THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daun Sirih, Penghilang Biang Keringat Bayi

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  20 Oct '18

Suka kesal ya Moms jika kulit si Kecil sudah dijaga dan dirawat, ternyata timbul bintik kemerahan / biang keringat. Biang keringat timbul karena pori-pori kulit pada bayi kecil, sehingga cairan keringat yang keluar tersumbat dan jadilah biang keringat. Biang keringat memang tidak membahayakan tetapi sangat mengganggu kenyamanan si Kecil, karena anak jadi gatal dan cenderung rewel.

Ini juga yang dialami anak saya ketika berumur 1 bulan. Awalnya kulit Hafiz (anak saya) tidak terjadi apa-apa, cenderung mulus bersih. Tetapi memang Hafiz sering sekali berkeringat, awal muncul di dahi lalu di punggung belakang, sekitar leher dan merambat ke lengannya. Saya tidak mengetahui penyebab pastinya, saya mulai berspekulasi entah menggunakan produk shampoo/ sabun baby yang tidak cocok / karena air yang digunakan. Lalu mertua saya melihat kondisi Hafiz dan dia menyarankan menggunakan cara tradisional yaitu dengan daun sirih. Ya, daun sirih si tanaman obat yang mengandung antiseptik. 

Langkah Meracik Daun Sirih

  1. Petik 5 helai daun sirih, cuci bersih lalu tiriskan.
  2. Ambil air sebanyak 500 ml, tuangkan ke panci lalu masukan daun sirih yang dipetik tadi. Masak hingga mendidih.
  3. Setelah rebusan air daun sirih tersebut mendidih, tuangkan dan campurkan pada air yang akan digunakan untuk mandi si Kecil.
  4. Basuh badan si Kecil dengan air tersebut dan gosok-gosok secara perlahan bagian yang terkena biang keringat dengan daun sirih yang direbus.
  5. Setelah selesai, bilas seluruh tubuh si Kecil dengan air hangat / air biasa.

Kapan itu dilakukan? Cara tadi saya lakukan kepada Hafiz ketika ia mandi pagi dan sore. 

Apakah cara tersebut ampuh? Kalau di anak saya ampuh ya Moms, memang tidak instan, asal teratur dan telaten biang keringat hilang kurang lebih 1 mingguan pada anak saya dengan mandi rebusan daun sirih disertai perawatan penunjang dengan cara mengoleskan bedak anti gatal dan menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan adem untuk si Kecil sehingga meminimalisir lebih banyaknya biang keringat yang tumbuh.

Itu salah satu cara tradisional untuk menghilangkan biang keringat pada bayi. Bila biang keringat si Kecil tidak membaik dan tidak hilang juga, tetap konsultasi ke dokter ya Moms.

Semoga bermanfaat. 

By: Yuniana awang

65 Yuniana awang Send Message to Writer

Related Stories