Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

6 Penyebab Bayi Sungsang

PREGNANCY  |  16 Jun '18


Berikut adalah 6 hal yang menyebabkan bayi dalam rahim sungsang:

1. Terjadi kelainan bentuk rahim atau cacat rahim

Seorang wanita yang memiliki rahim yang normal yaitu memiliki rahim yang berbentuk seperti buah pir, sedangkan bila tidak membentuk seperti ini, itu artinya ia diamemiliki rahim yang tidak normal. Untuk mengetahui kondisi rahim seperti ini, anda dapat memeriksanya pada saat USG dan saat awal kehamilan anda bisa mengetahui kecacatan rahim yang seperti ini. Hal ini bisa terjadi sejak awal kelahiran atau bisa juga terjadi saat memasuki masa pubertas. Selain itu juga kelainan rahim ini juga bisa disebabkan karena pernah mengalami proses bedah Caesar, infeksi pada rahim atau terbentuknya adenomiosis. Kelainan rahim ini dapat memberikan efek yang sangat buruk, seperti akan mengalami keguguran yang berulang-ulang atau bahkan kemandulan.

2. Kelainan jumlah cairan ketuban

Air ketuban yang dimiliki oleh ibu hamil haruslah cukup, tidak lebih ataupun kurang. Bila ibu hamil memiliki air ketuban yang berlebih, maka hal ini akan menyebabkan bayi dalam tubuh dapat bergerak terlalu bebas, sehingga bisa mengakibatkan sungsang. Sedangkan bila kekurangan air ketuban, maka bayi dalam kandungansulit untuk bergerak hingga dapat menjadikan posisinya menjadi sungsang.

3. Letak plasenta memblokir kepala bayi

Kinerja plasenta pada rahim memang sangatlah penting, karena plasenta merupakan penyedia dan juga pemberi nutrisi bagi bayi. Posisi plasenta pada bayi yang normal itu terletak pada bagian atas. Tapi bila pasenta ada pada bagian yang terlalu rendah maka posisi seperti ini dapat menutupi leher rahim. Bahkan bila posisi plasenta ada pada bagian atas dinding rahim, namun menghalangi ruang di bagian kepala bayi maka bayi akan menjadi sungsang. Posisi kepala bayi yang seharusnya memutar ke bagian bawah, akan terhalang oleh plasenta. Kelainan pada plasenta ini bukan hanya membuat posisi bayi menjadi sungsang, tetapi bayi juga akan kekurangan oksigen dan lebih parah lagi bayi akan meninggal dalam kandungan.

4. Kelainan pada pertumbuhan janin

Pertumbuhan pada bayi dalam kandungan akan menyebabkan bayi menjadi sungsang, juga bisa menjadikan bayi cacat pada bentuk tubuh dan juga otot bayi. Lalu bila bayi memiliki tali pusar yang pendek, maka akan membuat bayi terbatas dalam geraknya. Hal inilah yang dapat memicu bayi berposisi sungsang. Banyak macam yang menyebabkan bayi menjadi cacat, maka pemeriksaan kandungan yang rutin sangatlah diperlukan. Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu ibu hamil harus dapat memberikan nutrisi yang cukup selama ia berada pada masa kehamilan.

5. Sudah pernah hamil

Hal ini menyebabkan rahim menjadi terlalu longgar dan dapat membuat bayi dalam kandungan terlalu bebas untuk bergerak. Terkadang bayi sungsang pada ibu yang pernah sering hamil lebih ekstrim daripada sungsang yang biasanya.

 6. Kehamilan kembar

Ibu hamil kembar pun memiliki potensi yang cukup besar akan terjadinya sungsang. Karena ruang gerak yang lebih sempit dengan penghuni yang lebih banyak membuat bayi tak menentu arah untuk memiliki posisi yang seharusya. Maka bila ibu sudah mengalami ciri-ciri hamil kembar, kehamilan harus lebih sering untuk diperiksakan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2369 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mom Berkah merangkum beberapa mitos mengenai kehamilan dan fakta dibaliknya. Simak selengkapnya di sini.

Faktor Pendukung Hamil Anak Kembar

Mempunyai anak pasti suatu anugerah ya Moms, apalagi jika si Kecil merupakan kembar. Tapi ketahuilah Moms, ada beberapa faktor yang berpengaruh [...]

Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

Tahukah Moms, semangka memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan sangat bermanfaat baik untuk ibu hamil maupun janin.

Pahami Berbagai Macam Kontraksi Persalinan

Menjelang persalinan, mengalami kontraksi adalah hal yang wajar. Namun tahukah Moms, terdapat 3 jenis kontraksi. Jenis kontraksi apa yang Mom rasakan?

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur?

Menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting bagi ibu hamil. Apalagi karena daya tahan ibu hamil menjadi makin lemah.

Hamil Melalui Promil Alami

Apakah anda sedang mencoba untuk hamil? Perlukah promil seperti inseminasi? Apakah ada promil alami yang bisa dicoba? Yuk simak berikut ini.

Tips Recovery Setelah C-Section

Mau tau tips agar cepat pulih setelah C-Section? Yuk kita simak bersama tips berikut ini.

Mual Saat Hamil, Normalkah?

Hal yang paling sering dikelukan oleh ibu pada awal kehamilan adalah rasa mual, bahkan ada yang hingga mengganggu aktivitas. Mau tau tips [...]

6 Langkah Atasi Bapil Ibu Hamil Di Rumah

Ikuti 6 langkah sederhana berikut ini untuk atasi gejala batuk pilek pada ibu hamil!

Mencegah Keguguran di Trimester Pertama

Trimester pertama rawan dengan banyak resiko, salah satunya adalah keguguran. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini?

Tips Memilih Dokter Kandungan

Moms-to-be, memilih dokter kandungan adalah keputusan yang sangat penting. Yuk simak tips dari Mom Meiliyanti berikut ini.

Waspadai Hal-Hal Ini Saat Hamil

Masalah dalam kehamilan tidak boleh dianggap remeh. Hal-hal ini perlu diwaspadai supaya mencegah yang tidak diinginkan.

8 Manfaat Pijat Ibu Hamil

Pijat bukan hanya untuk membuat tubuh merasa baik, terapi pijat datang dengan banyak manfaat

Memilih Bersalin Normal atau C-Section?

Melahirkan normal atau caesar yah? Mari simak bersama ulasan detail dari Mom Feimi berikut ini. Thanks for sharing Mom!

Air Ketuban Terlalu Banyak Saat Hamil

Dalam kasus dimana ibu hamil memiliki cairan ketuban yang berlebih, apa yang sebaiknya dilakukan? Mari simak ulasan berikut.

Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Bagi moms-to-be, ada beberapa hal yang harus segera mendapatkan medical attention jika terjadi pada anda. Mari simak berikut ini.

Pregnancy - Week 16

Apa sih yang terjadi di minggu ke-enam belas kehamilan?

Pregnancy - Week 15

Apa sih yang terjadi di minggu ke-lima belas kehamilan?

Pregnancy - Week 13

Apa sih yang terjadi di minggu ke-tiga belas kehamilan?

Pregnancy - Week 12

Apa sih yang terjadi di minggu ke-dua belas kehamilan? Yuk cari tahu lebih lagi