Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hati-hati Dampak Negatif Kecanduan Gadget!

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  TODDLER  |  26 Jun '19


Di artikel sebelumnya yang berjudul "Gadget Bukan Monster", saya membahas tentang gadget yang ternyata bisa berdampak positif bagi anak selama cara dan waktu penggunaannya benar dan itu saya alami sendiri yang berdampak positif terhadap Clive. Nah kali ini saya akan membahas gadget yang juga bisa berdampak negatif. Kalau ditanya apakah Clive juga merasakan dampak negatif penggunaan gadget? Saya jawab bisa, tapi tidak berdampak negatif terhadap Clive. "Terus kalau tidak berdampak negatif kenapa Mom bisa menulis artikel tentang dampak negatif penggunaan gadget?" Tentu bisa karena di sekitar saya bahkan keponakan saya sendiri merasakan dampak negatifnya.

Ketika jalan2 sering saya temui anak bahkan batita dengan santainya melihat gadget saat duduk manis di stroller sementara orang tuanya dengan enaknya melihat-lihat baju atau sibuk dengan hal lainnya di pusat perbelanjaan. Pernah saya bertanya sama saudara saya kenapa anakmu selalu dikasih gadget kalau di stroller? Dan yang mencengangkan jawabannya adalah supaya tidak rewel jadi si orang tua bisa tenang memilih barang. Kalau saya sendiri dengan suami sering lho saat jalan2 ke mall Clive rewel, otomatis kita jalan2 jadi tidak tenang dan capek tentunya karena Clive tidak mau di stroller kalau sudah rewel dan harus gendong. Terus apakah itu saya jadikan alasan untuk memberikan gadget supaya tidak rewel? Tidak bagi saya, gpp jalan2 capek dan ga bisa pilih2 barang dengan tenang, toh sudah jadi konsekuensi ketika kami memutuskan untuk memiliki anak. Dengan seringnya diberi gadget, anak tersebut jadi mengalami yang namanya kecanduan gadget, di rumah pun lebih sering asyik dengan gadgetnya daripada mainan2 yang ada.

Lantas apa sih dampak negatif penggunaan gadget untuk anak yang dikategorikan sudah kecanduan gadget? Berikut saya rangkum dari pengamatan saya selama ini:

1. Kemampuan psikomotorik berkurang
Terlalu sering menghabiskan waktu dengan gadget membuat kemampuan psikomotorik anak berkurang seperti menggambar, bernyanyi, bermain dengan orang lain, dan kegiatan lainnya. Saat melakukan aktivitas fisik ini tentu kemampuan lainnya juga diasah seperti saat bermain dengan teman atau saudara, si anak akan belajar bagaimana mengasah ketrampilan sosialnya. Nah contoh nyata untuk anak yang kecanduan gadget adalah mereka cenderung tidak bisa bermain dengan teman, seperti keponakan saya saat anak saya dan sepupu lainnya bermain, keponakan saya ini selalu main sendiri dan jarang sekali mau bermain bersama bahkan saya sudah sering mengajak "yuk main bareng itu enak rame2" tapi tetap saja diacuhkan dan tetap main sendiri.

2. Terlambat berbicara
Keponakan saya usianya sama seperti Clive, nah di umur 18 bulan sama sekali belum bisa bicara 1 kata pun bahkan mama papa. Mungkin ada yang bilang milestone anak kan beda2 tidak bisa disamakan? Ya memang tidak bisa disamakan tapi untuk kasus ini berbeda dan dapat dipastikan karena gadget. Kok bisa? Saudara saya akhirnya mencoba untuk mengurangi penggunaan gadget dan sering mengajak si anak berkomunikasi dan sekarang di usia 20 bulan si anak sudah bisa bilang papa mama. Kebiasaan orang tua memberikan gadget supaya anak tidak rewel ternyata berpengaruh lho karena si anak jarang diajak ngomong, setiap harinya memegang gadget tanpa didampingi, otomatis anak jarang ngomong juga karena ketika memegang gadget dia akan dengan asyiknya menikmati gadget itu sendiri tanpa peduli kalau di sebelahnya ada orang.

3. Sulit diajak komunikasi
Anak yang kecanduan gadget cenderung sulit diajak komunikasi, responsnya ketika sedang ditanya kadang malah tidak ada. Contoh, ketika saya bertanya kepada si anak "Kamu sudah makan? Kamu mau ke mana? Kamu ga bobok?" Si anak tidak merespons, seolah-olah tidak ada yang bertanya, dalam pikiran saya oke mungkin belum bisa ngomong ya, cuma paling tidak seharusnya bisa menganggukkan kepala.

4. Mengganggu rutinitas anak
Karena sering bermain dengan gadget, rutinitas sehari-hari tidak bisa sesuai jadwal alias kacau. Contoh paling nyata jam tidur anak terganggu, setiap malam kalau belum lihat Youtube ga bisa tidur meskipun jam 12 malam harus lihat Youtube dulu. Kalau belum puas dengan gadgetnya belum bisa tidur juga.

5. Risiko radiasi
Tentu kita ketahui bahwa gadget memiliki risiko paparan radiasi yang tidak baik bagi tubuh. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja tidak disarankan untuk terpapar radiasi dalam jangka waktu lama.

Anak-anak yang sedang berada dalam masa serba ingin tahu, tentunya sangat senang ketika diberi kesempatan bermain-main dengan gadget dan beberapa aplikasi yang ada di dalamnya. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi, anak-anak sekarang ini rasanya jauh lebih "sadar teknologi" dibanding generasi-generasi sebelumnya. Memang ada beberapa manfaat bagi anak yang sejak dini sudah berkenalan dengan gadget, setidaknya sejak awal anak sudah familiar dengan teknologi. Namun tetap dalam penggunaannya pun orang tua harus bijak jangan sampai tujuan memperkenalkan teknologi justru berdampak negatif terhadap anak. Penggunaan gadget tidak salah, tapi yang salah ketika kita sebagai orang tua justru tidak bijak mengajari anak menggunakan gadget itu. Penggunaan gadget dengan bijak tentu juga akan memberikan dampak positif bagi anak.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

511 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenalkan Gadget pada Anak dengan Bijak

Di era modern seperti saat ini, tidak mungkin rasanya kita bisa menghindarkan anak dari gadget. Setuju tidak Moms?

Baik Buruknya Penggunaan Gadget pada Anak

Di era milenial, sudah tidak asing lagi pemandangan anak menggunakan gadget. Sebenarnya baik ngga sih gadget pada anak?

Gadget Bisa Menjadi Hal yang Positif (Belajar Nama Binatang Dari TV)

Gadget saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan orangtua dan anak, lalu bagaimana menggunakan gadget agar bermanfaat?

Gadget Adalah Penjahat Terbesar bagi si Kecil

Nyatanya pemberian gadget ibarat menjerumuskan si kecil ke dalam jurang yang sangat dalam. Mengapa demikian?

Gadget dan Dampak Positif Negatifnya untuk Anak

Bagai 2 sisi mata uang, gadget mempunyai 2 dampak yaitu negatif dan positif bagi penggunanya

Plus Minus Gadget bagi si Kecil Serta Tips agar si Kecil Tidak Kecanduan Gadget

Saat ini gadget sangat familiar tidak terkecuali bagi anak. Apa saja dampaknya & bagaimana mengatur penggunaannya?

Jangan Lupakan Parental Controls pada Gadget si Kecil

PArental controls penggunaan gadget pada si Kecil wajib hukumnya. Mengapa?

Dampak Gadget Terhadap Anak dan Cara Mengatasinya

Bagaimana dampak gadget pada bayi dan anak-anak? Apakah gadget berdampak positif/negatif terhadap pertumbuhan anak?

Gadget Itu Baik!

Gadget itu baik Moms untuk anak. Kenapa baik? Ini alasan Mom Fenni

Dampak Positif & Negatif Gadget bagi Anakku Yura

Perggunaan gadget dapat memberikan dampak positif dan negatif, seperti yang dialami Mom Monica berikut ini

Melihat Sisi Positif Penggunaan Gadget pada Anak

Penggunaan gadget dapat berpengaruh positif dan negatif tergantung pada faktor-faktor berikut ini

Menjadikan Gadget Berdampak Positif? Sangat Bisa!

Dihindari namun dibutuhkan, begitulah kira-kira keberadaan gadget di keseharian kita.

Pro & Kontra Gadgetholic

Sebagai Preschooler Teacher, saya menjadi observer aktif terhadap dampak yang timbul kaitannya dengan gadget.

Tips Menjadi Orang Tua Millenial, Tangguh Hadapi Anak Generasi Alpha

Sebagai Millenial Moms, salah satu tantangan mendidik generasi Alpha adalah mengendalikan si Kecil dari gadget.

Bijak dalam Menggunakan Gadget untuk si Kecil

Gadget ibarat 2 sisi mata pisau, punya dampak negatif & positif. Semua kembali pada cara kita menggunakannya.

Pro Kontra Gadget bagi si Kecil

Bisa dibilang aku bukan tipikal orang tua yang kontra banget sama yang namanya gadget atau screening time.

Gadget untuk si Kecil, Yes or No?

Banyak yang memberikan gadget agar si Kecil duduk manis & orang tua bisa mengerjakan tugasnya dengan tenang.

Batasan Screen Time untuk Anak

Di zaman yang serba canggih ini, kita tidak pernah lepas dari gadget. Bisa itu berupa TV, tablet, terlebih HP.

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Di era globalisasi sekarang hampir setiap orang ketergantungan terhadap gadget, dari yang tua sampai yang muda.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget pada si Kecil

Rasanya sekarang ga sedikit anak-anak yang bahkan di bawah umur 5 tahun sudah mulai memainkan gadget.