Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Gadget, si Dua Mata Pisau

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  TODDLER  |  24 Jun '19


Generasi milenial kini pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan gadget. Nah sebagai orang tua juga tentunya kita harus mengikuti perkembangan zaman untuk bekal mendidik anak kita. Sejak mempersiapkan kelahiran Hara, saya banyak belajar bahwa penggunaan gadget bagi si kecil itu bagai dua sisi mata pisau. Baik atau buruknya akibat penggunaan gadget adalah hasil dari metode pengajaran kita sebagai orang tua.

Awalnya, saya sangat strict terhadap penggunaan gadget bagi Hara. Beberapa studi menyatakan bahwa untuk anak usia dibawah 2 tahun, seharusnya no screen time alias no gadget untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun karena saya ibu pekerja dan sehari-hari Hara bersama neneknya, mau tidak mau metode parenting kami pun seringkali berbeda. Di rumah neneknya, hampir setiap hari TV menyala walaupun tidak ada yang menonton. Kadang Hara juga dibiarkan menonton TV jika neneknya sedang beres-beres rumah.

Saya rasa, dampak negatifnya lebih besar daripada positifnya saat itu. Hara menjadi jarang tummy time dan tidak suka tengkurap lama lama. Dia lebih suka duduk. Hara juga lebih senang cooing dan menjadi tidak sabaran. 

Kecewa? Ya. Kami sepenuhnya tidak bisa menyalahkan itu pada orang lain. Tapi karena memang perbedaan parenting itu tidak bisa dihilangkan, maka saya berusaha untuk meminimalisasinya. Bagi saya, penggunaan screen time di rumah neneknya ini menjadi salah satu pelecut agar saya men"detox" Hara dengan hal-hal bukan berbau gadget saat pulang ke rumah. Di rumah, Hara kami berikan buku-buku, mainan edukatif dan tummy time untuk menggerakkan otot tubuhnya. Mungkin memang frekuensi bermain di rumah tidak sebanyak saat bersama nenek, namun bukan berarti orang tua harus tinggal diam kan yaa..

Beberapa tips dari saya untuk detoks gadget saat dirumah:

1. Berikan si kecil mainan atau buku untuk menghabiskan waktu luangnya

2. Rajin-rajin tummy time sambil explore sekitar rumah

3. Bermain di luar rumah sambil melihat alam

4. Jadikan momen sebelum mandi dan setelah mandi untuk pijat pijat sederhana bersama si kecil

5. Tidak menyusui sambil main gadget

6. Ikhtiar mengajak nenek ke dokter saat kontrol si kecil untuk menyamakan persepsi parenting.

Nah Moms, bagi siapapun ibu pekerja diluar sana dengan metode parenting berbeda dengan neneknya, percayalah, sang nenek sebenarnya baik dan tak ingin mencelakakan cucunya. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah memantau si kecil walaupun sudah terlanjur diberikan gadget/screen time. Karena sebagai orang tua, kita lah yang harus terus belajar dalam mendidik si kecil. Jadi jangan putus semangat ya Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

567 Okky Sri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Gadget bagi Anak Usia Di Bawah 2 Tahun?

Baguskah gadget untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun?

Yes or No to Gadget?

Gadget memiliki segudang dampak positif dan negatif. Lalu bagaimana cara memberikan gadget yang bijak pada anak?

Bolehkah Bayi Dikenalkan pada Gadget?

Kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak?

Meminimalisir Dampak Negatif Gadget pada Anak

Seperti apa tips Mom Ottelie dalam memberikan gadget pada si Kecil?