Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hamil Melalui Promil Alami

PREGNANCY  |  15 Dec '17

Setelah menikah, tak jarang banyak pasangan yang tidak langsung dikaruniai momongan, namun harus menunggu hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Terkadang hal ini membuat kita terlalu berlebihan menanggapinya, terlebih tekanan social dari keadaan sekitar. Banyaknya pertanyaan “kapan hamil? Udah isi belom?” atau bahkan, karena melihat teman kita yang mungkin lebih belakangan menikah namun lebih dulu hamil, membuat kita semakin tertekan karena belum diberikan momongan juga.

Ada beberapa hal yang saya ingin bagikan kepada wanita disini yang merindukan kehamilan:

  • Jangan menunda
    Entah mitos atau fakta, kenyataannya banyak orang yang sering menasehati kita yang akan menikah untuk tidak menunda momongan, karena katanya kalau menunda, malah susah dikasih.
  • Sugesti
    Saya percaya bahwa sugesti ini terjadi di bawah alam sadar kita. Seperti pengalaman saya, dari sejak awal menikah saya memang berpikir untuk punya momongan setelah setahun menikah, alasannya supaya saya bisa lebih mengenal pasangan lebih jauh dulu, bisa lebih mempersiapkan diri dari segi fisik, mental dan juga keuangan, serta beberapa alasan lainnya. Hasilnya? Tuhan mungkin memang mendengar yang kita pikirkan ini, dan benar setelah setahun saya baru bisa hamil.
  • Jangan minder
    Punya anak bukan perlombaan, semua kembalikan ke diri kita masing-masing, sudah siapkah kita punya anak? Enggak masalah kalau kita belum hamil, mungkin waktunya belum tiba, dan percayalah waktunya akan datang.
  • Tidak perlu buru-buru promil seperti inseminasi buatan atau langsung memutuskan bayi tabung
    Selain karena biayanya juga mahal, ada baiknya memeriksakan diri dulu ke dokter, suami dan istri, untuk memahami lebih lanjut serta mengobatinya terlebih dahulu apabila memang salah satu atau keduanya memiliki masalah. Enggak semuanya promil harus langsung diputuskan program inseminasi dan bayi tabung.

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya dan suami harus menunggu selama satu tahun sebelum kehamilan. Kami sempat berkonsultasi ke dokter karena siklus menstruasi saya tidak teratur sehingga cukup sulit untuk mendeteksi kehamilan di awal. Dokter membuatkan program hamil alami selama 30 hari dengan memperbaiki siklus menstruasi saya terlebih dahulu.

Saya diberikan Norelut, yang berfungsi sebagai obat pancing mens karena pada saat itu saya sudah 2 bulan tidak menstruasi. Setelah mens, saya diwajibkan untuk minum Folavit, vitamin untuk membesarkan sel telur. Hal ini dilakukan karena sel telur saya memang agak kecil. Dengan meminum Folavit diharapkan sel telur bisa membesar sehingga kemungkinan kehamilan juga membesar. Selanjutnya, di hari ke-12,14,16 setelah hari pertama haid, saya diwajibkan untuk HB. Setelah itu, hari ke-30 dianjurkan untuk test pack kembali. Suami juga diberikan vitamin Zegavit, untuk membantu meningkatan kualitas sperma, yang diminum selama 30 hari ketika program. Selama promil, dokter menganjurkan untuk tidak terlalu capek dan stress karena kedua faktor ini dapat menurunkan kesempatan untuk hamil.

Semoga bermanfaat.

By: Feimi Wijaya 

3845 Feimi Wijaya Send Message to Writer

Related Stories