Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

4 Proses Tahapan Persalinan Normal

PREGNANCY  |  17 Jan '18

Dalam proses saat melahirkan normal sudah pasti ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh semua ibu hamil. Selalu utamakan dan prioritaskan pola hidup sehat dalam keseharian sehingga bisa mempersiapkan segala hal untuk kelahiran bayi secara normal. Dalam hal ini ibu hamil harus senantiasa memperhatikan banyak hal terkait persiapan untuk melahirkan normal. .

Berikut adalah proses tahapan persalinan normal yang harus diketahui oleh mom-to-be:

  1. Tahapan Pertama (Kala I)
    Pada tahapan pertama ini ditandai dengan proses pembukaan serviks. Ini adalah salah satu proses terjadinya peregangan ukuran leher rahim. Pada tahapan pertama ini terjadi pembukaan serviks hingga 10 cm. Fase pertama atau laten dimulai dengan pembukaan 0 cm – 3 cm berlangsung selama kurang lebih 8 jam. Sedangkan untuk fase aktif pembukaan terjadi 4 cm – 10 cm. Kondisi pelebaran ini terjadi setiap 1 jam sekali. Pada tahapan pertama ini terjadi mulas dan kontraksi yang semakin kuat secara perlahan. Kontraksi ini membuat proses pembukaan terbantu dengan baik. Namun waspadai dengan gejala kontraksi yang berlebihan sebab bisa membahayakan bayi dan juga ibu.

  2. Tahap Kedua (Kala II)
    Tahapan kedua terjadi pembukaan lengkap 10 cm hingga bayi lahir. Gejala yang mungkin akan dirasakan pada pembukaan II ini adalah seperti ingin buang air besar dan keluar lendir bercampur darah. Kontraksi semakin kuat dan sebaiknya ibu hamil tetap rileks dan jangan tegang. Hal ini supaya proses persalinan lancar.

  3. Tahapan Ketiga (Kala III)
    Ini adalah tahapan bayi lahir hingga ari-ari tuntas keluar dari rahim. Untuk proses mengeluarkan ari-ari ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Pada tahap ketiga setelah si kecil mungil lahir ini mungkin Bunda akan masih merasakan mulas.

  4. Tahapan Keempat (Kala IV)
    Tahapan Keempat dimulai dari ari-ari yang sudah tuntas dikeluarkan. Pada tahapan ini tentunya proses penuntasan proses saat melahirkan. Dilakukan berbagai pemeriksaan dan pembersihan bagian intim dan juga rahim.

 

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

2976 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories