Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Deteksi Dini Benjolan di Payudara

FEEDING  |  MY STORY  |  30 Sep '19


Sebenarnya kanker payudara sangat bisa dideteksi dini.

Waktu usia 21 tahun, saya menjalani operasi di payudara kiri saya. Saya sudah tahu ada benjolan di payudara sejak saya SMA, usia 17-18 tahun. Awalnya memang saya biarkan karena saya takut ada penyakit & berharap akan hilang sendiri nantinya.

Kemudian karena tidak kunjung hilang, saya memberitahu ibu saya, dan ibu cerita ternyata dulu juga ada benjolan, tapi sudah diambil, hanya "uci-uci" kalau istilah orang dulu. Kata ibu terserah saya mau diambil atau dibiarkan. Akhirnya saya biarkan lagi.

Tapi setelah lulus kuliah & masuk ke dunia kerja, ada tes kesehatan, di situlah saya diminta untuk operasi sebelum dapat diterima kerja. Akhirnya saya memeriksakan diri ke dokter bedah & dilakukan USG payudara. Dan memang ada massa di payudara saya.

Kemudian saya segera dijadwalkan untuk tindakan operasi, operasinya hanya 1 jam, waktu itu bius total. Dan setelah massa dikeluarkan, dilakukan cek sample untuk tes keganasan, dan untungnya hanya tumor jinak.

Pada saat itu, dokter berpesan, beruntung sekali saya mengambil langkah untuk cek ke dokter, memang ini hanya tumor jinak, tapi ke depannya kita tidak tahu apakah tumor ini terus jinak atau akan berpotensi menjadi ganas. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan operasi untuk pengangkatan massanya. Karena mayoritas kanker payudara terdeteksi di atas usia 45 tahun, dan ketika terdeteksi biasanya kondisi sudah parah pada stadium 3 & 4.

Nah ada baiknya Moms juga mendeteksi dini gejala kanker payudara. Karena apabila kanker payudara dideteksi pada stadium awal, proses penyembuhannya akan lebih mudah. Berikut gejala kanker payudara yang bisa Moms deteksi sejak dini.

  • Teraba ada benjolan di payudara ataupun di ketiak.
  • Ada perubahan bentuk & ukuran di payudara
  • Puting menjadi masuk ke dalam & disertai nyeri
  • Keluar cairan tidak normal atau darah dari puting
  • Kulit payudara memerah, menebal & berkerut seperti kulit jeruk

Ketika Moms mengalami gejala di atas, segera konsultasi ke dokter ya supaya segera dapat ditangani. Jangan takut dulu, karena bisa saja itu hanya tumor jinak seperti pada kasus saya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

759 Eveline Sugiharto

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]