Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Garam dan Gula untuk Bayi, Bolehkah?

06 Oct '17


Jika berbicara mengenai dunia MPASI, pastinya tidak lepas dari pro-kontra penggunaan gula dan garam pada bayi di bawah 1 tahun. Kalau dari berbagai sumber yang saya baca, penggunaan gula dan garam pada bayi di bawah 1 tahun memang tidak disarankan, namun mungkin pada kasus tertentu dimana anak susah makan, penggunaan gula garam diperbolehkan dengan catatan diperhatikan dengan baik untuk takarannya.  

Mengapa penggunaan garam disarankan tidak diberikan pada bayi berusia di bawah 1 tahun?

Karena :

  1. Kebutuhan garam pada bayi kurang dari 1 gram per hari. Sementara di dalam ASI ataupun susu formula, terdapat 0.4 gram kandungan sodium yang sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.
  2. Ginjal bayi belum bisa memproses garam dengan jumlah yang tinggi. Sistem pencernaan pada bayi masih teramat rapuh, dan salah satu bagian dari organ bayi yang termasuk paling rapuh adalah ginjal. Berbagai resiko di masa depan seperti kegemukan, hipertensi dan penyakit ginjal di usia muda juga mengintai. 

Bagaimana dengan gula? Sama seperti halnya garam, pemberian gula juga tidak disarankan untuk bayi di bawah 1 tahun. Namun banyak orangtua yang salah paham, tidak memberikan gula bukan berarti tidak memberi anak makanan manis sama sekali. Gula yang dimaksud ialah gula buatan yang dibuat lewat proses kimiawi seperti gula pasir, atau gula pada makanan kemasan. Hal ini dihindari karena :

  1. Gula dibuat dengan melalui berbagai tahap penyulingan di pabrik dan menggunakan bahan kimia yang bisa berbahaya untuk bayi
  2. Konsumsi gula di usia dini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi
  3. Kadar gula yang tinggi di dalam darah bisa menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh
  4. Resiko terkena diabetes dan obesitas kelak

Selain itu, penambahan penggunaan garam ataupun gula dalam makanan dikhawatirkan akan membuat anak menjadi "picky eater", artinya pemilih dalam makan, karena sudah terbiasa merasakan rasa yang gurih atau manis, maka kalau dikasih yang hambar sudah tidak mau lagi. Usia 6-12 bulan adalah masa-masa penentuan pola makan anak nantinya, bagaimana pola dia makan sekarang biasanya akan terbawa sampai dewasa nanti. 

Sebenarnya tanpa penambahan gula garam pada makanan pun, dalam beberapa makanan bayi sudah mengandung gula garam juga. Contohnya, gula yang terkadung pada buah-buahan, selain itu pada ASI, sayur, kacang-kacangan dan daging juga sebenarnya telah mengandung kadar garam yang alami demi mencukupi semua kebutuhan pada bayi, bahkan pada keju maupun mentega. Namun, semuanya kembali kepada pilihan Mommies masing-masing, kalau ada yang mau menambahkan gula garam pada makanan bayi, terutama jika anaknya susah makan, silahkan, asal dengan jumlah sewajarnya untuk bayi sebagai pemberi rasa saja, daripada anaknya susah makan. Setiap Ibu pasti tau apa yang terbaik buat anaknya.

Semoga bermanfaat.

By: Valent Cindy 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2469 Valent Cindy

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Penyelamat MPASI Bayi 6 Bulanku

Menaikkan berat badan anak kadang menjadi tantangan tersendiri buat para orang tua. Simak cerita berikut ini yuk!

Snack MPASI Potato Stick (12M+)

Anak kecil mana yang tidak suka kentang goreng? Alangkah baiknya jika kentang goreng kita modifikasi sehingga lebih sehat. Yuk, simak resep [...]

Resep MPASI Nasi Goreng, Rolade Ayam, Bola-bola Ayam Keju (12M+)

Moms, yuk coba resep nasi goreng, rolade ayam dan bola-bola ayam keju untuk si Kecil usia di atas 1 tahun berikut ini.

Snack MPASI Bayi 10 Bulan

Sering mencari variasi MPASI untuk anak diatas 10 bulan? Yuk, coba resep Tahu baso kukus ala Mom Mutia.

Tekstur, Frekuensi, dan Porsi MPASI menurut WHO

Bagi moms yang anaknya baru mau mulai MPASI pasti suka bingung ya kayak gimana sih MPASI yang harus diberikan ke si kecil?

MPASI Ikan Pindang ala Mom Fiko (18m+)

Ternyata ikan pindang bisa dijadikan menu MPASI. Yuk kita simak bagaimana resep dan cara membuatnya!

Porsi, Tekstur MPASI dan Takaran Air Putih

Mari pelajari porsi, tekstur, dan jumlah air putih yang tepat buat Si Kecil. Mom juga harus sesuaikan dengan usianya ya.

MPASI Tanpa MSG, Gula Dan Garam, Kenapa?

Bolehkah gula dan garam untuk MPASI? Topik yang sampai hari ini masih diperdebatkan. Yuk simak ulasan berikut.

Panduan MPASI Berdasarkan WHO

Tahukah moms, dalam pemberian MPASI memiliki panduannya sendiri dari WHO? Bagaimana seharusnya tata cara pemberian asupan tersebut?

Serba Serbi Memulai MPASI

MPASI merupakan asupan gizi yang sangat penting selain ASI. Namun, Moms harus memperhatikan saat yang tepat memberikannya.

Pro dan Kontra Gulgar Untuk Bayi

Bolehkan gula dan garam untuk MPASI? Topik yang sampai hari ini masih diperdebatkan. Yuk simak ulasan Mom Marlisa berikut.