Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Gejala Umum Kehamilan Dan Penyebabnya

PREGNANCY  |  06 Dec '17

Untuk bisa mengetahui terjadinya suatu kehamilan, biasanya para wanita akan mengalami dan merasakan beberapa tanda kehamilan. Tanda kehamilan ini akan dirasakan oleh para wanita dengan tujuan supaya dirinya lebih menjaga kondisi kesehatan yang mana tengah mengandung janin dalam rahimnya. Selain dari itu, wanita yang sudah merasakan tanda kehamilan biasanya akan menghindari hal yang dilarang untuk ibu hamil.

Tanda kehamilan yang umum terjadi pada wanita ternyata tidaklah sedikit, ada banyak tanda kehamilan yang umum terjadi pada wanita. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kita akan simak dalam penjelasan berikut ini.

  1. Ngidam makanan tertentu.
    Tanda kehamilan pada wanita yang umum yaitu ngidam terhadap makanan tertentu. Tanpa suatu alasan yang sangat jelas, seorang wanita hamil biasanya akan menginginkan makanan yang tidak biasa diinginkan. Selain itu wanita hamil juga bisa berubah menjadi tidak suka dengan makanan yang pada awalnya dia sukai. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaruh hormon yang mungkin memberitahukan bahwa akan ada dampak tertentu jika wanita tersebut mengkonsumsi makanan itu.
  2. Susah buang air besar atau sembelit.
    Meningkatnya hormon progesteron pada masa kehamilan, menyebabkan adanya pengenduran pada otot dinding usus. Hal ini menyebabkan ibu hamil mengalami susah buang air besar atau sembelit.
  3. Sering merasa mual dan muntah.
    Tanda kehamilan yang sangat jelas yaitu sering merasa mual dan muntah, hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon HCG. Kadar hormon HCG yang mengalami peningkatan ini menyebabkan efek pedih pada bagian lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.
  4. Mudah merasa lelah.
    Wanita hamil biasanya lebih menyukai untuk berdiam diri di tempat tidur dan bermalas-malasan, alasannya karena mereka mudah merasa lelah. Penyebabnya yaitu karena meningkatnya hormon progesteron untuk adaptasi dengan kehadiran makhluk baru dalam rahim. Selain hal itu, menurunnya tekanan darah dan gula darah juga menyebabkan wanita hamil mudah merasa lelah.
  5. Semakin sering buang air kecil.
    Selama hamil, janin dalam rahim akan menimbulkan tekanan pada kandung kemih. Karena adanya tekanan pada kandung kemih ini, urin tidak dapat tertampung dalam jumlah yang banyak dan menimbulkan ibu hamil sering ingin buang air kecil.
  6. Sering meludah.
    Tanda kehamilan yang satu ini diakibatkan oleh meningkatnya hormon estrogen, hal ini biasanya terjadi pada saat kehamilan memasuki usia trimester pertama. Untuk tanda kehamilan yang satu ini biasanya akan menghilang saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

80 Babyologist Editor Send Message to Writer

Apabila content ini berguna bagi anda dan anda ingin menerima dan berbagi lebih banyak informasi yang bermanfaat, silahkan klik disini untuk register dan mendapatkan manfaat kebaikan lainnya.

Kami juga mengundang anda untuk dapat langsung bertanya kepada penulis (narasumber) kami mengenai topik ini.

Related Stories