Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Digratiskan Menkes, Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks Bagi Moms

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  21 Apr '22


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam webinar Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika & Eropa yang diunggah di YouTube pada Minggu, 18 April 2022 menyatakan bahwa vaksin kanker serviks (HPV) akan diwajibkan dan digratiskan untuk seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2023. Program tindakan preventif dan promotif pemerintah ini diharapkan dapat menekan angka penderita dan korban kematian akibat kanker.

Baca Juga: Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Wajib dan Gratis

Sebenarnya, apa sih, kanker serviks itu, dan mengapa vaksin kanker serviks penting bagi Moms? Yuk, kita simak uraian selengkapnya berikut ini.

Pengertian kanker serviks

Kanker serviks adalah penyakit tumor ganas yang menyerang serviks, bagian paling bawah dari uterus. Sekitar 99% kanker serviks terkait dengan infeksi Human Papillomavirus (HPV). Virus tersebut sangat umum ditularkan melalui kontak seksual.

Dilansir WHO, kanker serviks adalah kanker paling umum keempat yang diderita wanita di seluruh dunia, dengan perkiraan 604.000 kasus baru dan 342.000 kematian pada tahun 2020. Penderita kanker serviks sebagian besar berasal dari negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dua tipe HPV yaitu tipe 16 dan tipe 18 bertanggung jawab atas hampir 50% pra-kanker serviks tingkat tinggi. Meski virus HPV mudah sekali menular melalui aktivitas seksual, lebih dari 90% kasus akhirnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, 10% sisanya mengembangkan infeksi menjadi tumor ganas dan akhirnya menderita kanker serviks.

Orang yang lebih berisiko terkena kanker serviks adalah perempuan yang hidup dengan Human Immunodeficiency Virus (HIV). Mereka enam kali lebih mungkin mengembangkan kanker serviks daripada perempuan tanpa HIV.

Tahapan kanker serviks

 

Tahap (stadium) pada kanker didefinisikan sebagai klasifikasi kanker berdasarkan seberapa banyak kanker yang ada di dalam tubuh dan di mana letaknya saat pertama kali didiagnosis.

Informasi dari tes dan pemeriksaan pasien digunakan untuk mengetahui ukuran tumor dan bagian organ mana yang terkena kanker. Lalu, apakah kanker tersebut telah menyebar dari tempat pertama muncul dan lokasi penyebaran kanker.

International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO) staging system merupakan sistem stadium yang paling umum digunakan dalam diagnosis kanker serviks. Ada 4 stadium kanker serviks yang biasanya dituliskan dengan menggunakan angka Romawi (I, II, III, dan IV). Semakin tinggi angka stadium, semakin banyak kanker yang menyebar.

Sementara itu, stadium 0 tidak termasuk dalam sistem FIGO. Pada bahasan kanker serviks, stadium 0 adalah kondisi pra-kanker serviks, disebut juga dengan istilah karsinoma in situ.

Istilah lain terkait kanker yang perlu diketahui adalah lokal, regional, dan jauh. Kanker serviks lokal berarti kankernya hanya ada di leher rahim dan belum menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan kanker serviks regional sudah menyebar ke area sekitar serviks seperti vagina atau panggul. Terakhir, istilah kanker serviks jauh artinya sel kanker sudah menyebar di bagian tubuh yang lebih jauh dari leher rahim dan di luar panggul.

Dokter juga menggunakan istilah kanker serviks stadium awal, kanker serviks stadium lanjut lokal, dan kanker serviks stadium lanjut. Kanker serviks stadium awal (early stage) biasanya termasuk stadium 1A, 1B, dan 2A. Kanker serviks stadium lanjut lokal (locally advanced) biasanya termasuk stadium 2B, 3, dan 4A. Sedangkan kanker serviks stadium lanjut (advanced stage) biasanya berarti stadium 4B.

Baca Juga: 4 Gejala Awal Kanker Serviks dan Ciri-cirinya

Pentingnya vaksin kanker serviks

Vaksin HPV dapat mencegah sebagian besar kasus kanker serviks jika diberikan kepada perempuan yang belum terpapar virus. Selain kanker serviks, vaksin HPV juga dapat mencegah kanker vagina dan vulva; kutil kelamin, kanker dubur, dan kanker mulut, tenggorokan, kepala, dan leher, pada perempuan dan laki-laki.

Interval vaksinasi kanker serviks untuk wanita

Andi Dharma Putra selaku konsultan onkologi ginekologi dan anggota Satgas Vaksinasi Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) mengatakan bahwa peserta wajib vaksin kanker serviks adalah perempuan dengan usia 10 hingga 65 tahun.

Golongan anak dan remaja-dewasa wajib mendapatkan vaksin dengan dosis berbeda, rinciannya sebagai berikut:

Anak usia 10 hingga 13 tahun mendapatkan vaksin HPV dua kali. Interval vaksin I dan vaksin II adalah 6-12 bulan setelah vaksin pertama.

Kelompok remaja dan dewasa wajib mendapatkan tiga dosis vaksin HPV. Adapun jarak pemberian vaksin I dan vaksin II adalah sebulan lamanya, sedangkan vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin kedua.

Vaksin kanker serviks aman diberikan kepada ibu menyusui. Meski demikian, vaksin tidak diberikan kepada pasien yang sudah menunjukkan adanya infeksi atau sudah terkena kanker serviks. Respons terhadap vaksin lebih baik pada usia yang lebih muda daripada usia pada yang lebih tua, maka lebih cepat mendapatkan vaksin lebih baik.

Efek samping vaksinasi kanker serviks

Secara umum, vaksin HPV tidak menyebabkan infeksi dan efek samping berarti. Angka laporan alergi setelah vaksin HPV juga sangat kecil. Para peserta vaksin beberapa ada yang mengeluhkan ngilu di sekitar lengan, sebuah efek samping yang juga umum ditemui pada proses vaksinasi lainnya. Ngilu di sekitar lengan itu akan hilang dengan sendirinya sekitar 20 menit setelah divaksin.

Jadi, Moms tidak perlu khawatir bakal kenapa-kenapa setelah divaksin. Yang penting setelah petugas kesehatan selesai mengecek dan skrining Moms lalu Moms dinyatakan bisa divaksin, langsung segera laksanakan saja proses vaksinasinya.

Referensi: Canadian Cancer Society, Mayo Clinic, WHO

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

131 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]