Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daun Katuk, ASI Booster Alami untuk Dukung ASI Eksklusif

FEEDING  |  MY STORY  |  16 Jan '20


Menjadi seorang ibu, ada banyak tantangannya dan seorang ibu harus mampu melewatinya. Mulai dari tahap kehamilan, persalinan, menyusui hingga merawat dan mendidik buah hati. Salah satu yang menurut saya jadi fase yang menantang adalah ketika menjalani proses menyusui. Memberikan nutrisi yang terbaik bagi anak-anak adalah kewajiban orang tua. Nutrisi terbaik itu adalah ASI. ASI eksklusif di enam bulan pertama dan kemudian lanjut hingga anak berusia dua tahun.

Saya seorang ibu pekerja sehingga tahap menyusui dan pemenuhan ASI untuk anak menjadi tantangan tersendiri buat saya. Tetap bekerja dan juga tetap memberikan ASI eksklusif buat anak. Walaupun sempat kewalahan tapi karena keinginan yang besar untuk tetap mengASIhi, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Pekerjaan saya berjalan lancar dan anak saya pun bisa ASI eksklusif hingga umur 2 tahun. Selama ditinggal kerja, anak saya minum ASIP yang saya stok di freezer. ASI lancar tidak serta merta, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ASI Booster. ASI booster ada banyak ragamnya bisa yang berbahan alami, ada juga yang sudah dibuat dengan teknologi modern dalam bentuk tablet atau suplemen. ASI booster yang biasa saya konsumsi salah satunya adalah daun katuk. Daun katuk sekarang bisa dinikmati dalam bentuk suplemen sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kalau saya biasanya mengonsumsi langsung daun katuk, dengan dibuat sayur. Bagaimanapun cara kita mengonsumsinya, tidak akan mengurangi khasiat dari daun katuk ini.

Ada beberapa manfaat dari daun katuk, antara lain:

1. Sebagai ASI booster bagi ibu menyusui
Daun ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam dunia perASIan. Mungkin semua ibu sudah tahu manfaatnya dalam hal meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Daun katuk mengandung laktagum dan prolaktin tinggi. Kedua senyawa ini ampuh memicu produksi ASI lebih banyak dan memperlancar keluarnya ASI. Ada baiknya ibu menyusui mengonsumsi daun katuk rutin setiap hari selama menyusui. Bisa dibuat sayur bening atau terkadang ada yang mengolahnya dalam bentuk jus. Walaupun rasanya agak berbeda, tapi untuk suksesnya ASI eksklusif akan tetap dikonsumsi. Atau jika ingin lebih praktis, konsumsi ekstrak daun katuk yang sudah dalam bentuk suplemen.

2. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu
Daun katuk memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk ibu dan juga si Kecil. Pasca persalinan, tak bisa dipungkiri jika badan ibu serasa remuk, membutuhkan pemulihan tenaga yang lebih lama yang kemudian dihadapkan pada fase menyusui. Untuk itu pemenuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat dibutuhkan. Nah, daun katuk bisa jadi solusinya agar badan bisa lebih segar.

3. Kandungan vitamin A dalam daun katuk baik untuk penglihatan, baik bagi ibu ataupun si Kecil.

4. Mengandung banyak mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang anak.
Jika ibunya rutin mengonsumsi daun katuk maka nutrisinya pun akan sampai ke anak melalui ASI. Jadi tidak hanya ibu yang merasakan manfaatnya. 

Belajar dari pengalaman, saya mengonsumsi daun katuk dan alhamdulillah anak pertama saya bisa lulus ASI eksklusif hingga 2 tahun. Menyusui adalah proses yang sangat menyenangkan jadi tetap happy ya Moms menjalaninya. Jika hati happy maka produksi ASI pun bisa lancar. Buang jauh-jauh yang namanya stres. Semangat pejuang ASI.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

374 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]