Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Fakta Tentang Anak yang Sedang Tumbuh Gigi

OTHERS  |  05 Jul '18

Waktu itu usia Abdiel 6,5 bulan, pertama kali dia tumbuh gigi dan langsung tumbuh 2. Tidak ada tanda-tanda khusus, yang saya masih ingat waktu itu tiap dia menyusu, dia selalu gemes dan menggigit puting, hal ini membuat saya kaget. Tanda-tanda lainnya adalah rewel pada jam dini hari, entah kenapa ya Abdiel dari tumbuh gigi pertama sampai sekarang kalau rewel pas banget di jam dini hari, sekitaran jam 3 sampai 4 subuh. Tanda lainnya lagi adalah Abdiel suka menggaruk-garuk pipi, memasukkan jarinya ke mulut, dan soal MPASI dia tidak mau makan yang teksturnya kasar dan maunya turun tekstur, but it's okay

Oh iya, tentunya tumbuh gigi pada bayi ini pastinya membuat dia tidak nyaman. Yang sering terjadi pada bayi saat tumbuh gigi adalah rewel, dan sayangnya si anak belum bisa berkomunikasi jika ada yang salah pada gusinya. Akibatnya, anak akan jadi rewel tanpa sebab yang jelas. Untuk itu, Mom perlu memerhatikan dan memahami apa saja tanda gigi bayi mau tumbuh.

Usia Berapa Gigi Bayi Mulai Tumbuh?

Gigi bayi akan tumbuh secara bertahap. Pada umumnya, pertumbuhan gigi pada bayi terjadi di usia 6 bulan. Namun, gigi beberapa bayi bisa tumbuh lebih cepat lagi, yaitu sekitar usia 4 bulan. Biasanya gigi bayi tumbuh berpasang-pasangan, baik sepasang dulu di atas maupun sepasang dulu di bawah. Jangan khawatir jika gigi anak moms belum muncul juga. Gigi pertama yang tumbuh di usia 12 bulan masih dianggap wajar dan sehat.

Tanda-tanda Gigi Bayi Mau Tumbuh

Jika anak Moms tidak menunjukan gigi yang muncul pada gusi, maka perlu diperhatikan tanda-tanda yang mengindikasikan gigi bayi akan tumbuh, Perlu diingat, pada setiap bayi tanda-tanda yang ditunjukkan bisa berbeda-beda. Bahkan pada beberapa kasus, bayi tidak akan menunjukkan tanda-tanda apa pun saat giginya mau tumbuh. Hal ini juga masih termasuk normal. Berikut adalah tanda gigi bayi mau tumbuh:

Mengeces

Pada saat gigi bayi mom akan tumbuh, produksi air liur tentunya akan meningkat, maka bayi akan mudah mengeces. Pada kasus tertentu beberapa bayi akan mengalami ruam, disekitar mulut, dagu, dan leher. Karena air liur yang lembab terus membasahi wajah bayi, untuk antisipasinya biasanya saya memberikan slaber/tatakan iler pada daerah leher Abdiel misal tidak ada pun bisa langsung dilap saja.

Menangis

Pastinya saat gigi tumbuh, gusi menjadi meradang dan pastinya ini membuat bayi merasa tidak nyaman dan menyakitkan. Jaringan-jaringan gusi yang masih sangat rawan bisa mengalami peradangan, terutama pada pertumbuhan gigi-gigi pertama bayi. Dan inilah yang menyebabkan rasa nyeri itu muncul, biasanya Abdiel saya beri es batu, yoghurt, MPASI dingin untuk meringankan rasa nyeri pada gusinya, dan dengan catatan si anak tidak memiliki riwayat alergi makanan dingin.

Menggigit

Ini sering terjadi jika anak sedang tumbuh gigi, hal ini saya alami saat Abdiel tumbuh gigi pertama sampai sekarang. Tekanan dari gusi yang dirasakan bayi ketika giginya mau tumbuh akan terasa sangat tidak nyaman. Bayi pun jadi sering menggigit benda-benda di sekitarnya, termasuk ibunya. Jika anak menyusu langsung diputing Mom, mungkin puting akan menjadi sasaran menggigit untuk dia. Biasanya jika dia sudah mulai menggigit-gigit benda, langsung berikan teether/buah yang dingin. Hindari pemberian empeng ya, karena empeng menurut saya bisa mengubah struktur rahang. Tapi itu kebijakan masing-masing para ibu.

Gusi Membengkak dan Memerah

Pasti kalau Mom perhatikan, di saat anak sedang tumbuh gigi, gusinya membengkak dan memerah serta mengeluarkan guratan-guratan merah. Hal ini wajar bagi bayi yang giginya mau tumbuh. Kalau bagian gusi tersebut berada dalam jangkauan Anda, maka ANda bisa memberikan pijatan ringan pada gusinya dengan jari yang bersih. Bayi mom mungkin akan kaget ketika pertama kali melakukan ini, tetapi ia akan merasa lebih nyaman setelah gusinya dipijat. Mom juga bisa memijatnya dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air dingin.

Sering Bangun di Malam Hari

Rasa tidak nyaman yang diderita bayi tidak hanya muncul di pagi atau siang hari saja. Bahkan ketika bayi sedang tidur, ia bisa terbangun karena rasa sakit atau gatal pada gusinya. Perhatikan jika bayi sering terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas dan di jam yang tidak biasa. Bisa jadi ini tanda gigi bayi mau tumbuh.

Susah Makan

Ini sering terjadi pada Abdiel, tapi lebih tepatnya kalau dia dibarengi dengan sakit batuk dan pilek, dan biasanya abdiel kalau susah makan maunya turun tekstur mungkin karena gusinya bengkak dan terasa nyeri jadi dia tidak ingin mengunyah tekstur yang keras. Karena mulutnya terasa tak nyaman, wajar saja jika bayi jadi kehilangan nafsu makan. Jika berbagai cara sudah Mom lakukan dan bayi tetap rewel atau menolak makan, segera hubungi dokter anak. Bayi mungkin diresepkan obat pereda nyeri yang aman seperti sanmol, biasanya sanmol selalu ada dirumah, jaga-jaga kalau si anak terkena demam/tumbuh gigi.

Menarik-narik Telinga atau Garuk-Garuk Pipi

Bayi akan mulai menarik-narik daun telinganya atau menggaruk pipinya ketika giginya mau tumbuh. Ini karena dia gusi akan terasa sedikit gatal dan tak nyaman, sementara bayi tidak bisa menjangkau ke bagian gusi tersebut. Supaya bayi tidak lecet atau terluka karena hal ini, Mom bisa mencoba mengalihkan perhatiannya atau menawarkan mainanan teether.

Demam

Namun tidak semua tumbuh gigi akan mengalami demam, paling hanya menunjukan gejala-gejala diatas tanpa mengalami demam. Namun jika peradangan yang terjadi pada gusi cukup serius, bayi mungkin mengalami demam. Akan tetapi, demam yang disebabkan oleh peradangan gusi karena gigi bayi mau tumbuh biasanya tidak begitu tinggi. Jika demam bayi mencapai 38 derajat Celsius ke atas, berarti penyebabnya bukanlah gigi yang mau tumbuh.

Memasukan Tangan ke dalam Mulut

Untuk meredakan rasa tidak nyaman atau gatal yang muncul, bayi akan sering memasukkan tangannya ke dalam mulut. Maka sebaiknya Mom menjaga agar tangan, mainan, dan benda-benda yang mungkin disentuh bayi tetap bersih.

Semoga bermanfaat.

By: Kurnia Nova Dayanti.

490 Kurnia Nova Dayanti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan didefinisikan sebagai tumor ganas di faring, laring, atau amandel.

Bisakah Seorang Wanita Berovulasi Lebih Dari Satu Kali Per Siklus?

Apakah moms mengetahui bagaimana seorang wanita berovulasi dan akhirnya mengalami pembuahan? Yuk, simak informasinya!

Ide Bermain Anak - Pattern Game

Masih banyak barang bekas yang bisa dikreasikan untuk jadi mainan si Kecil loh Moms! Yuk, coba permainan berikut.

Apa itu Sindrom Down?

Apakah Moms pernah mendengar tentang sindrom down? Apa jenis, penyebab sindrom down dan bagaimana efeknya?

Cara Membuat Bubur Beras Merah dengan Ayam, Kimchi, dan Jamur

Bubur, bisa digunakan untuk segala hidangan, termasuk hidangan untuk si Kecil loh Moms! Yuk, simak resep berikut.

Tips Menurunkan Berat Badan Pada Ibu Menyusui

Hi Moms, apakah baru saja melahirkan si Kecil dan ingin menurunkan berat badan? Bagaimana cara yang baik?

Mengatasi Baby Blues Pasca Lahiran, Ini dia Tipsnya!

Apakah Moms mengalami depresi pasca melahirkan atau baby blues? Yuk, simak tips menghadapinya ala mom Nadira.

Penyebab Penebalan Dinding Rahim yang Jarang Diketahui

Apakah Moms mengetahui bagaimana dinding rahim menjadi lebih tebal? Apakah yang akan terjadi jika dinding rahim tebal?

Breastfeeding Gear, Buy or No?

Bingung menyiapkan perlengkapan menyusui untuk si kecil Moms? Yuk, simak pengalaman mom Indah berikut.

Exclusive Privilege: BRANDS Saripati Ayam

Get a chance to try and feel the difference during pregnancy/breastfeeding with BRANDS Saripati Ayam.

Ini Gejala-gejala Turun Berok yang Dapat Terjadi pada Siapa Saja

Apakah Moms mengetahui bahwa turun berok bisa terjadi pada orang dewasa bahkan anak-anak? Yuk, kenali gejalanya!

Tips Menghadapi Mom Shaming Saat Bersilaturahmi

Apakah Moms sering mendapatkan shaming dari Moms lain? Bagaimana cara menghadapinya? Yuk, simak tips ala Mom Maharani.

Ini Waktu yang Tepat Bagi Moms untuk Memulai Terapi Pijat Setelah Melahirkan

Apakah Moms baru melahirkan dan ingin melakukan terapi pijat? Yuk, simak waktu yang tepat melakukan terapi pijat.

Benarkah Ukuran Payudara Pengaruhi Produksi ASI?

Apakah ukuran payudara pengaruhi produksi ASI? Sebenarnya apa yang mempengaruhi produksi ASI seorang ibu?

Tips Traveling Menggunakan Pesawat Bersama si Kecil

Apakah Moms ingin mencoba travelling bersama si Kecil? Yuk, simak beberapa tips berdasarkan pengalaman mom Tara.

Tips Tamasya Bersama Anak

Tentunya kita sangat senang jika ingin berliburan bersama keluarga. Yuk, simak tips berikut agar perjalanan lancar.

Tips Family Travelling Bersama Balita

Liburan bersama keluarga adalah moment yang selalu ditunggu, yuk simak tips travelling ala mom Charisma.

Kapan Sebaiknya Hamil Anak Kedua?

Apakah Moms berencana untuk menambah anak? Sebenarnya berapa lama saat yang baik untuk menambah anak selanjutnya?

Ini Jenis dan Gejala Penyakit Radang Usus yang Perlu Diwaspadai

Apakah Moms mengalami beberapa gejala seperti demam, diare, nyeri perut, dll? Waspada radang usus Moms!

5 Gejala Awal Kanker Payudara

Apakah Moms memiliki beberapa gejala seperti gatal dan sakit serta kulit memerah pada area payudara? Waspada kanker!