Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Handphone Bisa Menyebabkan Kelainan Azoospermia?

HEALTH TIPS  |  21 Oct '18

Beberapa hasil laporan penelitian membuktikan bahwa akhir-akhir ini tingkat kesuburan pada pria mengalami penurunan. Ternyata banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan pada pria dan para ahli mengungkapkan bahwa salah satu faktor penyebabnya adalah karena paparan radiasi dari handphone.

Berbagai penelitian ini sudah dilakukan pada hewan dan manusia dan hasil penelitian menunjukan bahwa pancaran radiasi gelombang elektromagnetik handphone bisa menurunkan kualitas sperma dan bisa menyebabkan azoospermia.

Azoospremia berarti air mani tidak memiliki sel sperma atau kualitas sperma yang buruk hingga bisa mengalami kemandulan.

Kesimpulan seseorang mengalami kemandulan bisa saja diindikasi ketika suatu pasangan yang sudah menikah selama 2 tahun tidak juga memiliki anak padahal mereka berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Sebuah penelitian menunjukan ada sekitar 29% penurunan jumlah sperma pada pria di Inggris dalam waktu 10 tahun terakhir ini. Bahkan hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa hanya sekitar 5-15% saja kualitas sperma yang cukup baik dan digolongkan dengan sperma normal dari seorang pria.

Pria sudah mengalami kesuburan semenjak pubertas dan akan terus subur kecuali bergantung pada faktor gizi, budaya, perilaku seksual, gaya hidup, emosi dan radiasi akibat benda tertentu.

Bukti Ilmiah

Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukan bahwa sel pembuat sperma yang terdapat di dalam testis sangat rentan terhadap paparan radiasi ponsel. Karena non ionisasi radiasi pada ponsel akan memanaskan sel, sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sperma yang normal.

Keterangan yang terdapat dalam journal of andrology juga membuktikan bahwa beberapa penelitian lain membuktikan bahwa radiasi dari frekuensi radio elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel akan menurunkan jumlah sperma dan kualitas sperma.

Penelitian ini menggunakan sperma manusia yang sehat dan bukan perokok maupun pecandu alkohol, kemudian dilakukan tes labolatorium dan terbukti bahwa pria yang sering menaruh hanphone pada saku celana memiliki kecenderungan mengalami kerusakan pada sperma dibandingkan dengan pria yang tidak suka menaruh handphone pada saku celana. Hal ini membuktikan bahwa paparan radiasi telepon genggam sangat mempengaruhi kualitas sperma.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

92 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories