THE DAILY

Banana Steam Cake Banana Steam Cake
23 Jul '18

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes
23 Jul '18

Moms, Jangan Sering-Sering Keramas ! Kenapa? Moms, Jangan Sering-Sering Keramas ! Kenapa?
23 Jul '18

Tips Memilih Babysitter Untuk si Kecil Tips Memilih Babysitter Untuk si Kecil
23 Jul '18

Benarkah Exclusive Pumping bisa Menyebabkan ASI kering? Benarkah Exclusive Pumping bisa Menyebabkan ASI kering?
23 Jul '18

Menu Nasi Tim Andalan si Kecil Menu Nasi Tim Andalan si Kecil
23 Jul '18

Tumbuhan Ajaib Penyembuh Luka Tumbuhan Ajaib Penyembuh Luka
23 Jul '18

Mainan yang Cocok untuk si Kecil Usia 12-18 Bulan Mainan yang Cocok untuk si Kecil Usia 12-18 Bulan
23 Jul '18

Sop Iga Rekomendasi Booster Berat Badan Anak Sop Iga Rekomendasi Booster Berat Badan Anak
23 Jul '18

Benarkah Bra Berkawat Sebabkan Kanker Payudara? Benarkah Bra Berkawat Sebabkan Kanker Payudara?
23 Jul '18

Tips Menyiasati Anak Laki-Laki 2 tahun yang Sangat Aktif Tips Menyiasati Anak Laki-Laki 2 tahun yang Sangat Aktif
23 Jul '18

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tips Mengatasi Hidung Tersumbat
23 Jul '18

Pahami Berbagai Macam Kontraksi Persalinan Pahami Berbagai Macam Kontraksi Persalinan
22 Jul '18

Membuat Tes Kehamilan Dengan Bahan yang Ada Di Rumah Membuat Tes Kehamilan Dengan Bahan yang Ada Di Rumah
22 Jul '18

Interaksi Antibiotik dan Pil KB: Bagaimana Cara Kerjanya? Interaksi Antibiotik dan Pil KB: Bagaimana Cara Kerjanya?
22 Jul '18

Segudang Manfaat Edamame Untuk Ibu Hamil Segudang Manfaat Edamame Untuk Ibu Hamil
22 Jul '18

Mengenal Jenis Imunisasi dan Cara Pemberiannya Mengenal Jenis Imunisasi dan Cara Pemberiannya
22 Jul '18

Apakah Kekentalan Sperma Mempengaruhi Kesuburan? Apakah Kekentalan Sperma Mempengaruhi Kesuburan?
22 Jul '18

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Program Hamil Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Program Hamil
22 Jul '18

Pentingnya Imunisasi BCG Pentingnya Imunisasi BCG
22 Jul '18

Cara Menyusui dengan Benar dan Menyenangkan Cara Menyusui dengan Benar dan Menyenangkan
22 Jul '18

Perbedaan IUD Dan Pil KB, Mana yang Lebih Efektif? Perbedaan IUD Dan Pil KB, Mana yang Lebih Efektif?
22 Jul '18

Review : Himalaya Pink Salt Review : Himalaya Pink Salt
21 Jul '18

Kenali Jenis Gaya Merangkak Bayi Kenali Jenis Gaya Merangkak Bayi
21 Jul '18

PCOS dan Kesuburan: Apakah Berpengaruh? PCOS dan Kesuburan: Apakah Berpengaruh?
21 Jul '18

Si Kecil Tetap Kurus Walau Minum ASI, Mengapa? Si Kecil Tetap Kurus Walau Minum ASI, Mengapa?
21 Jul '18

Kontra Indikasi Imunisasi DPT Kontra Indikasi Imunisasi DPT
21 Jul '18

Bumbu Dapur Untuk MPASI, Amankah? Bumbu Dapur Untuk MPASI, Amankah?
21 Jul '18

Obat Demam Tradisional yang Aman untuk Ibu Menyusui Obat Demam Tradisional yang Aman untuk Ibu Menyusui
21 Jul '18

Gejala Toxoplasma dan Pencegahannya Gejala Toxoplasma dan Pencegahannya
21 Jul '18

READ MORE

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Hamil 9 Bulan

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  17 Jan '18

Proses kehamilan terjadi dimulai dari pertemuan dan pembuahan sel spermatozoa yang dihasilkan oleh laki-laki dan sel telur yang ada di wanita. Sel telur yang sudah dibuahi akan berkembang didalam rahim sampai menjadi bayi yang membutuhkan waktu kurang lebih selama 9 bulan. Wanita yang sudah memasuki usia hamil 9 bulan sudah dipastikan semakin mendekati hari kelahiran atau persalinannya.

Selama masa kehamilan selama 9 bulan, tidak semua ibu hamil mengalami masa kehamilannya dengan lancar. Ada saja kendala yang terjadi yang mungkin berbeda-beda. Diantaranya adalah perut kencang saat hamil 9 bulan, kaki bengkak saat hamil 9 bulan, keluar darah saat hamil 9 bulan, hamil 9 bulan keluar lendir, hamil 9 bulan ASI belum keluar dan sebagainya.

Dari masalah atau keluhan hamil 9 bulan yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil, diperlukan adanya perhatian tersendiri yang mana ibu hamil harus mengetahui juga mengenali penyebab masalah tersebut. Untuk ibu hamil 9 bulan yang penasaran dengan penyebab keluhan selama kehamilan 9 bulan, mari simak sedikit penjelasan di bawah ini dan temukan jawabannya.

Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu banyak melakukan aktifitas berat apalagi saat hamil muda. Hal ini bertujuan agar ibu hamil bisa menjaga kondisi janin dalam perutnya yang masih terbilang rentan mengalami keguguran. Meskipun tidak diperbolehkan untuk melakukan berbagai aktifitas yang berat, ibu hamil juga jangan sampai tidak melakukan aktifitas sama sekali.

Di masa kehamilan, ibu hamil bisa melakukan senam hamil khususnya senam hamil 9 bulan yang mana semakin mendekati proses persalinan. Agar lebih dimudahkan dalam menghadapi proses persalinan, ibu hamil bisa melakukan gerakan-gerakan senam yang khusus. Di internet atau youtube, ibu hamil bisa melihat berbagai referensi video senam hamil 9 bulan.

Senam ibu hamil 9 bulan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengikuti kelas senam khusus ibu hamil saja, ibu hamil bisa melakukan senam hamil 9 bulan di rumah.Gerakan yang bisa dilakukan diantaranya yaitu latihan pernapasan, melakukan gerakan merangkak, gerakan jongkok, memperbanyak gerakan berjalan kaki, menggunakan birthing balls.

Penyebab Keluhan Saat Hamil 9 Bulan Yang Harus Diketahui
Ibu hamil harus bisa mengetahui penyebab keluhan 9 bulan yang seringkali mengganggu aktifitas dan mengganggu kenyamanan. Hal ini bertujuan agar ibu hamil bisa sedikit meminimalisir keluhan hamil 9 bulan. Kenali beberapa penyebab keluhan saat hamil 9 bulan dan berikut ini sedikit penjelasannya.

  • Perut kencang saat hamil 9 bulan
    Keluhan hamil tua yang pertama yaitu perut kencang saat hamil 9 bulan, kondisi ini sebenarnya terbilang wajar karena memang seiring dengan perkembangan janin dalam rahim yang semakin membesar. Meskipun terbilang cukup wajar ternyata kondisi ini membuat ketidaknyamanan bagi ibu hami ldan perlu diatasi.
  • Kaki bengkak saat hamil 9 bulan
    Selain sakit punggung dan nyeri pinggang, keluhan hamil tua yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu kaki bengkak. Kondisi ini akan terus terjadi dan semakin terasa memasuki akhir kehamilan, dan tentunya sangat mengganggu aktifitas. Adapun penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan yaitu kelebihan cairan, malas bergerak, dan aliran darah yang kurang lancar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya untuk menghindari terjadinya pembengkakan kaki saat hamil 9 bulan, anda bisa melakukan senam hamil 9 bulan. Diperlukan adanya gerakan yang bisa mengurangi terjadinya resiko kaki bengkak saat hamil 9 bulan.
  • Keluar darah saat hamil 9 bulan
    Munculnya bercak darah atau bahkan keluar darah dalam jumlah yang tidak sedikit saat hamil 9 bulan akan membuat kekhawatiran tersendiri bagi ibu hamil. Untuk masalah dan keluhan yang satu ini sebaiknya janganlah disepelekan. Jika ibu hamil mengalami hal ini bisa dipastikan bahwa persalinan semakin dekat, sesegera mungkin datangi dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang baik.
  • Hamil 9 bulan keluar lendir
    Selain keluar darah dari vagina, jika ibu hamil 9 bulan keluar lendir hal ini juga termasuk salah satu tanda-tanda persalinan sudah dekat. Untuk keluhan hamil 9 bulan yang satu ini sebenarnya tidak ada solusi tersendiri karena memang ini merupakan salah satu tanda persalinan semakin dekat. Seperti halnya keluar darah dari vagina saat hamil 9 bulan, jika ibu mengalami keluarnya lendir segera lakukan pemeriksaan kedokter kandungan atau bidan.
  • Hamil 9 bulan ASI belum keluar
    Hormon progesteron dan estrogen sangat berperan penting selama kehamilan.Termasuk salah satu fungsi dari hormon kehamilan tersebut yaitu membantu proses pembentukkan ASI memasuki trimester kedua kehamilan. Salah satu penyebab hamil 9 bulan ASI belum keluar yaitu karena kondisi psikis ibu hamil yang mungkin terlalu banyak pikiran.Untuk mengatasi masalah yang satu ini tentu saja ibu hamil harus bisa rileks dan tenang dalam menjalani kehamilan. Selain dari kondisi ibu yang banyak pikiran, jika memang ASI belum keluar juga saat hamil 9 bulan sebaiknya tunggulah sampai melewati proses persalinan. Setelah proses persalinan, ASI akan terbantu keluar dengan adanya hormon ibu hamil. Selain itu jangan sungkan bertanya kepada wanita yang sudah berpengalaman hamil dan melahirkan untuk menanyakan makanan yang mungkin bisa merangsang keluarnya ASI.

Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil 9 Bulan?
Selama kehamilan, mungkin sebagian pasangan penasaran dengan boleh atau tidaknya berhubungan intim saat hamil 9 bulan. Dalam dunia kesehatan, hubungan suami istri saat hamil 9 bulan diperbolehkan. Khususnya untuk kehamilan yang normal, selama hal ini nyaman dilakukan maka jangan dijadikan sebagai alasan terhentinya aktifitas seksual.

Perlu diketahui bahwa ternyata hubungan intim saat hamil 9 bulan ini bisa dilakukan untuk membantu mempercepat kontraksi. Hormon yang dikeluarkan selama melakukan hubungan seksual mempengaruhi jalannya kontraksi selama kehamilan khususnya yang mendekati waktu persalinan. Meskipun demikian, ketahuilah bahwa posisi berhubungan saat hamil 9 bulan tidak bisa sembarangan dilakukan.

Karena posisi berhubungan intim dalam keadaan hamil dan tidak hamil akan berbeda, saat tengah hamil 9 bulan Anda dan pasangan haruslah bisa menjaga bayi yang ada dalam perut ketika melakukan hubungan intim. Bentuk perut yang besar apalagi memasuki hamil tua, menjadikan salah satu posisi yang aman untuk dicoba saat berhubungan intim yaitu berbaring dan menyamping. 

Semoga bermanfaat. 

 

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Bahaya Alami Rasa Sakit Selama Kehamilan

6633 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories