Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Fungsi, Manfaat, Dan Efek Samping Imunisasi MMR

HEALTH TIPS  |  21 Apr '18

Imunisasi MMR adalah imunisasi yang termasuk kedalam kelompok imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah, imunisasi ini diberikan pada bayi dan anak-anak. Imunisasi MMR ini sangat dianjurkan mengingat resiko yang ditimbulkannya berbahaya bagi kesehatan. MMR merupakan singkatan dari mumps (gondong), measles (campak) dan rubella (campak biasa). Berarti vaksin tersebut memiliki kombinasi tiga komponen. Selain itu, fungsi imunisasi MMR mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan dari tiga jenis penyakit tersebut.

Imunisasi MMR ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Penyakit MMR ini sangat berbahaya, terutama pada ibu hamil. Bahkan imunisasi MMR sendiri akan menimbulkan efek samping saat sudah melakukan suntik MMR. Tetapi gejala yang ditimbulkan tidak berbahaya dan hanya menimbulkan efek samping ringan saja. Namun ada beberapa orang yang mengalami reaksi alergi, maka jika seseorang mempunyai riwayat alergi, sebaiknya konsultasikan atau periksa ke dokter terlebih dahulu.  

Fungsi imunisasi MMR yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga merangsang dan membentuk imunitas terhadap penyakit gondong, campak dan campak jerman. Penyakit gondong dapat menimbulkan gejala seperti demam, nyeri di bagian sendi, sakit kepala dan pembengkakan di bagian leher. Campak merupakan penyakit yang berasal dari virus yang menimbulkan gejala demam, batuk, pilek, merah di bagian mata, disertai bintik-bintik merah di bagian kulit. Sedangkan campak jerman juga disebabkan dari virus sehingga menimbulkan demam, nyeri sendi, pilek, batuk, pembengkakan di bagian kelenjar dan bintik-bintik merah pada kulit. Jadi, melakukan imunisasi MMR itu penting guna mencegah dan melindungi tubuh dari ketiga penyakit tersebut.

Pemberian vaksin MMR dianjurkan untuk anak usia 15-18 bulan. Selanjutnya pemberian imunisasi vaksin tambahan pada usia 6 tahun. Cara memberikan vaksin MMR yaitu dengan cara menyuntikan vaksin kebagian otot lengan sehingga vaksin tersebut akan masuk kedalam tubuh. Cara pemberian dosis vaksin MMR yaitu 0,5 mm untuk satu orang.

Beberapa anak akan mengalami efek yang bermacam-macam. Bahkan ada yang tidak mengalami gejala apapun. Tetapi gejala yang sering ditemukan oleh anak yang sudah melakukan imunisasi MMR seperti demam dan pembengkakan pada kulit bekas suntikan. Sedangkan efek samping seperti gejala muntah, sakit kepala, nyeri di bagian tangan atau beberapa bagian tubuh lainnya mengalami kekakuan masih jarang ditemukan.  

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

1367 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories