Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kesuburan Rambut Anak

HEALTH TIPS  |  12 Jul '18

Setiap Mom pasti ingin memiliki anak yang mempunyai rambut yang subur dan sehat. Bahkan beberapa Mom rela mencukur habis (menggundulkan, membotaki) rambut anak sewaktu masih bayi dengan harapan dapat menyuburkan rambut mereka. Apakah pendapat ini benar? Ternyata hal ini tidak selalu benar, karena ada sebagian yang kemudian malah tidak kunjung tumbuh ataupun pertumbuh rambutnya tidak merata kendati sudah berulang kali dibotakin. Bersoal tentang kesuburan rambut anak, ternyata Mom juga harus tahu bahwa pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

Faktor Keturunan

Faktor keturunan (Genetik) disebut merupakan faktor yang sangat dominan dan sebagai penentu bagi pertumbuhan rambut bayi. Jika kedua orangtuanya memiliki rambut yang tebal, hitam, dan sehat, maka rambut dari ayah dan ibunya dapat diturunkan kepada bayi secara langsung.

Faktor Makanan

Kalau ternyata faktor genetik tidak mendukung, pertumbuhan rambut juga dapat dirangsang melalui makanan. Asupan yang dapat membantu pertumbuhan rambut anak agar lebih sehat dan subur sebaiknya yang banyak mengandung vitamin B, B-1, E dan C; yang mengandung L-cysteine, omega-3, zinc juga zat besi. Kandungan tersebut terdapat pada ikan salmon, susu, telur, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran berwana hijau tua.

Faktor Lingkungan

Lingkungan yang kurang bersih, debu, terik matahari yang langsung memapar rambut anak ternyata juga memengaruhi pertumbuhan rambut anak. Sehingga kebersihan dan perlakuan terhadap rambut juga harus diperhatikan. Perawatan dengan bahan-bahan tradisional sangat disarankan, Mom bisa menggunakan minyak kemiri, minyak zaitun, lidah buaya, madu, daun seledri, minyak kelapa, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

By: Sarah Brahmana.

BACA JUGA: Tips Atasi Cacar Air Pada Anak

143 Sarah Brahmana Send Message to Writer

Related Stories