Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Tips Atasi Stress Buat Si Kecil

MY STORY  |  10 Oct '22


Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia! Jika Moms bertanya-tanya kapan Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati? Jawabannya adalah setiap tanggal 10 Oktober. Tujuan diperingatinya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah kesehatan mental dan untuk memobilisasi usaha-usaha dalam mendukung kesehatan mental.

Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia

World Federation for Mental Health pertama kali mendengungkan hari spesial ini pada tahun 1992. Organisasi non pemerintah tersebut didirikan pada tahun 1948 di London, UK.

Sementara itu, World Health Organization (WHO) sebagaimana tertulis di situs ofisialnya mengatakan bahwa hari ini memberikan kesempatan bagi seluruh stakeholders yang bekerja di bidang kesehatan mental untuk membicarakan pencapaian-pencapaian mereka, dan apa yang harus dilakukan untuk membuat pusat perawatan kesehatan mental dapat terjangkau oleh semua kalangan di seluruh dunia.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2022

Setiap tahun peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia mengusung tema-tema yang berbeda. Tema untuk tahun 2022 ini adalah “Make mental health & well-being for all global priority.”

Sebelum pandemi, satu dari delapan orang di dunia diperkirakan mengalami gangguan mental. Namun, pandemi meningkatkan angka tersebut sehingga sekarang dunia mengalami krisis gangguan mental. Dilansir WHO, gangguan kecemasan dan depresi meningkat 25% dibandingkan sebelum pandemi. Padahal, layanan kesehatan mental turut terganggu karena pandemi (harus prokes dsb.). Ini menyebabkan banyak kasus mental health semakin tidak tertangani.

Baca Juga: Kunci Kebahagiaan Si Kecil Adalah Orang Tua yang Bahagia

Bagaimana dengan si Kecil?

Anak-anak memang belum mempunyai tanggung jawab yang banyak dan seberat orang dewasa. Tapi itu bukan berarti mereka tidak merasa takut atau cemas dihadapkan dengan kondisi penuh tekanan. Moms perlu menerapkan langkah-langkah berikut supaya si Kecil bisa melewati krisis emosinya dengan baik.

Bicaralah secara terbuka tentang perasaan

Memastikan bahwa si Kecil dapat berkomunikasi dengan orang dewasa yang mengasuhnya merupakan salah satu tips kesehatan mental terbesar untuk anak-anak. Selalu yakinkan si Kecil bahwa dia dapat curhat kepada orang tuanya mengenai perasaannya dan apa pun yang terjadi. Pastikan si Kecil tahu bahwa Moms mendengarkannya ketika dia punya pertanyaan atau kekhawatiran. Kenali bahwa setiap perasaan si Kecil memiliki nilai. Dengan demikian, si Kecil akan terus datang ke orang tuanya ketika ingin membicarakan perasaannya.

Buatlah rutinitas

Rutinitas membantu si Kecil berkembang. Hal-hal yang dapat mengubah kehidupan sehari-harinya dapat membikin stres dan merasakan ketidakpastian. Buatlah jadwal waktu untuk belajar, bermain, makan, dan ngemil. Pastikan juga waktu tidurnya tepat waktu dan berkualitas.

Sampaikan informasi secara sederhana

Bersikap terbuka dan jujur sangat penting saat si Kecil sedang tertekan. Namun, Moms harus melakukannya dengan cara yang mudah dipahaminya. Boleh memberi informasi terkini tapi tetap sampaikan dengan bahasa yang sederhana.

Ajari cara sehat mengelola stress

Meski Moms sudah menciptakan lingkungan ideal di rumah, si Kecil tetap akan bisa mengalami stres dari waktu ke waktu. Saat tumbuh dewasa, dia juga akan mengalami hal-hal yang bisa membuatnya stres. Jadi, mumpung masih muda, ajarkan dia cara mengelola stres yang sehat. Tunjukkan beberapa strategi untuk mengelola stres yang dapat melepaskan ketegangan yang dirasakannya.

Batasi paparan terhadap berita dan media

Ketika ada berita penting seperti kasus perang, gosip artis, hingga bencana kemanusiaan, wajar jika Moms ingin mendapatkan informasi terkini tentang hal-hal tersebut. Namun, memaparkan informasi yang konstan dapat menyebabkan si Kecil cemas dan bingung.

Luangkan waktu untuk bermain bersama si Kecil

Pastikan si Kecil mempunyai waktu untuk bermain. Dia butuh waktu untuk mengekspresikan kreativitas dan imajinasinya, juga fokus kepada hal-hal yang menyenangkan. Selama si Kecil bisa menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu, biarkan waktu luangnya dia gunakan untuk bersenang-senang.

Dorong si Kecil melakukan aktivitas fisik

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak di atas enam tahun untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Setelah memastikan kondisi di luar aman, Moms dapat mengajak si Kecil berkegiatan di luar. Aktivitas fisik di luar ruangan dapat membantu menghilangkan energi cemas, meningkatkan suasana hati, dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

Kenali dan waspadai tanda masalah

Pelajari tanda-tanda tekanan mental. Tidak setiap anak akan menunjukkan tanda-tanda yang sama. Itulah mengapa sulit untuk mengidentifikasi jika ada masalah. Namun, jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda berikut, Moms harus segera mengambil tindakan:

·         Merasa sedih terus-menerus

·         Kesulitan mengendalikan emosi

·         Menghindari aktivitas normal

·         Menarik diri dari keluarga dan teman-teman

·         Menunjukkan perilaku tak menentu atau amarah yang meledak-ledak

·         Mengalami perubahan pola makan atau penurunan berat badan

Temui profesional jika perlu

Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda sedang berjuang dengan kesehatan mentalnya, segera hubungi dokter anak langganan keluarga. Dokter akan memeriksa dan mungkin merekomendasikan spesialis yang bisa menangani si Kecil.

Baca Juga: Tips Hindari Stress pada Anak di Era New Normal

Referensi: Health Park Pediatrics, Zeebiz

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4981 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?

Generasi Alpha Bebas Stunting, Bisa Yuk!

Tinggi badan anak yang ideal adalah dambaan setiap orang tua. Selain dipengaruhi faktor keturunan, tinggi badan ideal anak bisa dicapai dengan [...]

Si Kecil Juara, Santun, Banyak Teman, Apa, Sih, Rahasianya?

Rahasia agar si Kecil jadi anak yang berprestasi, santun, dan banyak teman sebenarnya cukup mudah untuk dilaksanakan. Berikut ini beberapa caranya:

Bijak Bonding Main Outdoor Bebas Worry

Beraktivitas outdoor adalah salah satu kegiatan bermain dan juga bonding yang efektif.

Si Kecil Kok Sering Sakit Perut dan Batpil, Kenapa Yah?

Sakit perut dan juga batuk pilek memang umum dialami oleh si Kecil. Namun, seberapa seringnya si Kecil mengalami hal tersebut perlu diwaspadai [...]

Makanan untuk Membantu Penyerapan Zat Besi, Apa Saja?

Nah, biar konsumsi suplemen semakin efektif, yuk, imbangi dengan makan makanan yang membantu penyerapan zat besi!

Anak Usia 3 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Intip Milestone-nya!

Umur 3 tahun bisa dibilang sebagai saat-saat krusial tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil.

Gagal Ginjal Akut Misterius Anak Capai 131 Kasus, Apa Penyebabnya?

Sebanyak 131 anak di Indonesia mengalami gagal ginjal akut misterius. Penyebab gagal ginjal misterius ini untuk sementara belum bisa disimpukan [...]

Tetap Aktif Meski Musim Penghujan, Ini Rekomendasi Jas Hujan Trendy Anak

Meski belakangan ini sering turun hujan, anak-anak masih bisa tetap bermain, kok. Bahkan, tidak hanya permainan indoor tetapi outdoor pun tetap [...]

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will