Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

4 Suplemen Saat Hamil yang Wajib Dikonsumsi

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  12 Jun '18

Mom, tentunya anda mengetahui bahwa pada saat hamil semua ibu hamil membutukan asupan suplemen saat hamil lebih banyak dibandingkan dengan seorang ibu yang tidak hamil. Asupan suplemen tersebut meliputi asupan gizi dan vitamin. Oleh sebab itu menjaga asupan gizi atau nutrisi untuk kesehatan Mom dan janin yang ada di dalam perut sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Pada saat awal kehamilan, kebanyak ibu hamil sering kali mengalami gejala awal atau lebih dikenal morning sickness yang mana gejala ini merupakan gejala yang terbilang cukup menganggu dan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dikarenakan ibu hamil akan mengalami hilangnya nafsu makan. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa pada usia tersebut merupakan usia kehamilan yang sangat rawan karena Si Kecil sedang dalam masa perkembangan yang membutuhkan asupan nutrisi dari ibunya lebih banyak.

Terdapat beberapa jenis suplemen saat hamil yang harus dikonsumsi oleh Mom demi tumbuh kembang janin yang optimal karena pada dasarnya setiap asupan dari makanan yang Mom konsumsi dikhawatirkan tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi. Untuk itu banyak para dokter yang meresepkan suplemen yang harus dikonsumsi saat hamil apalagi pada awal kehamilan.

Berikut Beberapa Jenis Suplemen Saat Hamil Yang Wajib Untuk Dikonsumsi!

1. Asam Folat

Mengonsumsi suplemen berupa asam folat yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah resiko terjadinya bayi lahir cacat bawaan. Suplemen ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari dari awal kehamilan sampai dengan usia kehamilan 12 minggu dengan dosis yang dianjurkan sekitar 400 mikrogram per harinya. Makanan yang mengandung asam folat seperti produk gandum utuh, sayuran hijau, sitrus dan kacang-kacangan.

2. Kalsium

Selain asam folat, jenis suplem saat hamil yang wajib dikonsumsi selanjutnya yaitu kalsium. Suplemen ini sangat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan tulangnya dan membantu proses terbentuknya tulang dan gigi janin yang ada didalam rahim. Jenis makanan yang kaya akan kalsium seperti kacang almond, tahu, sayuran hijau dan buah ara. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen ini setiap hari sebanyak 250 miligram.

3. Vitamin D

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan vitamin D yang cukup banyak agar kesehatan tulangnya terjaga. Saat asupan vitamin D ini tercukupi tentu saja selain baik untuk kesehatannya manfaatnya juga akan dirasakan oleh janin yang ada di dalam perutnya. Sumber terbaik dari vitamin D bisa Mom dapat dari sinar matahari pada pagi hari, ikan salmon serta tuna. Mom dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen ini setiap hari sepanjang kehamilan dengan dosis 10 mikrogram.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

984 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories