Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hal Rutin yang Harus Dilakukan supaya Anak Cerdas

GROWTH & DEVELOPMENT  |  15 Mar '19

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah melalui stimulasi yang baik. Stimulasi tidak harus selalu berupa mainan edukasi yang mahal atau canggih ya, Moms. Tapi bisa juga dengan interaksi sederhana antara anak dengan kita, dan hal ini harus kita jadikan pula sebuah rutinitas.

Eye contact

Ini sangat penting ya Moms, jadi tiap kali kita berinteraksi sama anak, mau lagi gantiin diaper, lagi menyusui, mandiin, dan lain sebagainya, kita harus selalu jaga kontak mata dengan anak, karena hal ini akan meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Perlu Moms ketahui, anak yang kurang mendapat eye contact ibunya sejak kecil, maka ia bisa berpotensi menjadi autis atau tumbuh menjadi ansos (anti sosial).

Respon ucapannya

Meskipun kata-katanya belum terucap jelas, si Kecil sudah berusaha menyampaikan maksudnya secara verbal. Jadi, kita harus merespon celotehannya. Secara teori, makin sering dia dengar kata-kata, makin cepet pula dia belajar mengucapkannya.

Pahami psikologinya sebagai anak

Kita kan pernah jadi anak-anak, maka jangan perlakukan dia dengan logika orang dewasa. Misalnya si Kecil sering melemparkan bantal gulingnya ke lantai, bisa jadi dia sedang belajar bereksplorasi, bukan karena mau mengotori bantal atau gulingnya, jadi ya biarin saja, terus nanti kita angkat dan simpan kembali bantalnya di tempat semula.

Ajak anak membaca buku cerita

Membaca akan melatih koordinasi mata dan tangannya, menambah perbendaharaan kata-katanya, selain itu juga, membaca dapat mengasah daya kreativitas si Kecil. Walaupun di awal seperti tidak berfaedah baginya, tapi kita harus tetap konsisten, percayalah lama-kelamaan kegiatan ini pasti akan bermanfaat untuk perkembangannya

Buat cerita untuk setiap kegiatan

Misalnya ketika mau menggosok gigi anak, kita bisa buat cerita dengan tema gosok gigi, atau bisa juga sambil bernyanyi dengan tema gosok gigi itu.

Main cilukba

Calvin paling demen nih main cilukba. Kalau baru kenalan sama orang baru aja, ketika diajak main cilukba, si Calvin pasti langsung senang, dan bermain cilukba juga bisa meningkatkan perkembangan psikologisnya.

Nah hal-hal ini harus kita lakukan dengan rutin dan jadikan sebagai kebiasaan untuk bisa meningkatkan kecerdasan anak ya Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Felicia Denisa

Copyright by Babyologist

3854 Felicia Denisa

Comments

Related Stories