Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Goreng, Rebus, atau Kukus? Mana yang Lebih Baik Untuk Ibu Hamil?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  04 Jun '19

Memasuki masa kehamilan, hal yang paling utama bagi para ibu hamil biasanya adalah menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini tentu tidak lepas dari kesehatan sang ibu itu sendiri ya, Moms. Sebab, kunci dari janin yang sehat adalah ibu yang sehat. Menjadi ibu hamil yang sehat tentu susah-susah gampang ya. Terlebih lagi ibu hamil biasanya juga menghadapi berbagai gejala kehamilan yang menimbulkan ketidaknyamanan seperti morning sickness.

Salah satu gejala morning sickness yakni mulut pahit biasanya membuat ibu hamil cenderung malas makan dan mencari opsi asupan yang seadanya dan seringkali tidak sehat: makanan-makanan yang digoreng contohnya. Makanan-makanan yang digoreng ini memang cenderung terasa lebih nikmat bagi beberapa ibu hamil jika dibandingkan makanan yang diolah dengan cara yang lebih sehat seperti direbus maupun dikukus.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng biasanya mengandung banyak lemak jahat atau kolesterol, Tak hanya itu, makanan yang digoreng terutama yang deep fried juga memicu obesitas pada ibu hamil. Tingkat kolesterol yang tinggi pada seorang ibu hamil juga beresiko menyebabkan darah kental yang menyebabkan janin sulit untuk mencerna makanan dari darah ibu. Untuk itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng saat hamil ya, Moms.

Selain makanan yang digoreng, makanan yang direbus terlalu lama juga perlu dibatasi ya, Moms. Pasalnya, nutrisi penting pada bahan makanan yang direbus dalam suhu tinggi dan waktu yang lama justru akan hilang. Hal ini tentu mengurangi nutrisi yang justru sangat baik untuk ibu dan janin.

Makanan yang direbus terlalu lama akan membuat senyawa vitamin dalam sayuran ikut larus pada air rebusan. Selain itu sayuran yang direbus akan kehilangan polifenol atau zat kimia tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh sebanyak 38%. Padahal antioksidan sangatlah penting bagi ibu hamil karena dapat mencegah anak dengan lahir cacat.

Lantas bagaimana dengan makanan yang dikukus? Makanan yang dikukus jauh lebih baik dibandingkan dengan makanan yang digoreng dan direbus. Hal ini dikarenakan nutrisi makanan tetap terjaga selama proses pengukusan. Makanan yang dikukus bisa menjadi pilihan ibu hamil dalam memberikan nutrisi terbaik bagi si Kecil dalam kandungan. Metode mengukus juga bisa meningkatkan kandungan polifenol yang baik untuk janin. Sebab, saat mengolah makanan, sayuran tidak terendam air dan proses pemanasannya tidak berlebihan seperti merebus.

Eits, siapa bilang mengukus makanan itu bikin ribet? Saat ini sudah ada food processor yang bisa membuat makanan sehat dengan mudah. Dengan food processor juga, Moms bisa mengatur durasi lamanya memasak dengan menggunakan fitur timer sehingga mengukus pun praktis dan aman.

524 Babymoov Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mengolah Masakan yang Dikukus untuk Ibu Hamil

Memakan makanan yang dikukus terkadang bikin eneg. Bagaimana cara menyiasatinya?

Tips Mengencangkan Kulit Kendur Pasca Melahirkan

Kulit yang mengendur biasanya menjadi salah satu hal yang dialami ibu pascamelahirkan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum

Pada dasarnya stretch marks tidak bisa dihilangkan, tetapi masih bisa disamarkan. Bagaimana caranya?

Tips Mencegah Stretch Marks saat Hamil

Menurut The National Health Service, stretch marks biasanya terjadi ketika bb ibu hamil bertambah.