Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  10 Jun '22


Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah saat hamil pertanda janin kuat. Namun, ada pula yang berpendapat sebaliknya. Kebiasaan mual disertai muntah pada ibu hamil dikhawatirkan bisa menghambat peningkatan berat badan. Padahal, berat badan yang tidak bertambah pada usia kehamilan yang masih muda adalah hal yang wajar. Lalu, bahayakah jika ibu hamil terus-terusan mengalami mual dan muntah?

Apakah Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat? Ini Faktanya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengalami mual dan muntah memiliki risiko keguguran yang lebih kecil daripada ibu hamil yang tidak mengalami gejala tersebut. Mual muntah saat hamil menandakan peningkatan hormon yang diperlukan selama masa kehamilan.

Dilansir dari jurnal The University of Chicago Press Journals, pendapat mengenai mual dan muntah selama hamil menandakan janin kuat tidak sepenuhnya benar. Begitu juga dengan wanita hamil yang jarang atau tidak mengalami gejala, belum tentu janin yang dikandung kuat dan aktif.

Faktanya, mual muntah yang dialami ibu hamil adalah hal wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena penyebabnya adalah terjadi peningkatan hormon HCG (human chorionic gonadotropin). Mual dan muntah merupakan respon tubuh untuk mengimbangi kenaikan hormon tersebut. Kondisi ini terjadi mulai awal kehamilan hingga usia kehamilan mencapai 22 minggu. Beberapa ibu hamil bahkan bisa mengalami gejala tersebut sepanjang masa kehamilan.

Baca Juga: Lindungi Tulang Leher, Bahu, & Tulang Belakangmu Selama Menyusui

Adapun fungsi dari hormon HCG pada ibu hamil adalah melindungi janin dari asupan zat yang berbahaya. Sebab itulah, jika ada zat berbahaya yang masuk, tubuh ibu hamil langsung memberi respon dengan mual dan muntah.

Selain hormon HCG, ada juga jenis hormon lainnya yang jumlahnya meningkat selama kehamilan yaitu estrogen. Beberapa penelitian menyebutkan peningkatan hormon estrogen mampu memperparah gejala mual muntah pada ibu hamil.

Bagaimana Cara Meringankan Gejala Mual dan Muntah Selama Hamil?

Beberapa ibu yang baru merasakan kehamilan pertama kali pasti merasa was-was jika mengalami mual dan muntah berlebihan. Apalagi, jika menyebabkan berat badan turun, sudah pasti akan timbul banyak pertanyaan termasuk sampai kapan bumil mual muntah?

Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda. Ada yang mengalami mual muntah selama hamil, tapi ada juga yang tidak. Beberapa mengalami mual muntah dari awal kehamilan hingga melahirkan. Kondisi ini tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya bisa diringankan dengan cara berikut:

  1. Menghindari Makanan yang Berlemak dan Pedas

Selama masa kehamilan, metabolisme tubuh menjadi sangat lambat. Sebab itulah, untuk meringankan gejala mual dan muntah salah satu solusinya adalah dengan memilih makanan yang bersifat netral. Mengonsumsi makanan pedas dan berlemak justru akan semakin memperburuk mual muntah, terutama yang terjadi di pagi hari atau disebut juga morning sickness. Makanan pedas dan berlemak bisa menghasilkan gas yang dapat memicu gejala mual dan muntah.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Pertanyaan mengenai apakah mual muntah saat hamil pertanda janin kuat membuat Moms merasa was-was jika mengalami gejala tersebut. Pasalnya, mual dan muntah membuat nafsu makan berkurang sehingga dikhawatirkan berpengaruh pada berat lahir bayi nantinya.

Padahal, mual dan muntah hanyalah berupa cara tubuh bereaksi atas kenaikan hormon yang terjadi. Jadi, kondisi tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan kondisi serta perkembangan janin. Salah satu solusi untuk meringankan muntah mual adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein agar tidak memperparah gejala mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil.

  1. Menghirup Udara Segar

Gejala mual dan muntah biasanya dibarengi dengan rasa sakit di kepala karena kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam darah. Sebab itulah, untuk meringankan mual dan muntah, Moms bisa keluar rumah lalu hirup udara segar sebanyak-banyaknya. Langkah ini juga bisa dilakukan dengan membuka jendela di rumah supaya udara segar bisa masuk. Jika pasokan oksigen dalam tubuh terpenuhi, maka badan akan menjadi lebih segar dan gejala mual muntah tidak akan terlalu parah.

  1. Menghirup Minyak Lemon

Ada banyak cara yang bisa Moms praktikkan untuk mengurangi rasa mual serta muntah saat hamil. Salah satu di antaranya adalah dengan menghirup minyak lemon.

Sebuah penelitian dari Italian Red Crescent Medical Journey menunjukkan bahwa dengan menghirup minyak lemon bisa mengurangi gejala mual muntah selama masa kehamilan. Aroma yang dihasilkan dari minyak lemon dapat memberikan rasa nyaman sehingga gejala tersebut bisa sedikit diredakan.

  1. Mengkonsumsi Jahe

Ibu hamil yang usia kandungannya baru memasuki trimester pertama memang sering mengalami mual dan muntah. Bahkan, gejala ini tidak hanya datang di pagi hari tapi sepanjang hari. Tentu, kondisi ini akan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Bantal Tinggi Membuat Tidur Nyenyak? Mitos atau Fakta?

Mual muntah selama hamil memang tidak bisa diobati. Namun, Moms bisa mengurangi gejalanya agar tidak parah. Solusi yang sering dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi jahe. Jahe bisa dijadikan minuman yang menyegarkan dengan menambahkan gula merah agar rasanya lebih nikmat. Meski bersifat herbal, Moms sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter karena konsumsi jahe yang tidak sesuai takaran bisa membahayakan kondisi janin.

  1. Istirahat yang Cukup

Salah satu pemicu mual dan muntah saat hamil adalah kondisi tubuh yang kelelahan. Terutama, bagi Moms yang suka bepergian selama hamil, gejala ini akan semakin parah. Sebab itulah, pergunakan waktu semaksimal mungkin untuk beristirahat dan jangan terlalu banyak beraktivitas.

Meski banyak yang menganggap bahwa mual muntah saat hamil pertanda janin kuat, namun sebaiknya Moms tetap waspada. Jangan sampai terlalu lelah karena bisa berpengaruh juga terhadap kondisi si calon bayi. Wanita hamil biasanya akan mudah capek karena beban yang ditanggung badan dua kali lipat lebih berat. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih banyak beristirahat di rumah agar tidak memperburuk gejala mual dan muntah.

  1. Makan Camilan

Kondisi perut yang kosong bisa memicu gejala mual muntah saat hamil. Karena itu, perbanyak makan camilan saat hamil agar keadaan perut terisi. Namun, jangan mengkonsumsi camilan terlalu banyak juga. Sebab, kondisi perut yang terlalu kekenyangan juga bisa mengakibatkan munculnya gejala mual dan muntah.

  1. Menghindari Penyebab Mual dan Muntah

Apakah mual muntah menandakan janin berkembang? Mual dan muntah merupakan hal wajar yang dialami oleh ibu hamil dan bukan perkara yang mengkhawatirkan. Namun, kondisi tersebut tidak 100% menggambarkan perkembangan janin. Untuk mengetahui kondisi kesehatan serta perkembangan calon buah hati sebaiknya Moms periksa langsung ke dokter.

Untuk meringankan mual muntah selama hamil, cara yang paling tepat adalah menjauhi penyebabnya. Misalnya saja pemicu mual muntah berasal dari benda yang menghasilkan aroma wangi.  Jika itu adalah penyebabnya, Moms harus menjauhi segala sesuatu yang memiliki bau wangi seperti sabun, parfum, dan lain sebagainya.

Mual muntah saat hamil pertanda janin kuat bukanlah pernyataan yang sepenuhnya benar. Mual muntah merupakan bentuk respon tubuh untuk menetralisir peningkatan beberapa jenis hormon. Bila Moms mengalami gejala tersebut, tidak perlu risau karena masih wajar dialami oleh ibu hamil. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

417 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Payudara Bengkak karena ASI Tersumbat? Ini Cara Mengatasinya!

Dokter Lucia Nauli Simbolon, M. Sc., Sp. A. dalam sesi Pintar Bareng Babyo menjelaskan penyebab dan cara mengatasi masalah menyusui yang satu ini.

Tips Ajak Anak Travelling Naik Pesawat

Banyak orang tua baru yang juga punya kekhawatiran yang sama soal travelling naik pesawat bareng si Kecil. Mulai dari riweuh nyiapin [...]

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.