Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hati-Hati, Orang Tua Bisa Menjadi Penyebab Stres Pada Anak

MY STORY  |  08 Jan '21


Tahukah Moms bahwa stres tak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa mengalami stres. Anak bisa mengalami stres bahkan sejak usianya masih bayi. Stres pada bayi biasanya ditandai dengan bayi yang sering rewel, tidak mau menyusu atau makan, dan pola tidur yang berubah. Sedangkan untuk anak yang lebih besar bisa dilihat tanda-tandanya adalah lebih pendiam, sering menyendiri dan selalu menolak permintaan orangtua.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab stres pada anak. Salah satunya adalah sikap orang tua terhadap anak. Sejak si Kecil masih bayi, dia sudah mulai belajar memahami dan merekam bagaimana sikap, cara bicara dan berbagai hal yang dilakukan orang tuanya. Untuk itu Moms & Dads harus berhati-hati saat bersikap dan berbicara kepada anak. Orang tua yang sering bersikap kasar, berbicara dengan membentak atau memarahi anak setiap melakukan kesalahan maka yang terjadi anak akan tumbuh dengan perasaan takut salah dan tertekan. Bila sudah terjadi bertahun-tahun hal ini bisa menjadi penyebab stres pada anak. Untuk mengatasinya Moms & Dads bisa simak beberapa tips mengatasi stres pada anak yang disebabkan oleh orang tua berikut ini.

  1.     Jangan jadikan anak pelampiasan emosi.

Sering sekali tanpa sadar orang tua melampiaskan kemarahan kepada anak. Padahal sesuatu yang membuat Kita marah tidak ada kaitannya dengan anak, seperti masalah di pekerjaan dan pasangan. Jika emosi sedang naik dan tidak bisa menghadapi anak dengan baik cobalah menjauh untuk beberapa saat.

  1.     Selalu meminta maaf kepada anak.

Banyak orang tua yang masih merasa gengsi untuk minta maaf kepada anak. Padahal dengan meminta maaf setelah bersikap kurang baik, akan mengajarkan anak untuk menerima kekurangan orang lain dan berani mengakui kesalahan. Cobalah untuk meminta maaf saat suasana tenang agar anak dapat lebih mudah mengerti.

  1.     Ciptakan suasana rumah yang nyaman dan aman.

Buatlah suasana rumah yang nyaman dan aman, karena rumah adalah tempat dimana orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama. Moms & Dads bisa mencari aktivitas yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Seperti bermain bersama, menemani belajar, mengobrol dan bercerita. Dengan suasana yang nyaman dan aman akan membuat anak merasa tenang dan terlindungi.

  1.     Turunkan ekspektasi terhadap anak.

Setiap orang tua pasti memiliki harapan untuk anaknya. Tetapi jangan sampai berharap terlalu tinggi dan berlebihan menuntut anak untuk memenuhi semua yang Kita inginkan ya. Karena jika tidak terpenuhi, dan orang tua kecewa anak akan merasa sedih dan merasa tidak berharga. Cobalah untuk menyesuaikan harapan orang tua dengan keinginan daj standar kemampuan anak. Karena setiap anak punya kelebihan masing-masing.

  1.     Minta kepada pasangan untuk saling mengingatkan.

Moms & Dads harus saling mengingatkan jika salah satu mulai kasar atau berbicara kurang baik kepada anak. Selalu komunikasikan apapun yang terjadi pada anak, agar Moms & Dads bisa mengambil keputusan bersama.

Nah, Moms & Dads jika tanpa sadar pernah bersikap dan berbicara yang kurang baik terhadap anak, segeralah mengubahnya dengan sikap dan cara bicara yang lebih baik dan lembut. Karena jika anak terus menerus stres, maka anak tidak bisa tumbuh bahagia. Penting sekali untuk anak dapat tumbuh bahagia karena bahagia si Kecil akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Selain menjaga kesehatan emosinya, agar tumbuh kembangnya baik Moms bisa tambahkan nutrisi untuk daya tahan tubuhnya dengan susu pertumbuhan Neste Lactogrow. Kenapa memilih Nestle Lactogrow? Karena susu ini memiliki kandungan Lactobacillus reuteri yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil, karena 80% sistem imunitas ada pada saluran cerna. Nestle lactogrow juga mengandung omega 3, omega 6, kalsium, zat besi dan bebas sukrosa. Moms and Dads juga bisa bergabung dalam Grow Happy Club untuk mengetahui tips seputar tumbuh kembang anak serta berbagai event dan promo dari Nestle Lactogrow.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

229 Elzalina Jp

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]