Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Fakta Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-17

PREGNANCY  |  14 Mar '19

Pada perkembangan kehamilan di minggu ke-17, janin sudah hampir seukuran lobak dan beratnya sampai 150 gr serta panjang sekitar 12 cm dari kepala sampai ujung kaki. Pada usia kehamilan yang termasuk periode trimester kedua ini, tentunya ada beberapa hal khusus yang harus Moms perhatikan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini ya Moms.

Fakta Kehamilan Usia 17 Minggu

  1. Perubahan Tubuh
    Saat perkembangan janin usia 17 minggu, perubahan bentuk dan ukuran payudara semakin tampak. Akan tetapi perlu Moms ketahui, sebenarnya perubahan sudah terjadi sejak awal kehamilan.
    Perubahan tersebut terjadi karena pengaruh hormon kehamilan dalam mempersiapkan tubuh memproduksi ASI. Darah akan mengalir lebih banyak ke saluran ASI dan payudara akan tumbuh dalam mempersiapkan Moms untuk menyusui.

  2. Hilangnya Gejala yang Mengganggu Kehamilan
    Pada usia 17 minggu kehamilan, Moms akan mulai menikmati masa kehamilan tanpa harus dihantui gejala mengganggu seperti saat masa awal kehamilan. Karena itulah, Moms sudah bisa mulai beraktivitas lebih santai daripada sebelumnya. Selain itu, risiko keguguran juga akan menurun seiring menguatnya janin di dalam rahim.

  3. Produksi Hormon Mulai Diambil oleh Plasenta
    Mulai perkembangan kehamilan di minggu ke-17, produksi hormon kehamilan mulai diambil oleh plasenta. Ibu hamil akan merasakan kondisi yang lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Jika sebelumnya Moms merasakan mual, kram, pusing lelah dan muntah, perasaan tersebut akan berangsur-angsur menghilang.

  4. Moms Jadi Sulit Bergerak
    Karena bayi mengalami pertumbuhan pesat, maka secara otomatis perut Moms juga akan bertambah besar. Moms akan sedikit sulit bergerak karena bagian bawah perut membesar bahkan membengkak. Moms akan mengalami kenaikan berat badan hingga 5 kg. Dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya, nafsu makan Moms meningkat.

  5. Posisi Tidur Berubah
    Pada usia kandungan 17 minggu, Moms harus memerhatikan posisi tidur. Moms sudah tidak dapat bergerak dan berubah posisi tidur secara leluasa. Untuk menghindari pegal-pegal, ubah posisi dari telentang ke miring dengan perlahan. Jangan melakukan perubahan posisi secara mendadak karena dapat menyebabkan pusing, nyeri dan pingsan mendadak.

Perubahan yang Terjadi pada Masa Kehamilan 17 Minggu

  • Perubahan Emosi
    Selain terjadi perubahan fisik, usia kehamilan 17 minggu ini juga membawa perkembangan pada perubahan emosi. Moms akan menjadi lebih emosional dan sensitif. Moms juga kemungkinan akan melakukan hal yang tidak biasa dilakukan atau belum pernah dilakukan misalnya terlalu lama memilih baju karena terlalu mempertimbangkan perubahan bentuk tubuh.

  • Janin Mengalami Pertumbuhan
    Perlu diketahui Moms, dalam usia ini janin akan mengalami pertumbuhan fisik seperti kaki, jari dan tangan. Pertumbuhan ini akan berlangsung selama proses kehamilan sampai janin lahir. Jadi, bagi Moms yang masih dalam perkembangan kehamilan di minggu ke-17, ada baiknya untuk terus mengonsumsi makanan bergizi. Mulai dari makanan yang mengandung kalsium dan vitamin yang dapat melancarkan pertumbuhan janin.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

108 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories