Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

MY STORY  |  PARENTING  |  29 Sep '22


Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat sudah merasuki semua kalangan dan usia. Kemudahan berkomunikasi dan mengonsumsi media sangat memengaruhi komunikasi dalam suatu keluarga. Ketika berada di ruang keluarga, setiap anggota keluarga asyik sendiri dengan gadget masing-masing.

Bila si Kecil terpapar gadget dalam intensitas tinggi sedari dini, dikhawatirkan tumbuh kembangnya terganggu. Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin memperbolehkannya sama sekali tidak menggunakan gadget. Solusinya, Moms & Dads bisa menerapkan prinsip-prinsip digital parenting.

Apa itu digital parenting?

Digital parenting adalah strategi pengasuhan orang tua mengenai peraturan-peraturan penggunaan perangkat digital secara offline dan online untuk melindungi keselamatan anak dari ancaman penggunaannya. Orang tua harus aktif memberikan batasan yang jelas, membimbing, dan mengawasi anak ketika mengonsumsi media digital.
Bersama si Kecil, buatlah kesepakatan-kesepakatan dalam menggunakan gadget, jadi tidak melarang tidak mengakses gadget sama sekali. Digital parenting ini perlu diterapkan sedini mungkin. Akan tetapi, sebaiknya anak-anak di bawah usia PAUD memang tidak diberikan akses ke gadget sama sekali. Baru ketika memasuki usia PAUD, boleh diperkenalkan pada gadget secara terbatas.

Apa strategi digital parenting yang baik?

Luangkan waktu meski sebentar untuk bonding

Bangunlah kedekatan dengan si Kecil minimal 1-2 jam supaya peranan orang tua tetap terasa dalam setiap perkembangan si Kecil. Ada banyak kegiatan untuk bonding tanpa gadget seperti bermain bersama, berbagi cerita, jalan-jalan, dsb.

Tanamkan pondasi agama yang kuat

Ajarkan si Kecil ilmu agama sejak dini terutama tentang akhlak. Berikan teladan yang baik pada si Kecil agar dia tumbuh menjadi anak yang banyak ilmu dan berbudi pekerti luhur.

Selalu usaha ikuti perkembangan teknologi

Moms & Dads harus tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh perangkat yang dipegang si Kecil. Selain mencari tahu manfaat gadget, kenali pula bahayanya. Moms & Dads akan dapat memutuskan boleh tidaknya si Kecil menggunakan gadget tersebut serta batasan-batasannya. Terkait media sosial, jadilah teman di akun medsosnya agar si Kecil tahu dia diawasi oleh kedua orang tuanya. Ini akan mengajak si Kecil berpikir kembali tentang apa saya yang akan dia posting di dalam akunnya.

Pilih aplikasi atau games mana yang boleh dan tidak boleh untuk si Kecil

Seluruh aplikasi yang dipasang dan dapat diakses dengan mudah oleh si Kecil harus di-review dulu oleh Moms & Dads. Jangan sampe kecolongan, ya!

Pasang aplikasi pemblokir konten negatif

Mudahnya mengakses informasi dengan gadget dapat disalahgunakan oleh si Kecil baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dengan memasang aplikasi pemblokir konten negatif di gadget si Kecil, Moms & Dads telah menerapkan tindakan preventif menghindarkan si Kecil dari mengakses dan mengonsumsi konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Batasi penggunaan gadget pada waktu tertentu

Tegakkan aturan yang berhubungan dengan gadget secara konsisten. Salah satu aturan yang perlu di-enforce adalah anggota keluarga dilarang memainkan gadget ketika sedang berkumpul. Berbincang-bincanglah secara tatap muka agar keluarga semakin harmonis. Si Kecil pun perlu diperhatikan oleh orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Dampingi si Kecil dalam melakukan aktivitas

Meski si Kecil sudah paham bahkan mahir menggunakan gadget, bukan berarti Moms & Dads membiarkannya bermain sendiri. Selalu dampingi agar dapat mencegahnya mengonsumsi konten dewasa. Bilanglah padanya bahwa si Kecil bisa mencurahkan perasaan dan pemikirannya serta bertanya jika ada hal yang tidak diketahuinya. Sebagai orang tua, Moms & Dads juga harus stand by menjawab pertanyaan-pertanyaan si Kecil.
Yuk, lindungi anak-anak kita dari dampak negatif media digital tanpa menghalangi si Kecil untuk mendapatkan manfaat dari gadget!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1310 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Parenting Santai Anak Usia Remaja

Gimana, sih, caranya biar si Kecil melewati fase remaja dengan mudah dan santai? Ini dia tipsnya!

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]