Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

MY STORY  |  21 Aug '17


Terlalu banyak orang yang menggangap bahwa kehamilan identik dengan kegemukan. Padahal faktanya tidak demikian? Mengapa?

Pertama, karena persepsi orang zaman dahulu itu kalau hamil pasti gemuk, dan kalau gemuk pasti hamil. Orang zaman dahulu yang dimaksud adalah orang yang hidup di zaman dimana internet belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Orang dulu sama sekali tidak mengetahui mereka sudah hamil berapa bulan, apa jenis kelamin bayi, dan bagaimana perkembangan bayi didalam kandungan. Mereka sama sekali tidak mengetahui dan bahkan nenek saya sendiri juga bercerita bahwa di zaman nenek 1950an belum ada alat canggih seperti sekarang (yang dimaksud adalah alat usg). 

Seiring perkembangan informasi dan teknologi dari zaman ke zaman, dunia kedokteran juga berkembang sehingga sekarang para ahli menyatakan kalau hamil tidak tidak apa-apa. Yang penting janin di dalam kandungan berkembang sesuai dengan usia kandungannya.

Saya ingin berbagi cerita kepada para pembaca babyologist, saya sendiri ketika hamil dan sampai kelahiran bayi saya, saya hanya naik 11kg. Banyak yang menyatakan bahwa saya waktu hamil diet lah, takut gemuk, ini dan itu. Padahal kenyataannya tidak. Siapa sih yang tidak ingin janin didalam kandungannya itu sehat? Semua ibu didunia pasti berharap demikian. 

Ketika saya hamil, mertua saya setiap hari menyiapkan satu nasi bungkus berukuran besar untuk sarapan pagi, katanya supaya sehat dan bayinya kenyang. Tetapi saya mengalami morning sick dari semenjak usia kandungan menginjak 6 minggu. Setiap menyantap makanan apapun pasti akan muntah. Demikian berlalu sampai 20 minggu. Dari usia kandungan saya 6 minggu sampai 20 minggu, saya hanya makan seperti biasa dan diselingi buah dan susu hamil. Semua saya konsumsi demi kesehatan si buah hati. Satu lagi, saya selama hamil tidak mengkonsumsi seafood, karena mencium aromanya saja saya sudah mual setengah mati.

Berat badan sebelum hamil 52 kg, selama hamil sampai 5 bulan tidak mengalami kenaikan. Usia kandungan 6 bulan sampai ke 9 bulan, barulah baik hingga 63 kg. Saya masih ingat betul timbangan terakhir saya sebelum melakukan operasi caesar. Setelah operasi caesar, hari ketiga saya pulang kerumah dan timbang kembali. Alangkah terkejutnya melihat timbangan saya sudah normal kembali.  

Tips saya untuk ibu yang lagi hamil, jika tidak selera makan seperti saya, konsumsilah makanan yang berprotein tinggi dan yang penuh zat besi. Saya sangat sedikit mengkonsumsi karbohidrat karena jika terlalu banyak memakan nasi atau kentang (ataupun sejenis karbohidrat yang lain) pasti akan muntah lagi. (bukan takut akan gemuk atau lain hal)

Jadi bagi mom yang lagi hamil, tetapi berat badannya tidak mengalami kenaikan. Jangan khawatir dan jangan panik. Tetapi setiap bulan tanyakanlah kepada dokter bagaimana perkembangan si janin. Yang terpenting adalah jaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa minum susu hamil.

Kehamilan adalah pengalaman yang tidak akan pernah kita lupakan sebagai ibu. Setiap orang akan merasakan pengalaman yang berbeda, yang kita perlukan hanya bersyukur dan berdoa.

 

By: Vivian Fidal 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5179 Vivian Fidal

Comments

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.