Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Gavin's Food Allergy - Part 1

MY STORY  |  08 Aug '17


Salah satu informasi yang saya baca berkaitan dengan persiapan MPASI Gavin beberapa bulan lalu adalah mengenai alergi makanan. Ditambah dengan sharing dari beberapa teman yang anaknya sudah mulai MPASI duluan, jadi saya merasa topik alergi makanan ini adalah sesuatu hal yang perlu saya ketahui dengan baik. Lalu, dengan tujuan untuk mendeteksi dini alergi serta keinginan untuk memberikan jenis-jenis makanan padat secara bertahap untuk Gavin, maka saya menerapkan sistem pemberian menu tunggal dan diberikan selama 3 hari berturut-turut saat awal-awal MPASI.

Erm, pada prakteknya ngga semua menu saya tes 3 hari berturut-turut sih. Ada yang hanya saya tes selama 2 hari berturut-turut, dan kemudian di atas 2 minggu saya mulai gonta-ganti menu tiap hari. Tetapi untuk beberapa jenis makanan tertentu, tetap saya tes berikan selama 2-3 hari berurutan atau hanya menyelipkan 1 jenis makanan baru di hari itu untuk melihat apakah ada reaksi alergi pada Gavin atau tidak. Metode ini tetap saya lakukan sampai hari ini sehingga saya cukup aware makanan apa saja yang menimbulkan reaksi alergi pada Gavin 

Sejauh ini, Gavin alergi terhadap ikan salmon, daging ayam, anggur, oyong dan buncis prancis. Semua jenis alerginya termasuk alergi ringan sampai sedang, jadi ngga yang alergi berat. Reaksi alergi yang timbul pada Gavin adalah muncul ruam atau bercak merah pada area sekitar pipi dan dagu (menyerupai biang keringat) dan reaksi poop yang berlebihan / berkali-kali dalam satu hari (tapi bukan diare). 

Dan memang, reaksi alergi terhadap makanan ataupun food intolerance yang pada umumnya timbul pada bayi mulai dari alergi ringan sampai berat adalah :

  • gatal, merah-merah atau bahkan muncul eksim pada kulit
  • perut bayi membesar (kembung), poop-nya lebih cair atau mencret, tapi bisa juga bentuk poop-nya normal namun poop lebih sering dari biasanya
  • bayi lebih rewel karena rasa tidak nyaman pada organ pencernaannya
  • batuk
  • muntah
  • nafas tersengal-sengal
  • bibir dan tenggorokan bengkak

Karena itulah, penting banget bagi kita Mommies untuk aware terhadap alergi makanan ini. Bukan untuk bikin parno-parnoan dan menakuti diri sendiri yah, tapi paling tidak kita tau dan waspada, karena reaksi tiap bayi terhadap jenis makanan yang sama pastinya juga berbeda. Untungnya selama ini alergi yang dialami Gavin ngga sampe parah. Biasanya reaksi yang timbul akan menghilang dengan sendirinya, kecuali di satu kasus dimana Gavin sampai poop berlebihan. Hal ini terjadi baru-baru ini, saya sampai bawa Gavin untuk periksa ke dokter dua kali karena khawatir mengenai diare ataupun adanya bakteri/amoeba. 

Biasanya reaksi alergi pada bayi ini akan muncul beberapa jam setelah makanan dikonsumsi, namun ada juga reaksi alergi yang tidak langsung muncul pada saat makanan pertama kali dikonsumsi. Pada kasus Gavin, ini terjadi 2x loh.

Pertama, alergi salmon. Pada pemberian pertama kali (saya kasih waktu itu selama 3 hari), pipi dan dagu Gavin memang masih agak merah sedikit gara-gara alergi ayam, jadi setelah makan salmon hari itu, tidak ada reaksi tambahan apa-apa pada mukanya. Besoknya, ada sedikit tambahan bercak merah, cuma karena masih ada bekas alergi ayamnya, saya waktu itu hanya suspect /curiga aja, belum fix. Dan hari ketiga juga tidak memburuk, malah cenderung hilang. Setelah beberapa minggu berlalu, saya kasih salmon lagi. Nah, ini langsung muncul reaksinya. Pas lagi disuapin makan aja, saat itu juga muncul merah-merah pada pipi dan dagu. Tapi setelah sesi makan berakhir,ng ga lama bercaknya memudar. Pas makan sore, begitu lagi, disuapin makan langsung memerah lagi. So, fix alergi Salmon.

To be continued.

By Valent Cindy 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

768 Valent Cindy

Comments

BACA JUGA:

LATEST POSTS

Check List Perlengkapan MPASI Baby Salma

Buat Moms yang sedang mempersiapkan untuk memasuki tahap MPASI, perlu untuk baca tips berikut ini ya.

Gavin's Food Allergy - Part 2

Food allergy adalah salah satu hal penting yang Moms perlu perhatikan ketika memulai MPASI. Berikut cerita dari Mom Cindy.