Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Impetigo Bulosa, Apa Itu?

HEALTH TIPS  |  24 Jul '18

Sekitar sepuluh hari setelah Kiyomi mulai MPASI, tiba-tiba muncul bentol-bento di tubuhnya. Pertama kali muncul di bagian dada. Bentuknya bentol kecil seperti bisul, lalu lama-lama membesar, pecah dan jadi luka. Keesokan harinya saya segera bawa ke dokter, lalu saat di dokter saya sampaikan kalau bentol ini muncul setelah Kiyomi makan kuning telur ayam kampung. Dokter langsung mendiagnosa alergi protein telur. Kiyomi lalu diberi obat salep dan anti alergi.

Pengobatan jalan 5 hari dan tidak ada perubahan yang signifikan, dalam artian luka lama sembuh luka baru muncul, dan malah menyebar ke seluruh leher Kiyomi. Setiap hari saya menangis ketika ada luka baru yang muncul, karena bentuk lukanya mirip seperti luka melepuh kena air panas, dan itu harus dialami oleh bayi sekecil Kiyomi. Dan menurut saya, ini bukan karena alergi, sebab alergi makanan tidak akan sampai separah itu.

Akhirnya kami putuskan untuk ke dokter anak yang lain. Ternyata benar, itu bukan alergi melainkan Impetigo Bolusa, sejenis infeksi kulit yang sering menyerang bayi dan balita karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Bakteri ini bisa ditularkan melalui udara (angin), air, pakaian dan kontak fisik langsung dari sang pengidap ke penderita. Saya kaget mengapa Kiyomi bisa terkena infeksi itu, dari mana, siapa dan melalui apa?

Bakteri ini bisa ditularkan melalui udara (angin), air, pakaian dan kontak fisik langsung dari sang pengidap ke penderita.

Saya ingat beberapa hari sebelum bentol-bentolnya muncul, Kiyomi tidak sengaja main di tempat outdoor yang dikerumuni orang banyak dan angin di situ cukup kencang sementara dia hanya memakai baju tipis. Padahal biasanya, Kiyo selalu memakai baju tertutup saat pergi outdoor. Belajar dari pengalaman itu, saya sekarang ekstra hati-hati saat mengajaknya pergi ke tempat terbuka, bertemu banyak orang dan berinteraksi dengan orang baru. Bukan berarti Kiyo dijauhkan dari hal-hal semacam itu, tapi yang dilakukan untuk melindunginya adalah menjaga air mandi, sabun dan kesehatan kulitnya.

Semoga bermanfaat.

By: Budi Kurnia. 

767 Budi Kurnia

Comments

Related Stories