Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

8 Manfaat Pijat Ibu Hamil

PREGNANCY  |  01 Nov '17

Pijat bukan hanya untuk membuat tubuh merasa baik, terapi pijat datang dengan banyak manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari. Mendapatkan terapi pijat saat hamil dapat membantu mengurangi beberapa gejala kehamilan yang tidak menyenangkan, sekaligus juga menjadi cara yang bagus untuk relaksasi.

Pemijatan juga tidak boleh dilakukan pada sembarang area tubuh, hanya bagian-bagian tertentu yang boleh karena ada bagian tertentu yang tidak boleh dilakukan pemijatan. Untuk bagian tubuh yang boleh dilakukan pemijatan yaitu : kepala, punggung, bahu, panggul, bokong, tangan dan kaki. Dan tentunya harus dilakukan oleh tenaga yang ahli, tidak sembarang orang melakukannya.

 Berikut beberapa manfaat terapi pijat untuk ibu hamil :

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Pijat dapat membantu oxygen mengalir lebih banyak pada ibu dan bayi, merangsang sistem limfatik. Hasilnya juga dapat membuat sistem immune lebih kuat dan membantu mengurangi toxins dalam tubuh. Peningkatan sirkulasi darah juga akan membantu bayi Anda mendapatkan makanan yang lebih baik. Bonus tambahan, peningkatan sirkulasi darah juga akan membantu mencegah varises dari pembentukan yang umum terbentuk selama kehamilan.

2. Pijat membantu meringankan sakit pada pinggang/ punggung bagian bawah
Nyeri punggung bawah adalah gejala kehamilan yang umum yang bisa disebabkan oleh hormon relaxin yang menyebabkan ligamen yang menopang tulang belakang untuk bersantai. Hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan dan rasa sakit. Pijat kehamilan mengurangi nyeri punggung bagian bawah dengan memperbaiki kemiringan lumbosakral yang terjadi selama kehamilan

3. Meringankan depresi dan kecemasan
In case jika Anda tidak tahu, sebenarnya sangat umum bagi depresi pasca lahir untuk mulai pada trimester ketiga kehamilan dan bukan setelah bayi Anda lahir. Pijat membantu menstabilkan kadar hormon yang bisa meredakan kecemasan dan depresi. Pijat juga melepaskan endorfin yang menenangkan ibu.

4. Memperbaiki kualitas tidur
Setiap wanita yang telah hamil tahu betapa sulitnya untuk benar-benar rileks dan tidur nyenyak saat hamil. Karena pemijatan merelaksasi sistem saraf dan baik pada hormon, ibu akan tidur lebih nyenyak. Selain ibu jadi lebih rileks, manfaat pijat lainnya seperti meringankan sakit punggung juga akan membuat ibu lebih nyaman yang akan membantunya tidur lebih nyenyak.

5. Mengurangi pembengkakan
Edema, yang merupakan pembengkakan sendi selama kehamilan disebabkan oleh penurunan sirkulasi saat hamil serta meningkatnya tekanan pada pembuluh darah utama. Pijat kehamilan bisa sangat mengurangi edema dengan memperbaiki sirkulasi dan mengurangi cairan yang terkumpul di persendian yang bengkak.

6. Mengurangi nyeri otot dan sakit kepala
Selama kehamilan tubuh Anda berubah dan pusat gravitasi Anda bergerak. Selain itu ada sedikit tambahan berat yang ditempatkan pada otot dan persendian. Semua perubahan ini menyebabkan otot Anda mengalami regangan dan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Pijat kehamilan dapat membantu meringankan rasa sakit ini dan mengurangi sakit kepala. Pijat kehamilan juga akan membantu Anda menjaga postur tubuh yang lebih baik yang juga akan membantu mengurangi ketegangan otot dan nyeri.

7. Mengurangi ketidaknyamanan yang umum selama kehamilan
Seiring dengan semua manfaat di atas, pijat kehamilan juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan kehamilan umum lainnya seperti linu panggul, heartburn, konstipasi, kram kaki dan banyak lagi.

8. Mempersiapkan tubuh untuk persalinan
Studi telah menunjukkan bahwa wanita yang terapi pijat kehamilan memiliki lebih sedikit komplikasi selama persalinan dan juga komplikasi postpartum lebih sedikit. Wanita-wanita tersebut tinggal di rumah sakit dengan waktu yang lebih pendek, persalinan lebih singkat dan kurangnya kejadian depresi pasca melahirkan.

 

By: Salsabila Setiaji Halim

3827 Salsabila Setiaji Halim

Comments

Related Stories