Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Flu Saat Hamil, Bahayakah?

OTHERS  |  PREGNANCY  |  09 Aug '18

Pernahkah Moms mengalami flu saat hamil? Meskipun flu dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang ringan, namun tetap saja harus diwaspadai. Flu adalah salah satu penyakit yang dibawa oleh infeksi virus.

Penyakit ini bisa datang pada siapa saja baik pada bayi, anak-anak, orang dewasa, bahkan pada Moms yang sedang hamil. Flu seringkali terjadi pada musim pancaroba. Sebenarnya penanganan penyakit ini cukup mudah, yaitu menggunakan obat-obatan alami dan memperbanyak istirahat. Lantas, apakah ada dampak flu terhadap wanita hamil?

Dampak Flu Terhadap Wanita Hamil

Flu akan berbahaya jika Moms terus membiarkannya tanpa pengobatan sama sekali. Terdapat beberapa masalah pada kehamilan yang bisa terjadi karena flu. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Prematuritas
    Moms yang menderita flu selama kehamilan berpotensi melahirkan bayi yang belum cukup bulan atau dikatakan sebagai bayi prematur. Selain itu, berat badan bayi juga lebih rendah kurang dari 2500 gram. Bayi yang terinfeksi flu juga memiliki tingkat kematian yang tinggi dibandingkan bayi yang tidak terinfeksi flu.

  2. Bipolar
    Penelitian membuktikan bahwa wanita hamil yang sering mengalami flu di saat hamil memiliki risiko 4 kali lipat melahirkan bayi dengan gangguan bipolar. Bipolar ini membuat perubahan pada suasana hati seperti putus asa dan depresi. Bahkan, gangguan ini dapat berlangsung lama.

  3. Schizophrenia
    Virus influenza menimbulkan gangguan pada oksigen yang dibutuhkan ibu. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada janin. Kurangnya pasokan yang dibutuhkan janin di plasenta mempengaruhi volume pada bagian otak besar bayi. Dampaknya, bayi akan mengalami gangguan dalam hal mengingat.

Selain ketiga dampak di atas, dampak lain yang akan dialami oleh bayi dengan flu yang diderita ibunya selama hamil adalah autisme. Maka, Moms yang sedang hamil harus benar-benar menjaga kesehatan agar Moms dan janin tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

599 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories