Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Flashback Hamil

MY STORY  |  PREGNANCY  |  04 Oct '19


Bagi saya, hamil itu merupakan suatu candu yang luar biasa memabukkan. Even (maybe) it’s only for sentimental reason, tetap saja saya sering merasa rindu dengan masa kehamilan. Mulai dari bulan Desember 2017 hingga 40 minggu kemudian, saya merasakan banyak hal yang menyenangkan saat hamil. Walau perjalanan kehamilan saya tidak mulus, tapi perasaan ajaib yang sulit dijabarkan dengan kata-kata ini yang terkadang membuat saya rindu masa kehamilan. Menuruti saran dokter untuk menjalankan minor bed-rest selama 40 hari adalah salah satu hal yang memperlihatkan bagaimana seorang ibu ingin melindungi anaknya, bahkan sebelum anaknya lahir. Menurut saya, kehamilan itu merupakan momen yang intim antara ibu dan anak.

Ada banyak hal yang saya rasakan saat hamil, seperti:

1. Perubahan bentuk tubuh terutama bagian payudara dan perut tentunya. Kalau masih single, perut buncit rasanya mengganggu sekali, tapi begitu hamil, pakai baju yang bisa memperlihatkan baby bump rasanya menyenangkan sekali!

2. Banyak orang yang tersenyum ketika melihat perut buncit karena sedang hamil, seakan ikut mendoakan agar calon bayi tumbuh sehat dan lahir dengan selamat. Eh tapi sebatas senyum manis ya, saya agak risih kalau ada orang asing yang tiba-tiba terlalu antusias dengan perut hamil orang lain kemudian langsung memegang sembarangan hehe.

3. Di trimester pertama biasanya terjadi masa transenden yang khidmat, entahlah, mungkin ini hanya saya saja. Tapi karena perubahan fisik belum terlihat dan saya hanya mengabarkan pada orang terdekat, terkadang saya seperti menyimpan rahasia berdua dengan si janin. I know something grow inside my womb, but people around me don’t.

4. Rahasia lainnya adalah ketika si janin bergerak, cegukan atau menendang. Tentu saja suami bisa tahu, jika kita beritakan. Tapi kan, kalau tidak dikasih tau, he won’t notice it, unless si suami beruntung, tangannya lagi pegang perut dan si janin menendang, yang mana di masa saya hamil hal itu jarang terjadi karena Nabilla ternyata janin yang jual mahal. Haha!

5. Belajar hidup sehat semasa hamil yang bisa jadi modal untuk hidup sehat selamanya jika bisa konsisten menjalankannya. Kapan lagi mau rajin makan sayur dan buah untuk mendapatkan gizi seimbang, sampai rajin olah raga demi menjaga stamina atau sekadar membantu bayi masuk ke jalan lahir. Kenapa kita rela berubah menjalani hidup sehat?

6. Kalau ketiduran, tidak ada yang protes, kan lagi hamil! Power nap semasa hamil itu menyenangkan sekali.

7. Kontrol ke dokter, selain untuk memastikan janin sehat, bisa melihat janin di mesin USG dan mendengar detak jantungnya adalah sangat membahagiakan. Percaya atau tidak, saya hobi banget ngeliatin hasil USG yang dicetak. It feels surreal!

8. Perubahan hormon yang paling absurd semasa hidup, ya terjadi selama hamil. Mungkin ini bukan hal yang menyenangkan karena nonton iklan saja bisa bikin leher tercekat kemudian menangis, tapi ada satu perasaan yang juga berubah semasa hamil, ini tidak bisa dijelaskan.

Ya kan?

Setelah masa hamil yang penuh dengan keajaiban, tanggal 21 Agustus 2018 saya melahirkan seorang anak perempuan melalui proses normal. Ini juga rasanya percaya nggak percaya, bisa melahirkan normal padahal riwayat hb saya rendah, badan pendek, panggul kecil. Prosesnya pun ternyata less drama (persis seperti doa saya, yang nggak mau ada adegan melahirkan ala sinetron hahaha).

Setelah meraba-raba kalau rasa tidak nyaman yang dirasa adalah kontraksi, pukul 01.00 malam, kami berangkat ke RS. Pukul 02.00 langsung masuk IGD, berbaring, udah gak tau bukaan berapa dokter cuma ngomong udah waktunya lahir. Dan akhirnya ketuban pecah. Dan selanjutnya kontraksi yang teryata sakit itu membuahkan hasil. Alhamdulillah. Pukul 3.15 akhirnya Nabilla lahir. IMD lancar, jahit juga lancar. And how does it feel?

OMG!!! I have a baby!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

270 Rahayu Pratiwi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?