Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ibu Jadi Pelupa setelah Melahirkan, Benarkah?

OTHERS  |  13 Jun '18

Moms, adakah yang merasa menjadi lebih pelupa setelah melahirkan? Jujur kalau saya, tidak begitu terasa, mungkin karena memang pada dasarnya lumayan pelupa. Tapi kalau Moms merasakannya, mungkin Moms mengalami Baby Brain, atau ada juga yang menyebutnya dengan Pregnancy Brain.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya Baby Brain antara lain :

Meskipun belum ada kesepakatan oleh berbagai ahli, namun ada penelitian menyebutkan bahwa semasa hamil, materi abu-abu atau grey matter pada otak mengalami penyusutan. Grey matter sendiri adalah komponen utama dari sistem saraf pusat. Perubahan ini mulai terasa sekali di saat trimester ketiga. Namun, perubahan otak ini juga membuat Moms akan lebih peka dengan kebutuhan anak dan responsif saat anak terancam bahaya. Beberapa Moms ada yang merasakan Baby Brain sampai berbulan-bulan setelah melahirkan, bahkan ada yang bisa bertahan minimal selama 2 tahun.

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron pada saat hamil, serta hormon oksitosin pada saat menyusui, ikut mempengaruhi perubahan pada kinerja otak.

Sejak bayinya lahir, Ibu harus memprioritaskan hal baru dalam hidupnya yaitu mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan bayinya, belum lagi ditambah dengan berbagai tantangan yang dihadapinya dalam membesarkan anak. Tak heran, pikiran itu bisa mendominasi otak sehingga dapat melupakan banyak hal-hal yang kurang penting dari waktu ke waktu.

Kurangnya waktu tidur Ibu membuat otak bekerja dengan kurang baik selain untuk urusan bayi.

Untuk meminimalisasi frekuensi lupa tersebut, Moms bisa selalu menuliskan catatan-catatan kecil tentang hal-hal yang perlu dilakukan di selembar kertas dan menempelkannya di tempat yang terlihat, mencatatnya di agenda atau Smartphone, maupun mengaktifkan fungsi reminder pada Smartphone. 

Semoga bermanfaat.

By: Valent Cindy

377 Valent Cindy

Comments

Related Stories