Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Dampak Penggunaan Stagen Pada Kehamilan

PREGNANCY  |  02 Jan '18


Agar bisa terlihat lebih langsing, banyak diantara para wanita yang rela menggunakan korset atau stagen sepanjang hari. Padahal penggunaan korset dalam kurun waktu yang lama bisa membahayakan kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Selain itu, banyak pula diantaranya para wanita yang mempercayai bahwa menggunakan korset ini bisa menurunkan berat badan seorang wanita.

Berdasarkan hasil penelitian dari Dr. Manish Motwani, yaitu seorang ahli bedah bagian lapar oskopi menyebutkan bahwa penggunaan korset bukanlah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan kaum wanita. Karena penggunaan korset dalam kurun waktu yang cukup lama mampu mengganggu sistem pernapasan, merusak bagian kulit, serta bisa menyebabkan memar pada bagian organ internal.

Di samping itu, Dr.Manish juga menyebutkan bahwa penggunaan korset tidak akan bisa menurunkan berat badan seorang wanita. Namun penggunaan korset ini hanya mampu memberikan efek bagian pinggang wanita lebih terlihat kecil. Namun, pada kenyataannya ukuran pinggang wanita tidak akan mengecil hanya karena menggunakan korset.

Jika kita melihat berdasarkan ilmu kedokteran, bahwa korset hanya boleh di gunakan di beberapa kesempatan saja dan tidak dianjurkan untuk di gunakan setiap hari bahkan setiap waktu, apalagi digunakan oleh seorang ibu hamil. Karena jika seorang ibu hamil menggunakan korset terutama menggunakannya di sepanjang waktu akan berakibat fatal pada janin yang ada di dalam kandungan.

Bukan hanya oleh ibu hamil, namun  sangat tidak dianjurkan digunakan oleh wanita yang memiliki beberapa kasus kesehatan, diantaranya seperti wanita yang memiliki bekas luka di bagian perut, wanita yang memiliki riwayat hernia, dan beberapa kasus lainnya.

Penggunaan korset selama kehamilan juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sesak nafas dan tidak bebasnya dalam bergerak. Bahkan jika seorang ibu hamil menggunakan korset, maka bisa memutus oksigen pada janin yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, jika seorang ibu hamil menggunakan korset, maka pernapasannya bisa menjadi sangat pendek dan terputus-putus. Karena oksigen yang masuk hanya mencapai bagian paru-paru saja, sehingga bisa menyebabkan munculnya lendir dari area kewanitaan serta menyebabkan batuk. Ketika kondisi tersebut terjadi, maka di pastikan Si janin yang ada di dalam kandungan tengah berhadapan dengan bahaya besar yang mengancam nyawanya.

Dampak lainnya yaitu, bagian kulit yang menggunakan korset bisa mengalami kemerahan juga radang. Sementara itu para dokter menjelaskan bahwa efek lain dari penggunaan korset yaitu terlihat pada bagian tulang rusuk, dimana tulang rusuk bisa menjadi retak yang diakibatkan karena adanya tekanan yang sangat tinggi serta kuat di bagian perut.

Nah, agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh serta janin di dalam kandungan, ada baiknya jika Anda tidak menggunakan korset terutama di masa kehamilan trimester awal dan akhir.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7859 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories