Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hamil 7 Bulan Masih Bolehkah Berhubungan Intim?

PREGNANCY  |  28 Sep '18

Boleh tidaknya berhubungan intim pada masa kehamilan seringkali menjadi perdebatan para pasangan. Hal ini dikarenakan ketakutan mereka terhadap kesehatan bayi nantinya, apalagi jika hubungan tersebut dilakukan pada awal kehamilan di mana kondisi janin masih rentan keguguran.

Nah, yang seringkali menjadi pertanyaan yaitu “hamil 7 bulan apakah boleh berhubungan intim”, mengingat pada usia ini bayi sudah cukup terbentuk dan bukan usia rawan keguguran. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut.

Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil 7 Bulan?

Dari beberapa pendapat para dokter, sebenarnya berhubungan intim bukanlah salah satu hal yang dilarang ketika sang istri berada pada kondisi hamil. Hubungan tersebut juga bisa dilakukan pada berapapun usia kehamilan.

Namun, lebih seringnya hubungan intim dilakukan pada usia trimester dua di mana sang wanita akan lebih bergairah karena adanya peningkatan pembuluh darah di sekitar vagina akibat dorongan hormon esterogen.

Dokter juga menyatakan bahwa berhubungan intim pada trimester kedua dianggap lebih aman di mana pada trimester awal akan berpotensi terjadi pendarahan, sedangkan pada trimester akhir bisa menyebabkan kelahiran prematur.  Akan tetapi, hal ini hanya bisa dilakukan jika bayi berada dalam kondisi sehat.

Selain itu, sebelum melakukan hubungan intim pada usia kehamilan 7 bulan, Moms juga perlu memperhatikan riwayat kehamilan atau kelahiran sebelumnya karena ada beberapa kondisi yang melarang hubungan tersebut dilakukan.

Kondisi yang tidak membolehkan pasangan melakukan hubungan seks saat hamil

  1. Memiliki riwayat kelahiran prematur
  2. Memiliki riwayat keguguran
  3. Pernah mengalami pendarahan selama masa kehamilan
  4. Memiliki riwayat ketuban pecah dini (kebocoran air ketuban)
  5. Mengalami plasenta previa yaitu sebuah kondisi di mana plasenta menutup jalan keluarnya janin (berada di sekitar pintu serviks)
  6. Mengalami inkompetensi serviks yaitu kondisi leher rahim (pintu serviks) terbuka lebih awal tanpa adanya kontraksi.

Selain memperhatikan faktor kondisi kesehatan ibu dan bayi, hal lain yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan hubungan intim selama hamil 7 bulan yaitu kenyamanan sang wanita. Kondisi perut yang mulai membuncit tentu akan mempengaruhi posisi dan kenyamanan saat berhubungan. Sebaiknya, hubungan dilakukan dengan posisi samping agar tidak memberikan tekanan pada janin.

Meskipun diperbolehkan untuk berhubungan intim saat hamil 7 bulan, Anda harus tetap berhati-hati agar tidak menyakiti janin.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

1260 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories