Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ibu Hamil Bisa Puasa? Mengapa Tidak!

FEEDING  |  PREGNANCY  |  30 Apr '19


Puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh tiap orang yang beragama Islam. Namun meskipun diwajibkan bagi perempuan hamil dan menyusui, tetap diberikan keringanan untuk boleh tidak berpuasa jikalau ada hal yang mengkhawatirkan untuk si calon bayi atau sang ibu. Tapi kalau bumil dan busui merasa sanggup dan memungkinkan untuk puasa, boleh tetap menjalankan kewajibannya. Seperti saya pada tahun 2018 tepatnya di usia kehamilan 32 minggu, Alhamdulillah tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Memang pada awalnya saya masih ragu ya Moms, bukan ragu karena tidak sanggup, tapi ragu kalau si bayi terganggu dengan puasa saya. Sebab itu sebelum masuk bulan Ramadhan, saya selalu konsultasi ke bidan yang biasa cek kondisi kehamilan. Nah sewaktu cek dan USG, bidannya bilang kepada saya, "Kalau ibu mau puasa silakan, karena kondisi bayinya sehat dan berat badan bayinya juga sesuai dengan usia kehamilan ibu."

Namun ada beberapa tips yang saya dapatkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di antaranya:

  1. Saat sahur, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat cukup.

  2. Makan sayuran, serta jangan lupa konsumsi vitamin ketika sahur. Karena sayuran dan vitamin sangat membantu ibu hamil maupun menyusui untuk memenuhi kebutuhan cairan selama di siang hari. Moms bisa mendapatkan kandungan vitamin dari buah ataupun vitamin yang diberikan oleh dokter atau bidan.

  3. Minum air minimal 2 liter. Nah caranya membaginya, Moms bisa minum air 1 gelas pada waktu berbuka, 1 gelas ketika selesai berbuka, 2 gelas sesudah makan, 2 jam kemudian minum 1 gelas, minum 1 gelas sebelum tidur, 2 gelas pada saat sahur. Dan saya disarankan mengonsumsi nabeez (infuse water dari kurma) juga Moms.

  4. Jangan konsumsi makanan yang manis dan berminyak secara berlebihan Moms, karena 2 hal tersebut dapat membuat Moms mudah haus di siang hari.

  5. Pada saat berbuka, konsumsi kurma secukupnya. Kurma juga sangat bagus untuk ibu hamil, karena rasa manisnya tidak sama seperti gula.

  6. Di siang hari, jangan melakukan kegiatan yang menguras tenaga ya. Karena kalau Moms banyak melakukan kegiatan yang berat, akan menyebabkan terkurasnya kalori yang cukup banyak. Oleh karena itu kalau tidak ada asisten rumah tangga, mintalah bantuan dan kerja sama pada suami ketika ia memiliki waktu luang.

Jangan takut untuk berpuasa, kalau bayinya sehat dan Moms kuat, tidak ada salahnya untuk mencoba, akan tetapi ada baiknya konsultasi dulu ya kepada bidan atau ke dokter spesialis kandungan, lihat kondisi bayinya apakah memungkinkan untuk berpuasa atau tidak. Kalau kata dokter tidak boleh karena alasan yang akurat, jangan coba untuk berpuasa. Tetapi kalau dokter katakan oke, Moms dapat mencobanya. Selamat berpuasa Moms!

 

Semoga bermanfaat.

By: Nurhakiki Ritonga via Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

474 Nurhakiki ritonga

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Nyaman Berpuasa Meski Sedang Hamil Tua

Tahun lalu saya tetap menjalankan ibadah puasa ramadhan meski sedang hamil enam bulan.

Puasa Bukan Halangan untuk Bumil & Busui

Hai Moms, Alhamdulillah senang rasanya sebentar lagi akan tiba bulan ramadhan, apalagi ini adalah tahun pertamaku yang insya Allah akan [...]

Kiat Berpuasa agar Tetap Aktif dan Semangat

Kondisi fisik seorang yang hamil serta menyusui ini memang berbeda dengan kondisi wanita yang tidak pada kondisi tersebut.

Tips Lancar Puasa saat Hamil

Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, di mana kita akan melakukan ibadah selama satu bulan penuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Moms perhatikan seputar melaksanakan ibadah puasa ketika hamil/menyusui.

Puasa Sehat saat Hamil dan Menyusui

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil dan menyusui agar bisa tetap menjalankan puasa.

Air Nabeez, Minuman untuk Berbuka Puasa bagi Bumil dan Busui

Saat berbuka puasa, buah yang manis akan jadi sasaran. Tapi, air rendamannya pun kaya akan manfaatnya loh.

Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil ala Mom Nihayatul

Sebelum berpuasa, alangkah baiknya bumil berkonsultasi dulu ke dokter dan mengikuti tips-tips berikut ini.

Tips Puasa Lancar untuk Ibu Hamil & Menyusui

Para bumil dan busui perlu memerhatikan beberapa tips berikut ya, agar ibadah puasa tetap bisa berjalan lancar.

Tips Persiapan Puasa Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Mari kita simak 4 tips dari Mom Nazmi yang dapat membantu Moms dalam melancarkan ibadah puasa.

Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Puasa, Why Not?

Selama tidak ada gangguan kesehatan, maka ibu hamil dan menyusui juga bisa ikut berpuasa ya Moms.

Jus Susu Kurma Solusi Ibu Hamil dan Menyusui Lancar Berpuasa

Minuman yang satu ini dapat secara efektif membantu Moms dapat tetap berpuasa meski sedang hamil/menyusui.

Nyaman Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kondisi ibu hamil dan menyusui yang sedikit berbeda dari wanita normal membuatnya perlu tips khusus untuk berpuasa.