407 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories