Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Haruskah Ngidam Dituruti?

PREGNANCY  |  13 Jan '18

Salah satu gejala umum yang dialami oleh ibu hamil di trimester pertama, yaitu ngidam. Ngidam merupakan keinginan kuat yang dirasakan oleh ibu hamil terhadap sesuatu. Ibu hamil biasanya lebih sering ngidam terhadap makanan dan biasanya yang dicari adalah makanan yang rasanya asin, asam atau segar.

Belum ada penjelasan ilmiah yang menjadi penyebab mengapa ibu hamil di trimester pertama bisa mengalami ngidam. Tetapi ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa pada saat ngidam, tubuh ibu hamil sedang membutuhkan zat gizi yang terdapat pada makanan tersebut.

Lalu, seperti apa tanda-tanda orang ngidam.

  1. Merasa mual dan muntah
    Morning sickness atau perasaan mual dan muntah dikarenakan naiknya kadar hormone progesterone pada wanita hamil, hormone tersebut akan berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh. salah satunya pada organ pencernaan dan produksi air liur. Produksi air liur yang meningkat, selain menyebabkan ibu hamil menjadi sering meludah, juga akan menimbulkan rasa logam dan tebal di mulut. Sehingga timbul rasa mual dan muntah, yang akhirnya menyebabkan ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang rasanya asin dan asam.
  2. Ingin mengkonsumsi makanan tertentu
    Salah satu ciri ngidam yaitu timbulnya hasrat atau keinginan untuk memakan makanan tertentu. Sebagai contoh, sebelum hamil dia tidak suka memakan cumi, namun ketika hamil dia tiba-tiba ingin memakan cumi-cumi. Atau saat hamil, ibu hamil menjadi lebih sering ingin memakan buah yang masih setengah matang yang rasanya masih sangat asam.
  3. Timbul prilaku aneh
    Tanda-tanda ngidam yang terakhir yaitu timbulnya prilaku yang aneh pada ibu hamil. Seperti ibu hamil menjadi lebih sering beres-beres rumah, rajin olahraga dan prilaku aneh lainnya yang jarang ibu hamil lakukan sebelum masa kehamilan. 

Menurut mitos apabila keinginan atau ngidam ibu hamil tidak dituruti maka akan membawa pengaruh terhadap bayi yang dikandungnya, yaitu bayi akan mengeluarkan air liur secara terus menerus. Akan tetapi, tidak semua keinginan ibu hamil pada saat ngidam harus dituruti. Anda harus pintar memilah mana yang baik dan mana yang tidak. Jika ibu hamil menderita diabetes dan ngidam makanan yang mengandung kadar gula tinggi, tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. 

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Tips Menjaga Kehamilan Agar Janin Sehat

110 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories