Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Toilet Training

PARENTING  |  04 Nov '18

Perkara toilet training tentu menjadi tema yang sering dibahas para Moms. Mulai dari kapan, bagaimana cara terbaik serta apa saja yang perlu kita lakukan. Bagian paling penting menurut saya ada pada kesiapan anak. Kesiapan ini tentu tidak diukur dengan usia, namun melihat tanda-tanda pada anak untuk memulainya. 

Tidak ada pola baku yang perlu diterapkan untuk membiasakan anak buang air pada tempatnya, semua kembali pada kesiapan anak dan perlakuan orang tua secara perlahan.  

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Memulai Toilet Training

  1. Tidak memulai toilet training saat kondisi tidak baik
    Misal saat anak sakit, kondisi keluarga yang baru pindah rumah.

  2. Menurunkan ekspektasi
    Memulai toilet training akan memakan proses yang cukup lama, jadi bersabar adalah kuncinya. Orang tua tentu tidak dapat menuntut agar anak segera terbiasa.  

  3. Menghilangkan rasa kecewa saat anak gagal
    Pada prosesnya dapat saja anak lupa dan membuang kotoran di celana kembali. Tegaskan dengan suara perlahan "Adek, kalau mau pipis ke kamar mandi ya." Jangan memarahinya secara berlebihan.  

  4. Tidak memberikan hukuman
    Apalagi ini ya Moms, big no! Proses toilet training cukup menekan anak karena ia harus belajar mengontrol tubuhnya sendiri. Jika pada awal ia menangis saat diajak ke toilet, itu adalah hal yang wajar. Hukuman hanya akan membuatnya semakin tidak nyaman dan lari dari kebiasaan yang sedang diterapkan.  

Dalam salah satu studi kasus, menekan dan memaksa anak melakukan toilet training terlalu dini tanpa memerhatikan tanda kesiapannya akan mengganggu sisi psikologis anak tersebut. Orang tua harus fleksibel selama membiasakan hal ini. Pada perjalanannya, butuh kesabaran supaya anak menjadi biasa. 

Tidak perlu menjadikan anak lain sebagai parameter keberhasilannya. Ketika sudah siap, maka ia akan segera melakukannya sendiri. 

Semoga bermanfaat.

By: Chriesty Anggraeni

2065 Chriesty Anggraeni Send Message to Writer

Related Stories