Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Have 2 Under 2

MY STORY  |  PARENTING  |  21 Sep '18


Saya seorang ibu yang mempunyai dua orang anak. Jarak umur keduanya cukup berdekatan yaitu 14 bulan.

Kendala yang paling saya rasakan

  • Managing waktu
  • Perhatian yang seimbang untuk kedua anak saya

Repot sudah pasti karena have 2 under 2. Jadi saya berusaha mengajarkan si sulung untuk "bergantian" karena setahu saya dia belum di tahap pertumbuhan yang mengerti sharing.

Si kakak masih berumur 16 bulan jadi dia masih berada di periode menyusui, sedangkan dia menyapih diri dia sendiri ketika saya hamil pada trimester ke 3. Hal tersebut menyebabkan si kakak tidak mau saya beri ASI langsung, maka saya siasati dengan menggunakan ASIP yang sudah dicairkan dan ditaruh di gelas jadi dia minum dari situ.

Kakak beradik ini memang saya kasih ASI eksklusif, ketika saya hamil kedua umur kakak baru 1 tahun, jadi saya beri dia UHT. Sempat diberi sufor juga setelah disapih tapi sekarang dia lebih suka UHT. Dan semenjak umur 1 tahun minum susunya tidak banyak hanya sehari 2-3 kali susu UHT.

Untuk tantangan dalam mengASIhi, si kakak tidak ada masalah sama sekali, tidak pernah lecet, sampai menyapihpun atas kemauan dia (WWL – Weaning With Love). Tetapi saat si bungsu, hari pertama saya beri ASI puting saya langsung berdarah. Mungkin karena saya udah merasa bisa menyusui, jadi saya lebih "ngasal" setelah lahiran anak kedua, tidak terlalu memikirikan posisi dan pelekatan. Akhirnya dari pengalaman tersebut saya sesuaikan dengan teknik menyusui yang benar.

Proses pada saat transisi si kakak menyapih, saya percaya dengan Trio hypno: hypnobirth, hypnobreastfeeding, hypnoparenting. Jadi dari awal saya hamil si adik, saya bilang ke si kakak kalau ASI saya masih cukup silahkan lanjut menyusu. Tetapi kalau ASI ibu nutrisinya sudah tidak cukup untuk kamu, please kasih tahu, karena ibu akan tambah alternatif lain. Kendala pada saat transisi kakak menyapih adalah, capek karena hamil plus menyusui.

Mempunyai adik pasti anak akan mengalami siblings rivalry, pernah saat di mana kakak jealous sama si adik. It's a constant process to tell him (my oldest) that I will continue love and like him despite his sister's arrival. Pernah sekali, adiknya sedang nenen terus ditendang. I was shocked tapi saya belajar bahwa semakin saya marah atau mengeluarkan nada tinggi, semakin dia ulangi lagi sambil ketawa karena dia kira saya excited. Jadi saya kasih tahu sambil senyum, kalau adiknya seharusnya dia sayang-sayang.

Kaki dipakai untuk tendang bola aja, bukan adiknya. Surprisingly at such a young age they understand. And they feel guilty too. Setelah itu dia malah mencari adiknya dan mau sayang-sayang adiknya. Untuk cara bagi perhatian, saya berusaha ngajak kakak main dan benar-benar be present saat adik tidur. Terus minta bantuan dia juga untuk ngurus si adik. As simple as minta ambilin sesuatu.

Selama saya hamil dan menyusui kakak beradik, beruntungnya saya tidak ada alergi dan iritasi pada asupan yang saya konsumsi. Hanya saja mereka sensitif sama debu dan asap rokok. Makanya saya harus rajin membersihkan rumah dari debu dan menghindarkan mereka dari asap rokok.

Jadi, saya sebagai ibu harus lebih bisa managing waktu dan perhatian agar mereka tidak saling jealous satu sama lain

Semoga bermanfaat.

By: Risty Gaos

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1646 Risty Gaos

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.

5 Hal Yang Perlu Ditingkatkan Ketika Menjadi Ibu Dua Anak

Moms, pernah merasa lelah dalam merawat dan membesarkan si Kecil? Baca cerita berikut ini ya.

Si Kecil Bosan di Rumah? Coba Tips Ini!

Moms dan si Kecil mulai merasa bosan di rumah? Coba tips berikut ini.

Yuk, Latih Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Mumpung lagi di rumah aja, aku dan suami memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak berbuat baik yaitu melibatkan dia mengerjakan pekerjaan rumah.

Peralihan Dari Wanita Karir Menjadi Stay at Home Mom

Siapa disini yang tadinya wanita karir, namun harus menjadi stay at home Mom semenjak si Kecil lahir? Baca cerita ini yuk!

Mengatasi Anak yang Bosan di Rumah

#DiRumahAja selama tiga minggu tentu bisa mengakibatkan si Kecil merasa bosan ya Moms and Dads. Simak cerita berikut ini yuk!

Di Rumah Aja? Yuk, Moms, Lakukan 5 Aktivitas Ini Bersama Si Kecil!

Berikut beberapa ide sederhana di rumah untuk membuat anak tetap beraktivitas sepanjang hari saat sekolah ditutup.

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

Sekitar 60-80% ISK disebabkan oleh kuman E. coli yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti [...]