Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Gejala Hamil yang Berbeda Pada Umumnya

11 Jul '18


Pada saat awal kehamilan akan banyak sekali perubahan hormon yang berubah pada tubuh. Jika mual, muntah-muntah dan telat menstruasi merupakan gejala umum yang biasanya datang ketika sudah 2 minggu sperma berhasil membuahi sel telur. Ada beberapa hal lain yang menjadi gejala anda hamil yang mungkin sangat jarang anda sadari.

Gejala umum yang biasanya dialami ketika memasuki masa kehamilan:

  • Payudara membengkak, pada awal kehamilan payudara anda akan mengalami perubahan yaitu seperti lebih sensitif dan linu, bahkan payudara terasa lebih penuh.
  • Lebih sering buang air kecil
  • Mual dan muntah (morning sicknes), mual dan muntah ini akan menyerang kapan saja, biasanya setelah 3 minggu masa kehamilan. Ini terjadi karena perubahan hormone pada awal kehamilan.
  • Cepat lelah, pada awal kehamilan hormone progesterone akan meningkat sehingga menyebabkan anda menjadi lebih cepat merasa lelah.
  • Mengidam atau bahkan kehilangan nafsu makan, pada awal kehamilan anda mungkin akan menjadi tidak menyukai suatu makanan, atau bahkan anda akan sangat menginginkan suatu makanan. Hal ini juga terjadi karena adanya perubahan hormone.

Gejala kehamilan yang jarang disadari

Selain gejala umum yang biasanya terjadi pada awal kehamil;an, ternyata ada beberapa tanda lain yang menandakan kehamilan yang jarang anda sadari. Diantaranya :

  • Kram perut 
    Kram perut yang terjadi pada perempuan ketika awal kehamilan ini hampir sama dengan kram perut yang terjadi pada saat akan mengalami mentruasi. Yaitu terjadinya kram perut ringan.
  • Perubahan mood 
    Perubahan suasana hati atau anda biasanya akan menjadi lebih senitiv dan cengeng adalah sebuah perubahan yang umum terjadi karena meluapnya jumlah hormon.
  • Pendarahan pada vagina 
    Terkadang aka nada bercak atau pendarahan pada vagina, hal ini terjadi setelah sperma membuahi sel telur kemudian menempel pada dinding Rahim biasanya terjadi pada 10-14 hari setelah masa pembuahan.
  • Sembelit 

    Perubahan hormone juga bisa memperlambat kinerja pencernaan, sehingga pada awal kehamilan jadwal buang air besar anda akan menjadi tidak teratur dan anda kesulitan buang air besar.
  • Pusing 
    Anda juga akan merasakan pusing karena perubahan hormon akan menyebabkan pembuluh darah melebar, dan tekanan pada darah menurun.
  • Suhu tubuh tinggi 
    Petunjuk awal kehamilan dapat anda ketahui ketika bangun tidur suhu tubuh anda akan lebih tinggi dari biasanya dan menetap hingga menstruasi selanjutnya. Ketika Moms telah mengukur suhu tubuh anda untuk mengetahui kapan anda berovulasi dan ternyata setelah dua minggu suhu tubuh anda terus naik ini menunjukan bahwa anda memasuki masa kehamilan.

Namun gejala-gejala diatas tidak selalu berarti bahwa anda hamil, karena tanda ini justru bisa jadi karena anda akan mengalami sakit atau haid, jadi tidak bisa dijadikan acuan. Namun jika ketika Moms mengalami gejala diatas dan anda juga telat datang bulan, sebaiknya segera melakukan tes kehamilan agar bisa memastikan bahwa anda sedang hamil atau tidak.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

973 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil Muda

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Pengaruh Flu dan Batuk Terhadap Janin

Flu dan batuk merupakan salah satu respon alami tubuh yang umumnya tidak berbahaya. Namun, bagaimana jika terjadi pada ibu hamil?

Kenali Pengaruh Demam Pada Ibu Hamil Terhadap Janin dan Penyebabnya

Moms, mari kenali pengaruh demam pada ibu hamil terhadap janin dan penyebabnya berikut ini.

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1?

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah Flu Tanda Hamil?

Selain terlambat haid, apakah ada tanda kehamilan lain yang bisa diketahui? Tentu ada. Mari simak bersama berikut ini.

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Memasuki tahap awal kehamilan, semua wanita pastinya akan mengalami gejala-gejala morning sickness. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi mual [...]

Denyut Jantung Janin Normal Selama Kehamilan

Bagaimana Moms tahu jika detak jantung Si Kecil dalam keadaan normal? Mari simak yang berikut ini.