Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Dilema Working Moms, Tetap 'Waras' Saat Anak GTM

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  09 Oct '19


"You can learn many things from children. How much patience you have, for instance." -- Franklin P. Adams.

Moms pastinya pernah mengalami fase-fase di mana anak menolak makan kan? Katanya sih ini fase yang cukup mengerikan dan bisa membuat kita kehilangan kewarasan untuk sejenak hehe. Ditambah lagi untuk working Mom seperti aku yang ga bisa seratus persen ada di samping si Kecil saat dia lagi GTM. Di kantor kepikiran, takut berat badan menurun drastis, takut Baby Fei kurang gizi, takut daya tahan tubuhnya menurun, dan ketakutan-ketakutan lainnya.

• Saat Akhirnya GTM menghampiri Bayi Mungilku

Ketika baby Fei memasuki masa MPASI, semua terasa begitu indah. Baby Fei makan dengan lahap, semua jenis puree pun disukainya, tak ayal momen tersebut menjadi ajang Maminya untuk foto-foto demi content social media (hahaha) melihat gemasnya reaksi si Kecil setiap kali mencoba rasa baru dari makanan yang disajikan. Hati Mami pun riang gembira dan semangat untuk membagikan resep-resep unik nan instagramable ke pengasuh yang menjaga baby Fei di rumah selama Mami bekerja. Namun. fatamorgana kenikmatan MPASI itu ternyata tak berlangsung lama. Memasuki usia 9 bulan, baby Fei mulai menunjukkan tanda-tanda menolak makan, mulai dari memalingkan muka saat disuapi, makannya diemut, pilih-pilih makanan, hingga akhirnya memasuki usia 10 bulan, baby Fei hanya mau minum dan benar-benar menutup mulutnya terhadap semua makanan yang disajikan, JRENG. JRENG. JRENGG.

• Usaha yang Aku Lakukan Untuk Membuat Putriku Membuka Mulut Kembali

Jujur di minggu pertama Fei GTM, aku sudah mulai 'gila' Moms, di kantor uring-uringan, di rumah senewen, kadang suka melamun sendiri memikirkan nasib anak yang ga mau makan (lebay), tapi aku segera tersadar kalau aku tidak boleh larut dalam stres yang tidak ada juntrungannya ini. Oke, mari kita singsingkan lengan baju untuk menghadapi GTM. Aku berusaha mencari tahu satu persatu hal yang memungkinkan menjadi penyebab anak GTM, dan aku berusaha mencarikan solusinya.

1. Tumbuh Gigi

Setelah aku cek, Fei belum menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi lagi, kalaupun iya, aku pastikan selalu memberi Fei teether dingin yang sebelumnya aku taruh di wadah tertutup di kulkas.

2. Bosan Rasa dan Suasana

Akhirnya Mami turun ke dapur, jujur aku tidak handal dalam hal memasak, (yaa sedikit-sedikit laah), tapi demi Fei makan, aku berkolaborasi (caileeeh) dengan pengasuh Fei untuk membuat variasi makanan dan tekstur lengkap dengan bentuk beragam yang kira-kira akan disukai Fei. Tak ketinggalan makanan-makanan homemade online yang terlihat menggiurkan, semua kuhadirkan untuk Fei. Sekali makan, 3-4 menu kusiapkan untuk Fei. Tak lupa duduk dan makan bersama Fei serta bekal akal dan kreativitas untuk menghadirkan suasana makan yang menyenangkan.

3. Trauma dan Feeding Rules

Insha Allah aku ga pernah memaksa Fei untuk makan atau membuka mulut, itu juga yang selalu aku wanti-wanti ke pengasuhnya, supaya ia mengikuti saja apa yang Fei mau, selama masih di koridor kewajaran.

4. Konsultasi ke Dokter

Yaaap, akhirnya aku memutuskan konsultasi ke tiga dokter sekaligus: Dokter Anak, Dokter Ahli Gizi Anak, dan Dokter Ahli Alergi dan Imunologi. Aku hanya ingin memastikan tidak ada sesuatu yang salah akan kesehatan putriku. Kalaupun ia sedang menolak makan, aku harus pastikan hal tersebut bukan karena suatu gangguan kesehatan.

• Meruntuhkan Segala Idealisme dan Sikap Perfeksionis

Insha Allah sudah semua cara yang ada di internet, yang disarankan dokter, dan yang kucetuskan sendiri sudah kucoba, tapi Fei belum mau makan Moms, hikssss. I'm mentally, physically, and financially exhausting. Walaupun aku bekerja, aku concern banget sama dunia anak dan pola parenting yang kupilih untuk Fei. Mulai dari feeding rules, menu makanan, takaran gizi, dll. Tapi semuanya bubar jalan ketika Fei GTM. Aku berusaha mengalah demi kewarasan bersama. Aku berusaha ikutin maunya Fei aja gimana. Dan aku mulai belajar bahwa idealis boleh aja, tapi lihat situasi kondisi juga. Dan aku pun juga belajar untuk mengelola perasaan dan pikiranku dengan lebih bijaksana, anti baper saat anak GTM.

• Follow the Child

Berhubung aku lagi mempelajari dan mendalami tentang montessori di mana salah satu filosofinya adalah konsep follow the child, aku pun sampai di tahap "legowo" aja deh. Segala ikhtiar dan doa telah kupanjatkan, sekarang waktunya berserah sembari membenahi diri lagi, fokus pada pekerjaan dan tugasku yang lainnya. Sekarang baby Fei lagi sukanya makan camilan biskuit aja, ya udah ikutin aja. Aku berusaha meyakinkan diriku sendiri bahwa GTM ini ga akan berlangsung selamanya kok, dan aku bukan satu-satunya mamak yang frustrasi karena GTM di muka bumi ini. Aku pun memutuskan untuk refreshing sejenak bersama keluarga. Membersihkan pikiran dari ion-ion negatif hahaha.

Putriku dianugerahi akal yang begitu cerdas, aku yakin dia tau persis apa yang dia inginkan dan butuhkan. Aku yakin dia akan makan lagi dengan lahap dan tumbuh sehat dan sempurna setiap waktunya. Kalo sekarang dia lagi ga mau makan, ya mungkin emang orang tua jaman dulu itu ada benarnya juga, kalo emang lagi masanya aja, yang penting jangan putus asa dan tetap ikhtiar. Tetap tenang supaya selalu waras. Perjuangan mamak masih panjang, jangan stuck di urusan makan aja. Semangaaattt!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

398 Ferina Hapsari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI 6MO+ : Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli

Ingin berikan MPASI yang berbeda bagi si Kecil usia 6 bulan ke atas? Cek resep Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli berikut ini.

Resep MPASI: Capcay Nasi Tim Gurih (9 M+)

Memasak MPASI untuk si kecil kadang memang gampang-gampang susah.

Kaldu Ayam Homemade ala Mom Nurul

Halo Moms, aku mau memulai resep per-Mpasi-an ini dengan bikin "Kaldu Ayam Homemade".

Tomat Untuk MPASI? Apa Saja Sih Manfaatnya?

Tomat banyak sekali manfaatnya loh Moms. Yuk berikan tomat pada MPASI si Kecil

Bubur Sumsum Saus Buah Naga (8M+)

Saya membuatkan kakak dastan bubur sumsum tidak menggunakan kuah kinca tetapi pakai buah untuk saus

Buah Naga, Buah Istimewa untuk MPASI Anak

Ketika anak memasuki masa MPASI, pasti semua orang tua ingin memberikan makanan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resep Gethuk Singkong Gulung: Snack MPASI 8M+

Aku mau coba bikin makanan selingan untuk anak dengan inspirasi dari jajanan tradisional yang banyak dijual di pasaran.

MPASI 4 Bintang: Bubur Hati Ayam + Buncis

Salah satu cara agar si kecil suka makan adalah membuat menu MPASI yang beragam setiap harinya

Persiapan MPASI Anti Mubazir dan Rincian Biaya yang Perlu Dipersiapkan

Hai moms aku mau share barang-barang MPASI nya kiya nih

Tim Slow Cooker, Resep MPASI Bubur Ayam Wortel (6M+)

Buat yang mau mulai MPASI boleh cobain resep Bubur Ayam Wortel kesukaan Vonn berikut ini yuk

Persiapan MPASI si Kecil Bebas Galau

Apa saja yang perlu diperhatikan saat MPASI? Dan bagaimana pemberian MPASI yang tepat?

Review Nayz Bubur Organik

Sejak memulai MPASI 1.5 bulan yang lalu Praya sudah aku perkenalkan dengan jenis MPASI rumahan dan instan.

Bubur Santan Labu Kuning: Rasa Gurih Penambah Nafsu Makan si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bubur Nasi Kuah Sayur Patin: Resep MPASI ala Mommy Attaqi

Ikan patin ternyata kaya manfaat karena mengandung omega 3 & DHA yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Manfaat Memberikan Snack pada si Kecil

Banyak yang mengatakan bahwa memberikan snack pada Si Kecil terutama yang masih bayi itu tidak baik

Manfaat Ikan Tuna dan Membuat MPASI dari Tuna

Yuk buatkan si Kecil MPASI dari ikan tuna karena sangat banyak sekali manfaatnya

Kunci Sukses Bayi Lancar MPASI

Apa kunci utama yang harus dipersiapkan saat memasuki masa MPASI?

MPASI Misoa Nyemek (9 month)

Beberapa hari terakhir kemarin, Defan sepertinya ogah-ogahan makan, padahal Defan tidak sedang tumbuh gigi.

Resep MPASI: Sup Bakso Udang (7M+)

Karena masih meraba-raba preferensi Rubi, saya mencoba memasak udang sebagai bahan utama MPASInya.

Resep Menu MPASI: Bubur Tim Tongkol Wortel (7M+)

Saat ini saya sedang gencar memberi Rubi ikan sebagai sumber utama protein hewani, terutama ikan laut.